5 Hal yang Perlu Dimasukkan Dalam Anggaran Bulananmu, Biar Alur Keuangan Lebih Terarah

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 14 Agustus 2020 09:40
5 Hal yang Perlu Dimasukkan Dalam Anggaran Bulananmu, Biar Alur Keuangan Lebih Terarah
Perhatikan hal-hal ini agar rencana keuanganmu lebih tertata.

Perencanaan keuangan bulanan adalah hal yang paling sering ditekankan untuk kamu yang ingin merapikan kondisi finansialnya.

Ada berbagai formula untuk merencanakan keuangan, namun salah satu yang perlu dilakukan adalah membuat pos pos anggaran.

Untuk kamu yang mau mulai membuat anggaran bulanan, berikut ini adalah lima hal yang penting untuk kamu perhitungkan.

1 dari 6 halaman

Anggaran Kemanusiaan

Ilustrasi amal © Diadona

Terlepas dari latar belakang agama masing-masing, selalu ada hak orang lain dalam pendapatan yang kita terima. Pengeluaran dalam anggaran kemanusiaan bertujuan untuk memberikan hak-hak tersebut pada mereka yang membutuhkan.

Alokasi anggaran kemanusiaan bisa berupa sedekah, perpuluhan, pemberian untuk orang tua, membeli makanan untuk dibagi ke anak jalanan, dan masih banyak lagi kegiatan sejenis.

2 dari 6 halaman

Anggaran Keuangan

Ilustrasi anggaran keuangan © Diadona

Nggak selalu pengeluaran yang kita lakukan bertujuan konsumtif. Selain membeli barang, kita juga perlu menganggarkan dana untuk kebutuhan pertumbuhan keuangan.

Anggaran keuangan bisa diwujudkan dalam bentuk tabungan, asuransi, atau investasi.

3 dari 6 halaman

Anggaran Kebutuhan

Ilustrasi belanja bulanan © Diadona

Salah satu yang paling penting dalam penganggaran adalah alokasi kebutuhan bulanan. Seperti kita tahu, kebutuhan tergolong dalam tiga kelompok; primer, sekunder, dan tersier. Dalam anggaran kebutuhan, utamakanlah pemenuhan kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Alokasi anggaran kebutuhan akan terwujud dalam kegiatan belanja bulanan, pembayaran berbagai tagihan rutin seperti listrik, air, dan internet, serta biaya operasional seperti kebutuhan transportasi.

4 dari 6 halaman

Anggaran Pelunasan

Cicilan kendaraan bermotor © Diadona

Hidup tanpa utang bukan tidak mungkin, namun sebagian besar dari kita juga kerap mengambil sesuatu dengan berutang sebagai langkah strategis agar memiliki suatu aset. Oleh karena itu, pelunasan berbagai utang dan cicilan tersebut juga harus dimasukkan dalam anggaran bulanan.

Anggaran pelunasan akan meliputi pembayaran cicilan KPR, motor, mobil, serta utang-utang lain kepada pihak-pihak tertentu.

5 dari 6 halaman

Anggaran Hiburan

Ilustrasi penonton bioskop © Diadona

Meneruskan dari anggaran kebutuhan, salah satu yang tergolong sebagai kebutuhan tersier adalah hiburan. Meski demikian, kebutuhan akan hiburan bisa dikatakan sebagai kebutuhan tersier yang harus disempatkan. Tujuannya adalah sebagai penyeimbang dan reward atas kerja keras yang sudah dilakukan selama ini. Untuk mengontrol agar pengeluaran dalam rangka hiburan menjadi terlalu besar, maka perlu untuk dimasukkan ke dalam anggaran bulanan.

Anggaran hiburan akan meliputi pembelian tiket transportasi untuk berlibur, biaya tiket konser atau bioskop, serta berbagai pembelian untuk kebutuhan hobi.

Beri Komentar