5 Trik Ampuh Agar Janin Bergerak Aktif di Dalam Kandungan

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 27 Maret 2021 09:57
5 Trik Ampuh Agar Janin Bergerak Aktif di Dalam Kandungan
Dijamin deh trik ini bikin si janin aktif!

Kehamilan adalah momen yang penuh kejutan. Di mana banyak hal tak terduga terjadi akibat perubahan hormon. Mulai dari mudah merasa lelah, sering mual, lebih sensitif, atau bahkan menjadi pelupa.

Akan tetapi, semua perasaan tidak nyaman itu seakan hilang dalam sekejap ketika Moms merasakan gerakan sang janin dari dalam perut. Sungguh membahagiakan!

Nah, apabila kandungan Moms sudah mulai memasuki usia 16-20 minggu, ada baiknya untuk merangsang si janin agar gerakannya lebih aktif. Berikut 5 trik ampuh agar janin bergerak dengan lincah di dalam perut.

1 dari 5 halaman

Tekanan Lembut pada Perut

Trik pertama agar janin bergerak aktif dalam kandungan adalah dengan menekan lembut perut serta menggoyangkannya sedikit. Trik ini juga sering dipakai oleh dokter kandungan untuk membuat calon bayi menjadi lebih aktif di dalam perut.

2 dari 5 halaman

Ajak Janin Ngobrol

Merangsang janin dalam perut agar bergerak aktif bisa dilakukan dengan mengajaknya ngobrol. Hal ini karena pada usia 4-22 minggu kemampuan pendengaran janin sudah mulai berkembang. Jika kebiasaan ini terus diterapkan, maka saat dilahirkan ia pun akan mengenali suara orang tuanya secara langsung.

3 dari 5 halaman

Kenalkan dengan Musik

Trik memancing gerakan aktif janin dalam kandungan lainnya yaitu dengan memberikan stimulasi suara berupa lagu atau nyanyian. Moms bisa menempelkan headphone agar stimulasi lebih maksimal. Tapi perhatikan volumenya ya, jangan sampai berlebihan atau terlalu kencang.

4 dari 5 halaman

Arahkan ke Sumber Cahaya

Tahukah Moms, bahwa trik membangunkan janin dalam perut bisa dengan memanfaatkan benda-benda sekitar seperti senter dan lampu?

Meskipun berada di dalam perut, rupanya pada usia 22 minggu janin sudah bisa membedakan terang dan gelap. Jadi arahkan saja lampu senter tersebut ke perut. Biasanya janin akan merespon dengan sedikit tendangan. Menggemaskan, kan?

5 dari 5 halaman

Makan dan Minum

Trik membangunkan janin dalam perut lebih aktif lainnya adalah melalui makanan dan minuman. Moms yang sedang makan atau minum, akan memancing janin untuk bangun dan bergerak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu ya!

Beri Komentar