Tetap Aman dan Nyaman, Ini 5 Tips Bepergian dengan Bus Saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 14 November 2020 06:30
Tetap Aman dan Nyaman, Ini 5 Tips Bepergian dengan Bus Saat Hamil
Yuk, simak tipsnya Moms.

Saat hamil tentu banyak hal yang harus diperhatikan calon ibu termasuk saat bepergian dengan menggunakan bus.

Meski Moms diperbolehkan bepergian dengan usia kehamilan berapa pun, tapi idealnya ibu hamil disarankan bepergian saat trimester kedua. Tapi tentu saja sebelumnya harus dengan izin dokter ya Moms.

Agar Moms merasa nyaman dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi selama kehamilan, berikut Diadona rangkum 5 tips aman bepergian dengan bus bagi ibu hamil. Dikutip dari Alodokter, berikut sederet tipsnya.

1 dari 6 halaman

Batasi Waktu Perjalanan

Saat hamil, sebaiknya Moms tunda dulu bepergian ke tempat yang jauh apalagi bila naik bus. Sebisa mungkin, hindari perjalanan yang memakan waktu lebih dari 6 jam ya Moms. 

Bepergian dengan bus dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami deep vein thrombosis atau sumbatan pada pembuluh darah vena. Selain itu, ubahlah posisi duduk Moms secara berkala selama perjalanan dan juga lakukan sedikit peregangan agar sirkulasi darah Moms tetap lancar.

2 dari 6 halaman

Siapkan Camilan

Semangkuk Buah Campuran © Diadona

Selama perjalanan mungkin Moms bakal susah ya untuk membeli camilan. Karena itu, nggak ada salahnya Moms membawa camilan sendiri dari rumah untuk persiapan di kala lapar. Moms bisa membawa camilan sehat seperti kacang, buah maupun biskuit. Selain bisa mengganjal perut, camilan ini juga bisa mencegah mual lho Moms.

3 dari 6 halaman

Pilih Tempat Duduk di Pinggir Lorong

Meski duduk di dekat jendela terasa menyenangkan, tapi saat hamil sebaiknya Moms duduk di dekat lorong untuk memudahkan Moms bergerak atau pergi ke toilet bila ada. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berpegangan pada tepi kursi ya Moms untuk menjaga keseimbangan tubuh saat Moms berjalan.

4 dari 6 halaman

Pakai Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi ibu hamil berdiri © Diadona

Pilihan pakaian juga nggak kalah penting lho Moms saat bepergian dengan bus. Memakai pakaian yang nyaman seperti longgar dan menyerap keringat akan membuat Moms lebih nyaman selama perjalanan.

Begitu juga pilihan alas kaki Moms. Jangan lupa memakai sepatu yang nyaman agar Moms bisa bebas bergerak tanpa khawatir jatuh.

5 dari 6 halaman

Bawa Kotak P3K

Terakhir, membawa kotak P3K juga sama pentingnya Moms. Bawalah obat-obatan yang mungkin akan diperlukan seperti obat dari dokter, obat diare dan obat untuk mencegah mabuk perjalanan.

Tapi tetap, Moms nggak boleh minum obat sembarangan ya saat hamil. Jadi, pastikan obat yang Moms bawa aman dan sudah mendapat persetujuan dari dokter.

Beri Komentar