7 Tips Pasang Cermin di Dinding, Praktis dan Pastinya Estetik Banget

Reporter : Yoyok
Rabu, 28 Februari 2024 16:55
7 Tips Pasang Cermin di Dinding, Praktis dan Pastinya Estetik Banget
Masang cermin gak cuma asal dipaku di dinding ya, banyak hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa tips pasang cermin di dinding memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Namun, pastinya hasilnya bakal memuaskan jika kamu sukses mengaplikasikannya. Nantinya, dekorasi kamar atau ruangan bakal jadi lebih cantik dengan adanya cermin.

Cermin sudah menjadi salah satu benda di rumah yang keberadaannya penting. Awalnya, cermin berfungsi untuk berkaca demi memaksimalkan penampilan seseorang. Cermin sudah menjadi salah satu penemuan di dunia yang sangat bermanfaat.

Namun, kini cermin memiliki fungsi lain. Tidak hanya sebagai alat yang dapat memaksimalkan penampilan seseorang, cermin juga mampu memaksimalkan dekorasi ruangan. Cermin kini dapat berfungsi sebagai hiasan atau furnitur aksesoris di kamar maupun ruang tamu sekalipun.

Cermin biasanya digantungkan atau dipasang menempel di dinding. Namun, Kamu tidak bisa sembarangan memposisikan cermin di dinding. Banyak aspek yang perlu diperhatikan sebelum memasang cermin di dinding.

Tim Diadona telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk memasang cermin di dinding. berikut ini beberapa tips pasang cermin di dinding yang bisa dilakukan.

1 dari 7 halaman

Ukuran

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© unsplash.com/Roger Bradshaw

Tips pertama dalam memasang cermin di dinding yaitu perhatikan ukurannya. Ukuran cermin yang pas dengan ruangannya akan membuat suasana jadi jauh lebih estetik.

Sebaiknya gunakan cermin dengan ukuran tiga per empat dari luas dinding. Cermin yang terlalu besar hanya akan menganggu aktivitas di kamar, sedangkan yang terlalu kecil jadi tidak efektif untuk digunakan.

2 dari 7 halaman

Lokasi

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© unsplash.com/Liza Pooor

Tips kedua dalam memasang cermin di dinding yaitu dengan memerhatikan lokasi atau spot penempatannya. Lokasi cermin juga berpengaruh dalam nilai estetik di dalam ruangan tersebut.

Sebaiknya, letakkan cermin di seberang jendela. Posisi ini akan memungkinkan cermin dapat memantulkan cahaya yang masuk dari luar kamar.

3 dari 7 halaman

Jenis Cermin

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© unsplash.com/Spacejoy

Pemilihan jenis cermin yang tepat juga bisa menjadi tips memasang cermin di dinding lho. Terdapat dua jenis cermin yang memiliki fungsi berbeda untuk ruangan.

Cermin biasa dengan pantulan sempurna dapat membuat ruangan jadi terasa lebih luas. Sedangkan jika ingin ruangan terasa lebih elegan dan cozy, kamu bisa mencoba bronze mirror.

4 dari 7 halaman

Jenis Dinding

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© unsplash.com/Luis Villasmil

Sebelumnya kita membahas jenis cermin yang bisa kamu aplikasikan di dinding rumah. Namun, kamu juga perlu memerhatikan jenis dinding rumahmu sendiri.

Jenis dinding menentukan alat apa nantinya yang akan kamu gunakan untuk memasang cermin. Jika salah saja, maka cermin bisa jatuh dan auto pecah. Tentunya kamu tidak menginginkan hal itu terjadi.

5 dari 7 halaman

Tebal Cermin

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© unsplash.com/Giorgio Trovato

Disebutkan sebelumnya, kamu perlu memerhatikan yang namanya ukuran cermin. Namun, yang tidak kalah penting adalah kamu juga perlu memerhatikan ketebalan cermin.

Ketebalan cermin yang ideal untuk digunakan adalah minimal 5 milimeter. Gunakan cermin frameless dengan ketebalan seperti itu di bidang yang luas. Usahakan untuk tidak menggunakan cermin dengan ketebalan di bawa 5 milimeter.

6 dari 7 halaman

Cara Pasang

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© shutterstock.com

Kamu juga perlu memerhatikan cara pasang cermin pada dinding. palagi untuk cermin tanpa bingkai alias frameless, tentunya tidak akan semudah dengan yang berbingkai.

Kamu bisa melubangi bagian pojok dari cermin jika memasang dengan sekrup. Kamu juga bisa menggunakan lem, namun usahakan di bagian dinding yang digunakan, terpasang plywood. Gunakan lem khusus cermin dan oleskan di beberapa titik di bagian belakang cermin.

7 dari 7 halaman

Cermin Tempered Glass

Tips Pasang Cermin di Dinding © Diadona© shutterstock.com

Selalu gunakan cermin berbahan tempered glas untuk dipasangan di dinding. Hal ini dikarenakan bakal diletakkan di dinding, dimana bakal rawan jatuh dan pecah.

Jika jatuh dan pecah, nanti pecahan cermin tempered glass akan terlihat seperti kristal dan berpkilauan. Hal ini bakal meminimalisir risiko cedera jika terkena pecahannya karena mudah terlihat.

Itulah beberapa tips pasang cermin di dinding yang bisa kamu coba Diazens. Selamat memasang cermin ya.

Beri Komentar