6 Jenis Sukulen yang Mudah Dirawat dan Cocok Jadi Tanaman Hias Mini!

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 24 Oktober 2020 13:02
6 Jenis Sukulen yang Mudah Dirawat dan Cocok Jadi Tanaman Hias Mini!
Sukulen atau succulents dalam bahasa Inggris termasuk salah satu tanaman yang tumbuh subur saat terjadi pandemi.

Cara perawatannya yang mudah dan jenisnya yang beragam membuat sukulen banyak dirawat orang. Sukulen memang berbeda dengan kaktus, namun banyak orang yang masih menganggap kedua tanaman ini sebagai kaktus.

Tanaman sukulen merupakan tanaman yang bersifat penyerap yang menyimpan air pada batangnya dan memiliki kelopak mirip daun. Namun, kaktus memiliki daun berupa duri.

Tak hanya dekorasi di halaman rumah, sukulen juga bisa ditempatkan di dalam ruangan. Dengan berbagai jenis dan warna membuat ruangan semakin nyaman dan sejuk.

Agar sukulen tumbuh dengan baik, mereka harus mendapat sinar matahari. Selain itu, sukulen juga tidak membutuhkan terlalu banyak air, dapat disiram seminggu sekali, bergantung kondisi media tanam.

Dilansir dari dekoruma, sabtu (22/10/2020), berikut enam jenis sukulen yang menarik dan eye-catching. Apa saja tuh?

1 dari 6 halaman

1. Sukulen Ariocarpus

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Sukulen ini berukuran sangat kecil, memiliki bentuk utama prisma yang unik dengan berbagai ujung, seperti tumpul, runcing hingga melengkung. Pada bagian bunga tanaman ini berukuran batang dan menghasilkan warna yang bervariasi seperti merah jambu, ungu, merah, hingga kuning.

2 dari 6 halaman

2. Sukulen Ecevera Minima

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Sukulen ini memiliki tampilan yang bertumpuk dan menjulang ke atas. Ukurannya yang sangat kecil, tanaman ini juga memiliki warna yang khas yaitu hijau tua dengan semburat kemerahan di ujung daunnya.

3 dari 6 halaman

3. Sukulen Echeveria Agavoides Ebony

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Tanaman sukulen ini juga memiliki ukuran yang kecil dan sangat cocok ditempatkan di meja kerja atau ruang keluarga, memiliki warna merah yang sangat dominan sehingga akan memberikan kontras warna yang menarik pada rumah.

4 dari 6 halaman

4. Sukulen Pink Moonstone

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Jenis sukulen ini tergolong mungil karena hanya akan tumbuh hingga ukuran di bawah 15 cm, tanaman sukulen ini juga hadir dengan warna-warna mencolok seperti merah hingga hijau alami. Ditempatkan sempurna di dalam ruangan, tanaman sukulen ini bisa menghasilkan bunga berbentuk bintang dengan warna pink yang menawan.

5 dari 6 halaman

5. Sukulen Zebra

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Sukulen ini memiliki bentuk yang unik karena memiliki garis-garis bening dengan motif zebra. Bentuknya mungil, tanaman ini bisa diletakkan di dalam pot kecil. Dalam kurun waktu tertentu tanaman ini bisa menghasilkan bunga kuning yang sangat menawan dan indah.

6 dari 6 halaman

6. Sukulen Jade

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Memiliki bentuk yang sangat unik dan estetis, sukulen jade terlihat seperti miniatur pohon. Tanaman sukulen ini berukuran sedang dengan batang utama tebal di tengah, sedangkan daunnya muncul dari semua sisi. Sukulen jade juga bisa menghasilkan bunga berbentuk bintang.

Mana nih sukulen favoritmu? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar