Ide Pintar dan Solutif Cara Penataan Jemuran buat Rumah Minimalis, Patut Dicoba Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 18 Agustus 2020 16:05
Ide Pintar dan Solutif Cara Penataan Jemuran buat Rumah Minimalis, Patut Dicoba Moms!
Jangan asal menempatkan jemuran ya. Yuk tata biar ruang makin fungsional!

Umumnya, kebanyakan ibu rumah tangga sering menempatkan secara asal letak area jemuran. Mereka menganggap bahwa posisi pas untuk menjemur adalah pada area yang terpapar matahari. Padahal, sisi ruang yang biasanya ditempatii jemuran bisa dimanfaatkan lebih fungsional lagi lho Moms.

Sebagai contoh, area jemuran yang biasa diletakkan pada halaman belakang rumah seharsnya area tersebut bisa dijadkan ruang kumpul dan berekspresi saat acara keluarga. Nah, pleh sebab itu, penting juga untuk memikirkan cara yang pas dalam merancang tempat jemuran di rumah khususnya pada hunian minimalis.

1 dari 3 halaman

Loteng Rumah

Ilustrasi Area Jemuran © Diadona

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan area jemuran pada loteng rumah. Moms hanya cukup memberi tangga kecil yang dapat digunakan kapan pun saat menaikkan dan menurunkan jemuran. Nah, keberadaan loteng ini pun alangkah lebih baik jika berada dekat dengan ruang service lainnya sepertii laundry dan area dapur.

Dengan melakukan hal ini, tentu akan memberikan zona yang jelas antara area publik, area privasi, dan area servis. Jemuran pada loteng ini memang didesain pada rumah dua lantai yang membutuhkan lantai dak atau lantai beton.

2 dari 3 halaman

Jemuran Pada Rumah Satu Lantai

Ilustrasi Area Jemuran © Diadona

Untuk rumah yang dirancang hanya atau lantai, Moms bisa menyiapkan area secukupnya di lantai dua yang diakses melalui tangga putar sehingga cukup untuk dipakai sebagai tempat jemuran. Penggunaan tangga putar ini jelas saja murah dan mudah karena hanya terbuat dari bahan besi. Selain itu, tangga putar juga hanya memerlukan ruang yang kecil untuk penempatannya.

Cara lain yang unik dan menarik adalah menempatkan area jemuran di bagian depan rumah, dekat carport ataupun taman depan. Tak lupa, tambahkan juga dinding partisi yang akan menutupi view area jemuran dari arah luar. Dinding partisi ini bisa menggunakan bahan material dari bata, roster, ataupun kisi-kisi kayu.

3 dari 3 halaman

Jemuran Pada Depan Rumah

Ilustrasi Area Jemuran © Diadona

Selain dapat menjadi tambahan fasad yang unik, area jemur yang ada di depan rumah akan menjadi ruang transisi berupa pintu samping yang dapat digunakan salah satu penghuni, misalnya anak, atau pembantu untuk masuk ke dalam rumah jika di ruang tamu ataupun ruang keluarga sedang digunakan untuk menerima tamu penting atau pertemuan yang tidak bisa diganggu.

Moms, itulah beberapa ide area jemuran yang dapat Moms tiru di ruamh. Bagaimana, siap untuk mengubah tatanannya? Semoga terinspirasi ya.

Beri Komentar