Berhubungan Intim Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila I
Selasa, 28 Juni 2022 11:57
Berhubungan Intim Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang, Mitos atau Fakta?
Simak penjelasan para ahli berikut ya, Moms.

Posisi bayi sungsang memang mengkhawatirkan bagi ibu hamil. Apalagi, kalau Moms sedang berusaha untuk bisa melahirkan normal. Sebab saat posisi bayi sungsang, dokter tak jarang memberikan rekomendasi persalinan caesar.

Beberapa ibu hamil mungkin akan menerima pilihan tersebut dan mempersiapkan diri untuk melakukan operasi caesar, sementara yang lainnya akan tetap mengusahakan agar posisi bayi berubah jadi siap lahir normal.

Lantas, apakah berhubungan intim benar bisa mengubah posisi bayi sungsang?

1 dari 6 halaman

Posisi Bayi Sungsang dan Operasi Caesar

Bayi disebut sungsang kalau posisi kepalanya tidak menghadap ke bawah atau ke jalan lahir. Pada posisi ini, tidak semua tempat persalinan menerima proses melahirkan normal. Sebab untuk lahir normal yang lebih mudah, kepala bayi sebaiknya berada di posisi bawah.

2 dari 6 halaman

Penyebab Posisi Bayi jadi Sungsang?

Seorang ahli persalinan dan doula, Sara Lyon, memberikan penjelasan tentang hal ini.

" Saat seorang ibu hamil membungkuk atau duduk tanpa sandaran sehingga tubuhnya melengkung. Posisi tersebut akan membuat kepala bayi berada di posisi tidak nyaman, karena kepalanya mendongak ke atas." Lyon memulai penjelasannya. 

Karena bayi suka berada di posisi seperti sedang meringkuk, maka saat ibu hamil berada di posisi yang tidak membuatnya nyaman, ia akan memutar tubuhnya ke posisi sebelumnya.

Untuk menghindari bayi berubah posisi dan menjadi sungsang, Lyon meminta ibu hamil untuk menjaga lengkungan di punggung bawah, serta menggunakan bantal guna menopang tubuh saat bersantai atau duduk.

3 dari 6 halaman

Berhubungan Intim Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang?

Secara ilmiah hampir tidak ada data yang bisa mendukung pernyataan ini, maka jawabannya adalah tidak. Tapi, beberapa posisi intim berkemungkinan bisa membantu bayi berubah posisi.

Lyon pun tak lupa menyampaikan pendapatnya tentang hal ini. Menurutnya, hubungan intim bukanlah olahraga yang direkomendasikan untuk merubah posisi bayi sungsang. Tapi, tidak ada salahnya juga melakukan hubungan intim saat posisi bayi sedang sungsang karena punya manfaat baik untuk Moms dan janin.

4 dari 6 halaman

Posisi hubungan intim yang mungkin bisa Moms coba bersama pasangan adalah doggy style. Salah satu jenis olahraga yang bisa membuat posisi bayi sungsang berubah adalah merangkak dengan sedikit goyangan di bagian punggung.

Doggy style adalah posisi yang paling mendekati dengan kegiatan tersebut. Nah, saat akan melakukan hubungan intim dengan posisi ini, cobalah untuk memberikan kemiringan pada postur tubuh, dimana bagian dada lebih rendah dari pada bokong.

5 dari 6 halaman

Posisi hubungan intim yang mungkin bisa mengubah posisi bayi sungsang adalah misionaris. Tapi saat akan melakukannya, tambahkan bantal penyangga yang bisa membuat posisi panggul lebih tinggi dari pada dada.

Kedua posisi ini akan mendorong bagian tubuh bayi yang lebih berat ke arah dada ibu hamil, sehingga diharapkan bisa merubah posisi bayi sungsang. 

Beri Komentar