Paparan Polusi Bisa Memengaruhi Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 24 Juni 2022 11:57
Paparan Polusi Bisa Memengaruhi Kesuburan, Mitos atau Fakta?
Bener gak sih?

Sama seperti gaya hidup, faktor lingkungan seperti polusi udara juga bisa memengaruhi kesuburan seseorang. Fakta ini pun memerlukan adanya perhatian khusus, terlebih kalau kamu dan pasangan sedang program hamil saat ini.

Agar kamu lebih paham, simak artikel berikut ini ya!

1 dari 4 halaman

Polusi Air

Jenis polusi pertama yang membuat kehidupan manusia semakin terancam adalah polusi air. Di mana laut mulai tercemar dengan sampah berbahaya, sehingga makanan laut pun menjadi tidak begitu sehat untuk dikonsumsi.

Saat laut tercemar, ekosistem laut pun ikut menurun kualitasnya. Banyak hewan laut jadi ikut tercemar atau bahkan menelan sampah-sampah yang menutupi permukaan laut.

2 dari 4 halaman

Polusi Udara

Selain itu, ibu hamil juga harus waspada terhadap polusi udara. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan di New Scientist, paparan tingkat polusi yang tinggi juga bisa menurunkan kesuburan.

Paparan udara buruk dengan kandungan partikel dan gas nitrogen dioksida yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar bisa menurunkan cadangan ovarium pada perempuan.

3 dari 4 halaman

Tips Meningkatkan Kesuburan

Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Dengan banyak istirahat, tubuh akan melakukan regenerasi sel dan perubahan hormon. Selain itu, istirahat bisa memproduksi melatonin yang akan meningkatkan keseluruhan sistem dalam tubuh.

Jangan lupa, Moms juga harus bisa melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga, menghindari makanan dengan pengawet, mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, menghindari rokok dan alkohol, dan tidak asal mengonsumsi obat-obatan.

Beri Komentar