Berhubungan Intim Saat Hamil Bisa Terasa Menyakitkan, Ini Penyebabnya!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 29 Juni 2020 12:37
Berhubungan Intim Saat Hamil Bisa Terasa Menyakitkan, Ini Penyebabnya!
Penyebab berhubungan seks saat hamil bisa terasa sangat menyakitkan.

Kehamilan memang sebuah hal yang membahagiakan bagi para pasangan yang siap untuk membangun keluarga. Tapi nggak bisa dipungkiri bahwa kehamilan membuat banyak perubahan terjadi pada diri kita bahkan pada suami sekaligus.

Berhubungan intim selama masa kehamilan bisa nggak memberi kesenangan lagi bagi beberapa wanita. Justru hal ini bisa membuat kita merasa nggak nyaman hingga kesakitan. Tapi bukan berarti semuanya akan merasa begitu. Beberapa yang lain justru merasa berhubungan intim terasa semakin menyenangkan saat hamil.

Mengetahui fakta itu mungkin kita jadi penasaran, sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa nggak nyaman dalam berhubungan intim saat hamil?

Untuk itu, dilansir dari Parents, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab berhubungan intim bisa terasa sakit saat sedang hamil.

1 dari 5 halaman

Perubahan tubuh

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © depositphotos.com/EugeneGensyurovksy

Bagian perut bukan satu-satunya hal yang berubah selama masa kehamilan. Kita juga bisa mengalami gejala menjengkelkan seperti puting lunak, kaki bengkak, hingga rahim atau Miss V meradang yang bisa membuat hubungan intim terasa nggak menyenangkan. Untuk menghindari rasa rakit, pasangan perlu menemukan posisi terbaik saat melakukan hubungan intim.

2 dari 5 halaman

Stres

Ilustrasi Ibu Hamil NangisIlustrasi Ibu Hamil Nangis © sheknows.com

Banyak dari kita yang merasa khawatir melakukan seks saat hamil. Biasanya kita akan berpikir bahwa hal itu bisa membahayakan bayi atau memberikan efek buruk pada kehamilan. Rasa cemas ini justru bisa membuat otot-otot kita menjadi tegang dan nggak rileks. Padahal kita nggak perlu khawatir karena seks selama kehamilan hampir selalu aman kecuali jika kita memiliki kondisi berisiko tinggi seperti plasenta previa atau persalinan prematur.

3 dari 5 halaman

Miss V kering

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://rawpixel.com

Para ahli mengungkapkan bahwa kekeringan pada miss V memang hampir jarang terjadi selama kehamilan. Tapi saat hal itu terjadi, kondisi ini dapat membuat gesekan yang nggak nyaman selama berhubungan seksual. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya gunakan pelumas berbasis air dan hindari seks agresif.

4 dari 5 halaman

Infeksi

ilustrasi ibu hamil tidurilustrasi ibu hamil tidur © pulmonologyadvisor.com

Pada beberapa kasus, seks yang menyakitkan selama kehamilan bisa menjadi tanda dari infeksi tertentu seperti servisitis, vaginitis, dan korioamnionitis. Selain itu, kita juga mungkin mengalami penyakit radang panggul. Beberapa dari kondisi tersebut dapat membahayakan janin dalam kandungan. Untuk itu, segera berkonsultasi dengan dokter jika kita mengalami rasa sakit saat berhubungan intim dalam masa kehamilan.

5 dari 5 halaman

Memiliki infeksi menular seksual (IMS)

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/Kiefer+pix

Infeksi menular seksual (IMS) juga bisa menyebabkan hubungan seks terasa menyakitkan saat hamil. IMS kadang menunjukkan gejala lain seperti luka genital hingga buang air kecil yang terasa menyakitkan. Banyak dari IMS yang dapat mempengaruhi janin, sehingga langsung kunjungi dokter jika kita mulai merasakan kondisi itu.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar