Tidur di Ruang Terang atau Gelap, Mana yang Paling Baik untuk Bayi?

Reporter : Mila I
Selasa, 15 November 2022 11:57
Tidur di Ruang Terang atau Gelap, Mana yang Paling Baik untuk Bayi?
Moms harus paham nih.

Salah satu kebutuhan utama bayi yang baru lahir adalah tidur. Kualitas tidur yang baik bermanfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Kalau bayi kurang tidur, maka si Kecil bisa rewel seharian dan memengaruhi aktivitas Moms. 

Saat malam hari, Moms membiarkan si Kecil tidur terpisah di kamarnya sendiri atau bersama mama dalam satu kamar yang sama. Hanya saja, sebagian besar mungkin masih bingung sebaiknya lampu kamar dibiarkan menyala atau dimatikan?

1 dari 5 halaman

Ruangan Gelap Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Bayi

Beberapa ahli menyarankan bayi yang baru lahir tidur di ruang gelap atau punya cahaya redup. Alasannya, pada malam hari tubuh bayi memproduksi hormon melatonin.

Hormon tersebut bermanfaat untuk mengontrol siklus bangun dan tidur si Kecil. Apabila hormon melatonin diproduksi secara optimal, maka bayi bisa punya siklus tidur yang baik dan berpengaruh baik pada tumbuh kembangnya. 

2 dari 5 halaman

Tidur di Ruangan Terang Membuat Tidur Bayi Terganggu

Selama sembilan bulan bayi berada dalam rahim dengan pencahayaan yang redup. Oleh karena itu, kondisi kamar dengan cahaya terang akan membuat tidur bayi terganggu. Bayi akan mudah terbangun saat tidur di ruang terang. 

Bayi yang baru lahir pun masih belajar untuk membedakan siang dan malam. Kondisi ruangan yang gelap akan membantu si Kecil belajar perbedaan siang dan malam serta waktu untuk tidur.

Kalau Moms terus membiasakan bayi untuk tidur di ruang gelap, maka secara tidak langsung Moms juga mengajarkan si Kecil untuk tidur dengan jadwal yang konsisten. 

3 dari 5 halaman

Bayi sebenarnya tak masalah tidur di ruang terang hingga berusia dua bulan. Selanjutnya, Moms harus membiasakan si Kecil tidur di ruang gelap agar tubuhnya bisa memproduksi hormon melatonin secara optimal.

Membiasakan si Kecil tidur di ruang gelap juga mengajarkan penyesuaian diri dengan ritme tidur orang dewasa. 

4 dari 5 halaman

Meskipun demikian, jangan biarkan bayi berusia di bawah dua bulan untuk tidur seorang diri di kamarnya dengan kondisi pencahayaan yang gelap. Sebab, kondisi tersebut bisa membuat si Kecil takut.

Beri Komentar