Apa Benar Tekan Pusar Bisa Ketahui Tanda Hamil?

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 21 November 2022 11:57
Apa Benar Tekan Pusar Bisa Ketahui Tanda Hamil?
Simak selengkapnya ya, Moms!

Banyak mitos terkait kehamilan banyak tersebar di masyarakat. Di antaranya, ada rumor yang menyatakan bahwa tekan pusar bisa bantu ketahui tanda hamil. Tapi, apakah rumor tersebut benar? Ketahui penjelasannya di bawah ini!

1 dari 5 halaman

Bisakah Tekan Pusar untuk Ketahui Tanda Hamil?

Di awal kehamilan, untuk memastikan apakah gejala Moms merupakan tanda kehamilan tidak bisa dilakukan dengan sekadar tekan bagian pusar di perut.

Hal ini karena pada masa awal kehamilan atau trimester 1, perubahan tubuh belum terjadi cukup jelas untuk bisa terlihat atau dirasakan dari luar, termasuk perubahan pada perut Moms.

Kehamilan mungkin baru dapat terasa dengan tekan pusar pada perut setelah memasuki usia beberapa minggu.

2 dari 5 halaman

Setelah kehamilan memasuki usia beberapa minggu, perubahan pada perut umumnya baru bisa dirasakan oleh Moms. Pada saat ini, sebagian besar ibu hamil biasanya sudah mengetahui bahwa dirinya hamil dari tes kehamilan yang lebih akurat.

3 dari 5 halaman

Untuk bisa merasakan dan mengetahui tanda perubahan perut saat hamil dengan lebih jelas, Moms bisa tekan daerah pusar di perut secara perlahan:

  • Pastikan perut masih atau sudah kosong dan belum terisi makanan apapun.
  • Baringkan tubuh dengan lutut menekuk ke atas dan kaki menapak datar pada permukaan.
  • Tarik napas secara lambat dan dalam, biarkan tubuh merasa rileks terlebih dahulu. Ini karena pikiran dan tubuh harus tenang agar bisa merasakan perubahan perut dengan lebih baik.
  • Letakkan sisi telapak tangan kiri di bagian perut tengah atau pusar, tepat di atas tulang selangka.
  • Gunakan sisi telapak tangan untuk mengangkat lipatan lemak yang ada di perut ke atas.
  • Letakkan tangan kanan tepat di atas tulang selangka dengan jari mengarah pada tulang, sambil terus menahan beban perut dengan tangan kiri.
  • Gerakkan tangan kanan masuk dan keluar bahian perut secara perlahan, sembil menurunkan posisi kaki menjadi lurus sejajar.
    Pada kondisi hamil, bisa timbul rasa benjolan menyerupai bola yang cukup padat tepat di belakang tulang selangka. Itu bisa menjadi tanda ujung rahim di perut Moms.

4 dari 5 halaman

Cara yang Lebih Akurat

Meski begitu, ada 2 cara utama yang bisa menjadi pilihan untuk mendeteksi tanda hamil dengan tepat ketimbang Moms tekan pusar atau perut, yaitu pakai testpack dan cek darah.

Beri Komentar