5 Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek untuk Pemula Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 2 September 2021 13:00
5 Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek untuk Pemula Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya
Jenis investasi ini rasanya cocok untuk para pemula dalam rangka merasakan pengalaman berinvestasi. Tentu saja, ini juga bisa menjadi passive income buat yang melakoninya.

Belakangan ini, investasi seperti sudah menjadi kegiatan yang diminati banyak orang. Dibandingkan beberapa tahun lalu, dewasa ini sudah banyak orang yang sudah melek akan investasi. Singkatnya, sudah banyak orang yang kini sadar akan pentingnya menjaga aset keuangan.

Secara umum, ada jua jenis investasi yang ada yakni investasi jangka panjang dan jangka pendek. Dan dalam kesempatan kali ini kita adkan sedikit ngomongin investasi jangak pendek beserta pengetian dan contohnya.

Melansir dari Investopedia, investasi jangka pendek adalah investasi yang bersifat sementara dan pada umumnya dapat mudah ditarik lagi dalam jangka waktu pendek. Jadi, ini adalah produk investasi yang menyetorkan sejumlah dana untuk dikelola dalam jangka waktu singkat, sehingga dana dan keuntungan dapat dicairkan dalam kurun waktu yang pendek. Biasanya periode investasi ini berlangsung selama satu tahun.

Jenis investasi ini rasanya cocok untuk para pemula dalam rangka merasakan pengalaman berinvestasi. Tentu saja, ini juga bisa menjadi passive income buat yang melakoninya.

1 dari 6 halaman

Lalu, apa saja nih jenis-jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan dan bisa ditempuh oleh para pemula? Nah, berikut Diadona.id telah merangkum ulasannya tentang hal tersebut dari berbagai sumber. Yuk kita simak bareng-bareng.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

1. Deposito

Jenis InvestasiJenis Investasi © Unsplash.com

Jenis investasi jangaka pendek yang pertama adalah deposito. Singkatnya, deposito adalah produk tabungan di bank dengan menyetorkan dan mencairkan sejumlah dana dalam jangka waktu singkat. Sebenarnya, jenis ini tidak berbeda jauh dengan menabung. Hanya saja, Kita tidak bisa mengambil uang yang sudah disimpan ke dalam rekening deposito sewaktu-waktu.

Untuk periode deposito sendiri ini mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 2 tahun. Suku bunga dari produk deposito juga relatif tinggi. Selain itu, keamanannya juga sangat terjamin karena diawasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Cocok banget buat para pemula.

2 dari 6 halaman

2. Reksa Dana

Selain deposito, jenis investasi reksa dana juga bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu yang notabene para pemula. Jadi, reksa dana adalah produk investasi di mana dana dari investor akan dikelola oleh manajer investasi agar memperoleh keuntungan. So, investor tidak perlu memikirkan strategi dan cara mengelolanya.

Saat ini juga banyak aplikasi yang menyediakan jasa untuk mengorganisir investasi reksa dana. Nah, untuk reksa dana jangka pendek sifatnya praktis dan likuid. Selain itu tingkat resikonya juga rendah, cocok untuk dijadikan opsi investasi buat para pemula.

3 dari 6 halaman

3. Surat Utang Negara (SUN)

Jenis InvestasiJenis Investasi © Unsplash.com

Melansir dari laman Ocbcnisp.com, Ini juga meruapakn jenis investasi jangka pendek yang cukup menguntungkan dan aman. Jadi, SUN merupakan surat pernyataan hutang yang diterbitkan oleh negara untuk investor dana dan negara menjamin pembayaran modal dan bunga dalam jangka waktu tertentu.

Untuk cara kerja dari Surat Utang Negara ini negara mengeluarkan surat untuk investor. Investor sebagai piutang menanamkan sejumlah dana pada negara agar dana tersebut dikelola oleh negara untuk pembangunan dan kebutuhan negara. Kemudian, hasil keuntungan dari pengelolaan modal akan dibayarkan oleh negara kepada investor dalam bentuk bunga.

4 dari 6 halaman

4. Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

Jenis InvestasiJenis Investasi © Unsplash.com

Masih dilansir dari laman Ocbcnisp.com, jenis investasi jangka pendek yang selanjutnya adalah Fintech Peer to Peer (P2P) Lending. Ini adalah produk investasi baru dimana investor menanamkan dananya pada UMKM Indonesia untuk mengembangkan usaha. Keuntungan dari hasil pengelolaan dana berupa suku bunga dengan besaran tertentu.

Sama seperti investasi jangka pendek sebelumnya, waktu periode periode investasi bebas dipilih oleh investor, mulai dari 6 bulan, 1 tahun, sampai 2 tahun. Modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi pun cukup kecil. Mulai dari Rp 100 ribu kamu sudah bisa ikut berinvestasi.

5 dari 6 halaman

5. Saham

Jenis InvestasiJenis Investasi © Unsplash.com

Terkahir untuk jenis investasi jangka pendek ada saham. Kit pasti sudah nggak asing lagi dong dengan yang satu ini. Namun selama ini saham terkenal sebagai instrumen investasi untuk jangka panjang. Padahal, ada juga saham yang bisa digunakan untuk jangka pendek.

Jenis saham yang berjangka waktu pendek menggunakan sistem trading. Keuntungan dari trading dapat diperoleh hanya beberapa jam saja. Namun, kamu harus benar-benar ahli dan bisa mengelola dengan strategi agar untung. Selain itu, risiko saham juga tinggi tetapi sebanding dengan keuntungannya yang besar.

Ya jadi itulah beberapa jenis investasi jangka pendek buat pemula yang bisa kita coba. Semoga ulasan sederhana ini bisa membantu dan beguna buat kita semua ya.

Beri Komentar