Gojek dan Tokopedia Merger, Andre Soelistyo Jadi CEO

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 24 Mei 2021 14:07
Gojek dan Tokopedia Merger, Andre Soelistyo Jadi CEO
Seperti kabar yang beredar, Gojek mengumumkan telah merger dengan Tokopedia. Gabungan perusahaan transportasi online dan e-commerce ini dikenal sebagai GoTo Group.

Dengan menggabungkan kedua perusahaan tersebut, GoTo memiliki Gross Transaction Value (GTV) lebih dari USD 22 miliar atau sekitar Rp 314 triliun pada tahun 2020. GoTo mengklaim telah berkontribusi 2% terhadap total PDB Indonesia.

Saat ini, Goto memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU). Selain itu, hingga Desember lalu, GoTo kini memiliki lebih dari dua juta mitra pengemudi terdaftar dan lebih dari 11 juta mitra bisnis (merchant).

1 dari 4 halaman

Gojek Tokopedia Merger © Diadona

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai Group CEO, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai President GoTo. Sementara Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawabnya di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang disebut GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis untuk mitra bisnis.

2 dari 4 halaman

Gojek Tokopedia Merger © Diadona

" Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara," ujar Andre Soelistyo, CEO GoTo dalam keterangan resminya, Senin (24/5/2021).

3 dari 4 halaman

Gojek Tokopedia Merger © Diadona

" Bagi konsumen, Grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka. Ini adalah langkah selanjutnya dari perjalanan yang luar biasa Gojek dan Tokopedia, dan saya berterima kasih telah diberikan kepercayaan untuk memimpin Grup GoTo," imbuh Andre.

GoTo Group juga akan terus mengembangkan bisnisnya di pasar non-Indonesia yang tumbuh pesat di mana Gojek beroperasi. Hadirnya GoTo Group yang menyediakan layanan pengiriman cepat dengan berbagai layanan digital akan menjadikan pengiriman layanan e-commerce pada hari yang sama (same-day-e-commerce delivery) menjadi praktik standar sehari-hari di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Gojek Tokopedia Merger © Diadona

GoTo juga akan terus meningkatkan layanan pembayaran dan keuangannya untuk menjangkau sekitar 140 juta orang yang memiliki keterbatasan dalam mengakses sistem keuangan di Indonesia (segmen yang kurang terlayani).

Sekadar informasi, Gojek dan Tokopedia telah berdiri lebih dari satu dekade lalu dan telah membuka manfaat ekonomi digital bagi jutaan masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara - termasuk konsumen, mitra pengemudi, dan merchant di semua skala bisnis.

Kedua perusahaan tersebut pertama kali berkolaborasi pada 2015 untuk mempercepat layanan pengiriman e-commerce menggunakan jaringan mitra pengemudi Gojek. Ke depannya, Gojek dan Tokopedia akan terus beroperasi sebagai entitas independen dalam ekosistem GoTo Group.

Beri Komentar