5 Faktor yang Membuat Tubuh Moms Belum Siap Menghasilkan Suplai ASI

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 21 Juni 2022 10:58
5 Faktor yang Membuat Tubuh Moms Belum Siap Menghasilkan Suplai ASI
Wajib disimak ya Moms.

Setelah bayi lahir, Moms mungkin melihat payudara mulai terasa penuh. Hal ini karena payudara menghasilkan susu pertama yang kental dan kaya, yang disebut kolostrum. Kemudian, terjadi perubahan dari kolostrum menjadi susu transisi.

Tapi untuk beberapa ibu baru, prosesnya bisa saja tertunda. Hal itu biasanya memakan waktu, sehingga alasan itu akhirnya menyebabkan bayi tidak mendapatkan cukup ASI. Berikut 5 faktor kenapa payudara Moms belum siap menghasilkan suplai ASI.

1 dari 6 halaman

Persalinan Traumatis atau Intervensi Medis

Punya ASI yang tidak mencukupi setelah bayi lahir, tentu bisa mengecewakan. Nah, salah satu faktor yang menyebabkan ASI tertunda, yaitu terjadinya persalinan yang traumatis.

Persalinan yang lama, kesulitan mendorong bayi keluar atau intervensi medis bisa meningkatkan hormon stres. Hormon-hormon inilah yang menunda permulaan laktasi. Pada akhirnya, aliran susu menjadi lambat dan menunjukkan suplai ASI ibu yang rendah.

2 dari 6 halaman

Bayi Lahir Prematur

Sebenarnya sepanjang kehamilan, payudara sudah mempersiapkan kelenjar susu untuk bersiap memberi makan bayi. Tapi saat bayi lahir lebih awal, maka payudara mungkin belum siap menghasilkan suplai ASI secara penuh. 

Untuk mengatasinya, Moms bisa menggunakan pompa payudara untuk mencoba merangsang produksi ASI.

3 dari 6 halaman

Ketidakseimbangan Hormon PCOS

Saat ASI tidak mencukupi, ini mungkin bisa jadi karena ketidakseimbangan hormon. Melansir Verywellhealth, kalau Moms memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) maka suplai ASI biasanya sering bermasalah. PCOS menjadikan suplai ASI Moms menjadi tertunda. 

4 dari 6 halaman

Diabetes

Suplai ASI terhambat juga bisa disebabkan oleh diabetes. Insulin berperan dalam produksi susu, sehingga diabetes memengaruhi kemampuan sang ibu untuk memproduksi susu. 

Melansir Momlovesbest, diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Pasalnya, insulin berperan dalam produksi ASI.

5 dari 6 halaman

Masalah Tiroid

Masalah suplai ASI bisa dipengaruhi karena masalah tiroid. Melansir Parenting.firstcry, banyak Moms bertanya-tanya apakah mereka bisa menyusui bayinya kalau dipengaruhi oleh salah satu dari dua kondisi tiroid. Terutama kalau hipotiroidisme yang tidak diobati, ini akan mengurangi suplai ASI.

Beri Komentar