5 Prinsip Hidup Minimalis yang Bisa Membantumu untuk Berhemat

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 5 Agustus 2020 09:40
5 Prinsip Hidup Minimalis yang Bisa Membantumu untuk Berhemat
Gaya hidup minimalis bisa memberi manfaat positif untuk kondisi finansialmu lho.

Belakangan ini kata 'minimalis' menjadi sangat sering mampir di kepala kita. Entah mendengar atau membaca, selalu ada saja yang membahas hal tersebut.

Mulai dari video beres-beres rumah Marie Kondo, film dokumenter Minimalism, sampai konten di channel Youtube Raditya Dika membuat gaya hidup minimalis jadi lebih dikenal di masyarakat.

Gaya hidup minimalis memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Tren yang baik tentunya karena gaya hidup tersebut sebenarnya membawa banyak keuntungan, termasuk di dalamnya adalah keuntungan finansial.

Berikut ini telah kami susun lima perilaku hidup minimalis yang dapat menmbuat kamu lebih berhemat sehingga menguntungkan aspek finansial.

1 dari 6 halaman

1. Beli sedikit namun kualitas tinggi

Ilustrasi laptop © Diadona

Cara pembelian dalam prinsip hidup minimalis biasanya menekankan pada kualitas suatu barang, bukan kuantitas. Dibanding punya banyak barang murah dengan kualitas biasa saja, lebih baik membeli sedikit barang dengan kualitas terbaik meskipun harganya lebih mahal.

Barang dengan kualitas baik akan dapat bertahan lebih lama meskipun harganya mahal. Setidaknya hal tersebut masih lebih hemat dibanding harus terus mengeluarkan uang untuk membeli barang yang sama karena rusak berkali-kali.

2 dari 6 halaman

2. Perhatian merawat barang

Masih terkait dengan pembelian barang berkualitas, untuk dapat bertahan lebih lama tentu harus dibarengi pula dengan perawatan yang rutin.

Sembarangan dalam memakai barang artinya kamu akan membuatnya cepat rusak yang berujung pada pengeluaran untuk mengganti barang tersebut. Mending dirawat dan digunakan dengan hati-hati kan?

3 dari 6 halaman

3. Orientasi pada fungsi

Ilustrasi gantungan baju © Diadona

Pembelian barang yang berfokus pada fungsi akan mendukung gaya hidup minimalismu. Kamu nggak akan mudah tergiur pada barang yang mungkin secara visual nampak lebih lucu namun memiliki fungsi yang sama dengan yang sudah kamu miliki.

Misal, dalam hal membeli pakaian, dengan membeli sejumlah kemeja polos yang bisa banyak dipadu padan dengan outer, bawahan, dan aksesoris, kamu nggak akan mudah tergoda untuk membeli kemeja serupa yang memiliki motif berbeda.

4 dari 6 halaman

4. Satu barang serba guna

Karena dalam prinsip hidup minimalis kita berfokus untuk menggunakan barang seefektif mungkin, maka satu barang yang dapat berfungsi banyak akan lebih dipilih ketimbang harus membeli banyak barang yang masing-masing hanya punya satu fungsi.

Misal, apabila kamu adalah anak kos, ketimbang beli panci, penggorengan, dan kompor, maka lebih baik membeli satu buah panci elektrik serbaguna yang mampu mencakup fungsi ketiga barang tersebut.

5 dari 6 halaman

5. Tidak berlebihan dalam membeli makanan

Ilustrasi pancake © Diadona

Pembelian makanan termasuk salah satu pengeluaran yang sering tak disadari membuat kita merogoh kocek dalam-dalam.

Beli makanan secukupnya sesuai dengan kapasitas perutmu lebih disarankan ketimbang harus beli banyak jenis makanan hanya karena lapar mata saja. Hal ini juga untuk menghindari terbuangnya makanan dengan sia-sia.

6 dari 6 halaman

Melakukan gaya hidup minimalis sebenarnya bukan hal sulit kok. Hanya saja, memang memerlukan usaha yang keras di awal untuk mengubah mindset yang selama ini kita anut.

Kalau sudah bisa menerapkan gaya hidup minimalis, maka pengaruh finansialnya juga akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu. Hasil penghematannya bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

Gimana, udah siap mengubah gaya hidupmu?

Beri Komentar