Bayi Citra Kirana dan Rezky Aditya Alami Bilirubin Tinggi, Bisa Nggak ya Kondisi Ini Dicegah?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 9 September 2020 18:13
Bayi Citra Kirana dan Rezky Aditya Alami Bilirubin Tinggi, Bisa Nggak ya Kondisi Ini Dicegah?
Bisa nggak ya dicegah?

Pasangan artis Rezky Aditya dan Citra Kirana baru saja menyambut kelahiran putra pertama mereka yang bernama Keene Atharrazka Aditya. Buah hati pasangan ini lahir pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Sayangnya, baru seminggu baby Athar lahir, ia harus dirawat di rumah sakit karena menderita bilirubin tinggi yang membuat tubuh dan matanya menguning.

Sebenarnya, bisa nggak sih penyakit bilirubin pada bayi ini dicegah? Berikut ulasannya Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Menangis © Diadona

Melansir dari Healthline, jawabannya sayangnya nggak bisa Moms. Nggak ada cara yang nyata untuk mencegah bilirubin pada bayi yang baru lahir.

Tapi Moms bisa mengambil langkah antisipasi dengan menjalani tes golongan darah. Setelah bayi lahir, juga akan dilakukan tes Moms.

Hal ini dimaksudkan untuk mengesampingkan kemungkinan adanya ketidakcocokan golongan darah yang bisa menyebabkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir.

2 dari 3 halaman

Mencegah Bilirubin semakin Parah

Bila buah hati memang menderita penyakit kuning, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegahnya jadi lebih parah. Bagaimana caranya?

Caranya dengan memastikan bayi mendapat nutrisi yang cukup melalui ASI agar terhindar dari dehidrasi. Memberi ASI secara rutin sebanyak 8 sampai 12 kali sehari selama beberapa hari pertama bisa membantu tubuh bayi melawan bilirubin lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Bila Moms menggunakan susu formula, Moms bisa memberikan bayi 1 sampai 2 ons susu formula setiap 2 sampai 3 jam pada minggu pertama. Selain itu, pantau juga bayi secara cermat selama lima hari pertama kelahiran untuk mengetahui ada gejala penyakit kuning atau tidak.

Nah, bila Moms memperhatikan bayi mengalami gejala penyakit kuning, segera hubungi dokter ya Moms agar bayi bisa segera mendapat perawatan yang tepat.

Itu dia sederet informasi mengenai bilirubin, penyakit yang diderita baby Athar. Semoga membantu.

Beri Komentar