Hindari Pembelian Nggak Penting, Begini Trik untuk Belanja Bulanan yang Lebih Hemat

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 13 Agustus 2020 16:40
Hindari Pembelian Nggak Penting, Begini Trik untuk Belanja Bulanan yang Lebih Hemat
Belanja bulanan bebas bocor anggaran.

Sebagian besar rumah tangga menerapkan sistem belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun salah satu godaan terbesar belanja bulanan adalah seringnya perhatian teralih untuk membeli barang-barang non esensial namun menarik, iya kan Moms?

Kecenderungan tersebut bisa jadi salah satu penyebab bocornya rencana budgeting yang sudah diatur sejak awal.

Oleh karena itu, berikut ini adalah trik untuk belanja bulanan yang lebih hemat bagi para Moms. Simak yuk!

1 dari 5 halaman

Buat daftar

Ilustrasi daftar belanja © Diadona

Membawa daftar belanjaan mungkin akan terdengar terlalu kanak-kanak, namun jangan salah sangka Moms, cara klasik ini bisa sangat bermanfaat lho.

Kami memang nggak meragukan kemampuan Moms untuk mengingat barang-barang apa aja yang perlu dibeli. Fungsi catatan di sini lebih sebagai pembatas untuk menjaga agar Moms tetap melakukan pembelanjaan sesuai rencana.

Begitu muncul keinginan membeli sesuatu secara tiba-tiba, coba lihat catatan belanjanya, niscaya Moms akan langsung sadar lagi.

2 dari 5 halaman

Jangan bawa anak

Ilustrasi belanja dengan anak © Diadona

Membawa anak ikut berbelanja memang jadi kegiatan yang menyenangkan. Selain sebagai salah satu pilihan kegiatan orang tua dengan anak, Moms juga bisa mengajarkan praktik jual beli di kehidupan sehari-hari.

Namun perlu diingat juga Moms bahwa mengajak anak akan memunculkan risiko pecahnya fokus berbelanja. Misal, sudah tinggal bayar belanjaan yang sesuai budget di kasir, eh si kecil lihat ada mainan Hot Wheels dipajang dan merengek minta beli. Kalau kondisi lagi berlebih sih santai ya, tapi kalau budget lagi ngepas kan pusing juga.

Belanja tanpa anak akan memudahkan Moms untuk hanya membeli barang-barang yang diperlukan saja.

3 dari 5 halaman

Manfaatkan promo

Ilustrasi promo supermarket © Diadona

Supermarket kerap melakukan promo di tanggal-tanggal tertentu. Promonya pun beragam, mulai potongan harga dengan persentase tertentu, sampai bonus dengan minimum pembelian.

Sebisa mungkin selalu manfaatkan promo untuk pembelian kebutuhan pokok seperti minyak, susu, dan barang-barang lain. Selama perbedaan kualitas barangnya nggak signifikan, membeli dengan harga lebih murah jelas lebih menguntungkan kan Moms?

4 dari 5 halaman

Lihat rak terbawah

Ilustrasi belanja © Diadona

Salah satu trik yang biasa dilakukan dalam penataan barang di supermarket atau minimarket adalah dengan memajang barang-barang berharga mahal di rak yang sejajar dengan pandangan mata. Tujuannya adalah untuk mengarahkan pembeli agar langsung memilih produk tersebut.

Oleh sebab itu, Moms perlu sedikit berusaha melirik-lirik ke arah bawah dan menunduk atau jongkok kalau perlu untuk mengecek harga barang-barang di rak yang lebih rendah. Kalau beruntung, Moms bisa menemui produk kualitas setara dengan harga yang lebih murah lho!

Beri Komentar