Bumil Mau Ikut Berpuasa? Simak Dulu Panduan dan Tips Aman Berpuasa saat Hamil!

Reporter : Mila
Kamis, 31 Maret 2022 10:57
Bumil Mau Ikut Berpuasa? Simak Dulu Panduan dan Tips Aman Berpuasa saat Hamil!
Untuk Moms yang masih ragu menjalankan puasa saat hamil, yuk simak artikel ini dulu.

Sebenarnya ibu hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa atau membatalkan puasa dan menggantinya di hari lain. Tapi, kalau Moms tetap ingin berpuasa karena merasa sanggup, ada hal-hal yang penting untuk dilakukan agar kehamilan tidak terganggu.

Apa saja?

1 dari 5 halaman

Puasa saat Hamil

Puasa saat hamil umumnya aman untuk dilakukan. Meski begitu, Moms disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum melakukannya. Pasalnya, apabila Moms menderita gangguan kesehatan tertentu, seperti anemia atau diabetes gestasional, perlu untuk mendapatkan persetujuan dari dokter agar puasa aman untuk dilakukan.

2 dari 5 halaman

Ibu hamil yang punya berat badan normal dan menerapkan gaya hidup sehat tak perlu khawatir, karena umumnya puasa hanya akan memengaruhi sedikit kondisi kesehatan. Hal ini lantaran Bumil punya cadangan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan.

3 dari 5 halaman

Tips Berpuasa Saat Hamil

Tubuh perlu energi selama puasa, begitu juga janin dalam kandungan. Agar Moms bisa berpuasa dengan nyaman dan aman, ada panduan yang dapat diikuti:

Saat Berpuasa

Kurangi aktivitas fisik yang sekiranya banyak mengeluarkan energi, misalnya berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Lemas saat berpuasa adalah hal yang wajar. Jadi memungkinkan, sediakan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Segera batalkan puasa kalau Moms mengalami:

- Muntah-muntah lebih dari tiga kali yang dapat menyebabkan dehidrasi.

- Mengalami diare yang diikuti rasa mulas.

- Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah, yang menandakan kondisi tubuh Bumil sudah tidak stabil.

- Lemas dan pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang. Hal ini pertanda timbulnya hipoglikemia, yaitu kondisi dimana kadar gula terlalu rendah.

- Berkeringat secara berlebihan, terutama keringat dingin. Ini menandakan bahwa kondisi fisik Bumil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa.

4 dari 5 halaman

Saat Berbuka Puasa

- Seperti umumnya orang yang berbuka, awali dengan makanan dan minuman manis, seperti kurma dan kolal untuk meningkatkan kadar gula darah.

- Hindari berbuka dengan minuman dingin karena bisa menurunkan kerja lambung.

- Untuk makan malam, Moms bisa makan dengan porsi lebih besar, tapi jangan sampai berlebihan.

- Konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga volume darah, mengatur suhu tubuh, melancarkan pengangkutan oksigen dan zat gizi, serta mencegah sembelit.

Beri Komentar