Bayi Bisa Cerdas sejak Dalam Kandungan? Ini Faktanya Moms!

Reporter : Mila I
Selasa, 7 Juni 2022 10:57
Bayi Bisa Cerdas sejak Dalam Kandungan? Ini Faktanya Moms!
Tentunya Moms ingin anaknya cerdas dong?

Saat hamil, orang tua punya keinginan agar anaknya terlahir dengan sempurna, sehat, dan cerdas. Tapi, Moms perlu memahami bahwa kecerdasan janin bisa dilihat dari caranya merespon melalui sebuah tendangan atau gerakan yang begitu aktif. Pembentukan kecerdasannya memang sudah bisadibentuk sejak sebelum ia dilahirkan.

Menurut penelitian dari University of California Berkeley di Amerika Serikat, ada fakta bahwa pancaindra janin di dalam kandungan sudah bisa berfungsi. Walau masih tahap perkembangan, nutrisi yang didapatkan oleh janin bisa membuatnya tumbuh cerdas.

1 dari 4 halaman

Janin Sensitif Terhadap Cahaya

Melalui studi University of California Berkeley, diketahui bahwa mata janin di dalam kandungan sudah begitu sensitif dengan cahaya. Seiring bertambahnya usia kehamilan, indra penglihatan akan berkembang perlahan menuju sempurna.

Hal ini dibuktikan walau berada di dalam perut, kepekaan terhadap cahaya membuatnya sadar perbedaan antara waktu siang dan malam hari. Perkembangan otak janin pun akan berkembang karena terbantu oleh indra penglihatannya yang telah punya sensitivitas terhadap cahaya.

2 dari 4 halaman

Respon saat Diajak Bicara

Menurut penelitian yang sama, yaitu dari University of California Berkeley, ibu hamil menyarankan untuk selalu memerhatikan setiap kata yang dikeluarkan selama menjalani masa kehamilan. Pasalnya, janin di dalam kandungan mampu mendengar dan memproses apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya termasuk Moms sendiri.

Cobalah untuk membacakan buku cerita agar janin bisa memberikan respons melalui tendangan atau gerakan tertentu. Kalau hal ini dilakukan rutin, maka janin akan lebih terbiasa mengenal bahasa dan suara orang tuanya.

3 dari 4 halaman

Respon saat Mendengar Melodi

Sama halnya dengan suara, janin juga bisa merespons saat mendengarkan sebuah melodi tertentu. Musik bisa menghasilkan hormon serotonin dan hormon endorfin, sehingga membuat janin turut merasakan bahagia.

Cobalah memilih jenis musik yang memang benar-benar menenangkan karena alunan nada tersebut bisa memengaruhi janin, misalnya musik klasik. Tempo dan struktur nada yang teratur membuat musik klasik mudah dicerna oleh otak janin di dalam kandungan.

Beri Komentar