Kelihatan Sepele, Kenapa Penting untuk Membuat Catatan Pengeluaran Harian?

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 24 Agustus 2020 16:40
Kelihatan Sepele, Kenapa Penting untuk Membuat Catatan Pengeluaran Harian?
Pengeluaran harian dicatat biar apa sih?

Membuat catatan rutin terkait pengeluaran harian bukanlah langkah yang populer untuk diambil setiap orang dalam rangka merapikan kondisi keuangannya.

Padahal, mencatat pengeluaran sampai ke rupiah terkecil pun akan sangat penting untuk menjadi dasar perencanaan keuanganmu ke depan.

Jadi, sebenernya apa aja sih yang bikin catatan pengeluaran harian penting untuk dibuat? Yuk langsung simak ulasan berikut!

1 dari 6 halaman

Paham pola kebutuhan

Ada beberapa pengeluaran yang selalu berulang setiap bulannya. Lama-kelamaan, pengeluaran tersebut akan membentuk suatu pola yang bisa dipelajari. Pengeluaran rutin itulah yang disebut sebagai kebutuhan.

Dengan membuat catatan pengeluaran harian, kamu bisa dengan mudah mengetahui rutinitas keuanganmu setiap bulannya sehinga anggaran belanja yang efektif bisa ditetapkan.

Rutinitas ini akan memudahkanmu untuk melakukan penganggaran atau budgeting karena feeling yang sudah terasah dengan baik.

2 dari 6 halaman

Paham kondisi keuangan

Rajin mencatat pengeluaran harian artinya kamu akan bisa mengenali bagaimana kondisi keuangan terkinimu.

Mengenali kondisi keuangan akan memudahkanmu untuk menelusuri jika terjaid suatu masalah atau melakukan penganggaran ulang jika ada pengeluaran yang nggak proporsional.

3 dari 6 halaman

Memudahkan perencanaan

Saat akan menyusun rencana keuangan setiap bulan, kita harus lebih dulu mengetahui pola pengeluaran yang kita lakukan jika dibandingkan dengan kebutuhan.

Catatan keuangan harian akan menjadi dasar yang baik untuk kamu menyusun tujuan keuanganmu setiap bulannya. Dari catatan tersebut, kamu sudah bisa memilah mana yang menjadi prioritas dan mana yang bisa ditunda.

4 dari 6 halaman

Mengontrol nafsu konsumtif

Baru gajian dan langsung ingin membelanjakannya adalah hal yang sangat manusiawi. Bukannya sama sekali nggak diperbolehkan, hanya saja kita perlu tahu sampai mana batasnya.

Nafsu konsumtif berlebih biasanya datang karena kita nggak tahu sudah sejauh apa kita melakukan pengeluaran. Catatan pengeluaran akan berfungsi sebagai pengingat yang tepat untuk mengontrol nafsu tersebut.

5 dari 6 halaman

Meminimalisir risiko masalah finansial

Tanggal tua bingung karena duit tiba-tiba menguap entah ke mana tanpa diketahui wujudnya? Catatan keuangan harian bisa memudahkanmu untuk menelusuri dari mana asal kebocoran keuanganmu.

Kamu juga bisa lebih mudah untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan berulang di bulan selanjutnya.

Beri Komentar