Bukan Cuma Menabung, 4 Hal Terkait Keuangan Ini Juga Penting untuk Diajarkan ke Anak

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 25 Juni 2020 16:40
Bukan Cuma Menabung, 4 Hal Terkait Keuangan Ini Juga Penting untuk Diajarkan ke Anak
Emang penting anak kecil tau tentang uang?

Seringkali orang tua merasa bahwa anak kecil tidak perlu tau tentang keuangan. Ini adalah pemikiran yang salah besar lho Moms.

Faktanya, meskipun bersentuhan langsung dengan uang, namun nilai-nilai tentang pengelolaan keuangan tetap harus diajarkan sejak dini. Hal ini untuk membuat dia mempunya mindset awal yang baik tentang uang sehingga ke depan, pengembangan dirinya akan berjalan lebih baik.

Menabung mungkin jadi hal yang paling umum diajarkan oleh orang tua pada anak terkait keuangan. Namun selain itu, ada tiga hal lain yang juga penting untuk ditanamkan pada anak. Apa aja itu?

Di bawah ini adalah empat hal termasuk menabung yang penting untuk Moms ajarkan. Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Menghasilkan Uang

Mengajarkan anak tentang dari mana uang dihasilkan adalah hal yang pertama harus diajarkan. Nggak perlu terlalu susah mengajarinya bekerja Moms. Cukup kenalkan anak pada sumber penghasilan orang tuanya. Apa yang dikerjakan kedua orang tua untuk mendapatkan uang?

Dengan mengetahui dari mana uang berasal, diharapkan anak jadi semakin tahu bahwa untuk mendapatkannya diperluka kerja keras terlebih dahulu. Mengetahui proses mendapatkannya akan membuat anak bisa lebih menghargai uang.

2 dari 5 halaman

Membelanjakan Uang

Banyak yang luput untuk mengajarkan hal yang satu ini, nyatanya bagaimana membelanjakan uang juga perlu diajarkan ke anak lho Moms. Caranya bisa dengan memperkenalkan berbagai jenis kebutuhan mulai dari primer, sekunder, dan tersier.

Tujuannya adalah menanamkan prioritas pembelian pada anak sejak dini. Anak yang tau ke mana uangnya akan dibelanjakan tentu bisa lebih mudah untuk diajarkan tentang berhemat.

3 dari 5 halaman

Membagi Uang

Berbagi rezeki pun menjadi salah satu nilai yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Moms bisa melakukannya dengan mengajak si kecil untuk terlibat di kegiatan amal.

Memperkenalkan kegiatan berbagi adalah cara yang tepat untuk memberi tahu bahwa berhemat tidak sama dengan pelit.

4 dari 5 halaman

Menabung

Terakhir, baru ajarkan si kecil untuk menabung. Simpel banget Moms caranya. Sediakan celengan di rumah untuk dia isi dengan uang-uang kecil yang didapatnya. Sediakan celengan dengan berbagai bentuk biar dia semangat untuk menabung.

Penting untuk mengajaknya menabung mulai dari nominal terkecil untuk memberi pemahaman bahwa sesuatu yang kecil itu akan berubah menjadi besar dan bermanfaat apabila dikumpulkan secara konsisten lewat kegiatan menabung.

Beri Komentar