Apakah Benar Bayi Menangis Tengah Malam Karena Gangguan Makhluk Astral?

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 14 April 2021 16:37
Apakah Benar Bayi Menangis Tengah Malam Karena Gangguan Makhluk Astral?
Simak yuk penjelasannya

Bayi menangis membuat banyak orang tua merasa khawatir. Terlebih lagi ketika ia menangis terus menerus di tengah malam, pasti banyak orang tua termasuk ibu berusaha untuk mencari penyebab dari tangisan bati tersebut dengan berbegai cara. Banyak mitos mengatakan bahwa bayi menangis tengah malam disebabkan oleh gangguan dari makhluk astral alias makhluk halus. Nah, apakah hal tersebut benar terjadi atau hanya mitos? Simak penjelasannya berikut

 

 

1 dari 4 halaman

Alasan yang biasanya terjadi kepada bayi yang menangis tengah malam pada umumnya adalah popok yang penuh dan membuat bayi tidak nyaman.

Saat popok dari si kecil basah atau penuh karena kotoran (urine atau tinja), maka bayi akan merasa tidak nyaman dan menyebabkannya menangis. Oleh karena itu, setiap bayi menangis ada baiknya periksa popoknya apakah basah atau tidak. 

 

2 dari 4 halaman

Bahkan, Bakteri dan jamur pada popok tersebut juga bisa menyebabkan kulit si kecil iritasi dan infeksi gatal gatal. Hal tersebut membuat si Kecil menjadi tidak nyaman ketika beraktivitas dan menurunkan kualitas tidurnya.

Ruam popok akan berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari serta pola tidur si Kecil. Padahal pola tidur di 1.000 hari pertama si Kecil sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya.

 

3 dari 4 halaman

Selain itu beberapa alsan di bawah ini mungkin bisa membuat bayi menangis tengah malam. Dikutip dari Healthline, berikut hal-hal yang bisa menyebabkan hal tersebut:

  1. Popok bayi yang penuh banyak membuat si kecil tak nyaman dan akhirnya menangis di tengah malam.
  2. Bayi Kelaparan, ini merupakan fase pertumbuhan intens yakni skitar usia 2 hingga 3 minggu bayi memungkinkan kelaparan di malam hari.
  3. Pola menyusu yang berubah. Banyak yang berasumsi bayi rewel karena tidak mendapatkan cukup makan, memang benar tapi itu tidak selalu terjadi. Perubahan komposisi ASI yang berubah di malam hari juga bisa membuat bayi rewel.
  4. Kurang tidur siang karena aktivitas. Saat siang hari, kebanyakan si kecil aktif dan tidak beristirahatm hal ini akan membuatnya rewel dan menangis di malam hari.

 

Beri Komentar