Bukannya Nggak Mungkin, Begini Tips Beli Rumah Sebelum Usia 30-an untuk Para Milenial

Reporter : Firstyo M.D.
Minggu, 20 September 2020 10:40
Bukannya Nggak Mungkin, Begini Tips Beli Rumah Sebelum Usia 30-an untuk Para Milenial
Susah tapi pasti bisa.

Setiap generasi pasti akan memiliki tantangan sendiri-sendiri dalam hidupnya. Untuk generasi milenial, salah satu tantangan yang paling besar adalah untuk memiliki rumah sendiri.

Generasi milenial yang saat ini sudah menginjak usia dewasa awal memang kerap terlihat mengontrak rumah atau tinggal di kamar kos untk tempat tinggal. Banyak faktor yang mendasarinya, namun yang paling utama adalah tingkat kenaikan harga properti yang tak sebanding dengan peningkatan gaji. Oleh karenanya, banyak yang mengatakan bahwa memiliki rumah pribadi akan mustahil dicapai oleh para milenial.

Well, dengan melihat kenyataan yang ada di depan mata, mungkin memiliki rumah tidak akan semudah itu untuk dicapai seperti yang dirasakan generasi pendahulu. Meski begitu, sebenarnya tetap ada beberapa strategi khusus yang memungkinkan para milenial untuk bisa memiliki rumahnya sendiri kok. Apa aja sih? Dilansir dari lifehack.org, berikut adalah ulasannya.

1 dari 5 halaman

Visi jangka panjang

Langkah awal untuk berencana memiliki rumah sendiri ternyata harus dimulai dari hal yang paling dasar, yakni mencari tahu apa yang kamu inginkan, utamanya dalam hal karir.

Mencari tahu apa yang diinginkan adalah langkah penting dalam pencarian kepemilikan rumah, karena memiliki berarti harus berpegang pada suatu tempat untuk jangka waktu yang lama, seperti 5-10 tahun.

2 dari 5 halaman

Mencari tahu fasilitas bantuan

Ada banyak program yang akan mempermidah pembelian rumah yang bisa kamu ambil. Meski begitu, kamu tetap harus mempelajarinya dengan mendalam agar dapat menemukan program yang cocok dengan kondisi keuanganmu.

Teliti juga opsi lain yang mungkin bisa membantu untuk dapat menurunkan pembayaran di masa mendatang.

3 dari 5 halaman

Mulai menabung uang muka

Yang utama harus dilakukan tentu adalah menabung. Bagus jika kamu sudah menargetkan sejumlah angka untuk dapat menutupi semua biaya pembelian, namun batas bawah menabung untuk membeli rumah adalah sejumlah biaya uang muka.

Untuk mempercepat terkumpulnya dana, kamu bisa mulai mencari penghasilan tambahan lewat investasi, bisnis sampingan, atau hobi yang menghasilkan.

4 dari 5 halaman

Riset

Terakhir dan tak kalah penting adalah melakukan riset bangunan rumah yang ingin kamu beli. Apakah di sini kamu akan memilih rumah yang dibangun dari nol, rumah baru, atau rumah bekas?

Coba timbang-timbang mana yang secara pengeluaran paling memungkinkan untuk kamu lakukan. Selain itu pertimbangkan juga biaya perawatannya kelak. Apakah sesuai dengan kemampuan?

Beri Komentar