Asrinya 8 Desain Taman Tropis Minimalis Ini, Bikin Hunian Jadi Makin Adem!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 April 2024 20:44
Asrinya 8 Desain Taman Tropis Minimalis Ini, Bikin Hunian Jadi Makin Adem!
Buat taman tropis minimalis yang rimbun ala kamu dengan inspirasi desain yang bisa kamu temukan di sini!

Bagi kamu yang lagi cari desain taman untuk di rumah, taman tropis minimalis bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang suka taman rimbun dan teduh! Apa bedanya taman tropis dengan taman biasa? Bedanya ada di taman tropis yang merupakan versi taman dari hutan rimbun, jadi bisa dibilang taman tropis adalah hutan rimbun mini yang ada di hunianmu.

Karakteristik taman tropis adalah tidak ada batas dalam jenis tanaman yang berarti kamu bisa tanam tumbuhan tropis apapun yang kamu suka serta kontur tanahnya yang tidak terlalu rata. Hal ini untuk mempertegas penampilan seperti hutan tropis yang asli. Untuk taman tropis minimalis, kamu bisa mengatur sedikit jenis tanaman yang akan ditanam supaya terlihat lebih seragam dan harmonis serta memadu padankan desain taman dengan struktur taman yang lebih rapi dan simpel.

Jangan lupa untuk siapkan sumber air yang melimpah untuk menyirami taman tropis minimalis di hunianmu karena sangat penting untuk menjaga kelembapan taman. Tidak lupa untuk gunakan tanah organik yang penuh dengan zat hara untuk menjaga keasrian para tanaman! 

Nah, langsung aja yuk cek desain taman tropis minimalis yang kira-kira cocok untukmu!

 

1 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Pojok Rumah

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Masih punya sisa lahan tanah di pojok-pojok rumah? Kamu bisa gunakan desain taman tropis minimalis yang satu ini! Sebenarnya tidak perlu desain yang sangat detail dan juga tidak perlu renovasi yang berlebihan karena kamu hanya perlu menanam berbagai tanaman tropis dengan daun lebar yang tinggi di lahan yang kamu miliki.

Walaupun bagian tanahnya tertutup oleh daun yang lebat, kamu bisa gunakan batu alam bertekstur kasar untuk lengkapi taman tropis minimalis di pojok rumah ini. Cocok banget untuk kamu yang punya sisa lahan di bagian outdoor rumah dan memiliki rumah dengan bangunan yang cenderung tinggi karena akan terlihat serasi dengan pohon tropis yang tinggi!

 

2 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Hemat Tempat

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman tropis minimalis selanjutnya tidak memerlukan lahan tanah yang luas karena memanfaatkan pot besi yang kokoh dan cukup untuk menahan tanaman-tanaman tropis di atasnya. Kamu bisa gunakan tanaman dengan daun lebar untuk menciptakan suasana yang asri dan kesan yang rimbun.

Karena menggunakan pot sebagai wadah media tanamnya, taman tropis minimalis ini bisa dibilang taman yang portabel, loh! Cocok untuk kamu yang huniannya minim tanah, seperti di apartemen!

 

3 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Ala Bali

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman tropis minimalis ala Bali adalah impian banyak orang untuk diwujudkan di hunian mereka masing-masing karena terlihat cantik dan membantu kamu healing dari perasaan-perasaan negatif. Desain ala Bali ini bisa dengan mudah kamu ikuti, loh!

Gunakan pohon palem hias dan pohon monstera deliciosa dan tanam dengan posisi yang sejajar dan rapi. Tidak lupa tanam yang banyak supaya daunnya bertumpah ruah ke daerah jalan karena desain taman tropis minimalis ini paling cocok digunakan untuk daerah jalan kaki!

 

4 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Ala Hotel

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Tidak sulit untuk bangun taman tropis minimalis di pojok halaman belakang rumah dengan tampilan ala taman tropis milik hotel. Buat lahan mepet dinding dengan barikade depan taman yang kreatif, seperti bangku taman atau kolam ikan.

Taman berbagai tanaman tropis dengan daun panjang dan lebar, seperti calathea lutea yang mirip dengan pohon pisang atau bunga canna lily untuk memberikan warna cantik pada taman tropis minimalis milikmu. 

 

5 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Sederhana Samping Rumah

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Desain taman tropis minimalis untuk pekarangan di samping rumah lebih cocok menggunakan konsep yang rapi dan sejajar dibandingkan konsep yang alami. Tanam calathea lutea dengan posisi yang seragam dan rapi.

Gunakan juga tanaman rimbun kecil bentuk bulat yang rendah untuk membingkai pekarangan dan memperkaya suasana taman samping rumah. Jangan lupa gunakan rumput gajah yang rimbun dan tambahkan jalan setapak supaya lebih asri. 

 

6 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Penghubung Rumah

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman tropis minimalis yang didesain sedemikian rupa untuk dijadikan penghubung rumah bisa jadi healing spot dan common space di rumah yang pastinya jadi tempat favorit keluarga. Gunakan rumput gajah dengan rimbun dan buat jalan setapak yang menyambungkan tempat di rumah.

Tanam berbagai pohon yang rindang di bagian dinding taman, seperti pohon buah atau pohon tabebuya yang cantik. Kamu juga bisa tambahkan tumbuhan merambat dan tanaman-tanaman hias dalam pot di pinggiran halaman taman tropis minimalis.

 

7 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Dalam Rumah

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Memanfaatkan lahan sisa di bagian belakang dalam rumah, desain taman tropis minimalis ini bisa bantu rumahmu terlihat luas dan semakin asri. Kesan elegan yang mewah juga bisa kamu dapatkan dengan bantuan tanaman merambat di dinding belakang rumah dan pohon palem yang besar.

Kamu bisa kosongkan bagian tengah taman tropis minimalis dan membingkai taman dengan berbagai jenis tanaman, mulai dari yang ada di pot sampai ke yang ditanam langsung ke tanah. Untuk pojok taman yang paling jauh dari bagian kediaman, gunakan pohon paling rindang kesukaanmu untuk menambahkan kesan majestic pada tamanmu.

 

8 dari 9 halaman

Taman Tropis Minimalis Depan Rumah

Taman Tropis Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman tropis minimalis untuk bagian depan rumah adalah desain yang cukup tricky karena harus ditemukan balance antara konsep tropical dan minimalis dari desain yang tidak akan overpowering bagian fasad rumah.

Gunakan satu pohon berdaun lebar untuk meneduhi bagian yang ingin kamu jadikan focal point taman dan isi sisa taman dengan tanaman rindang atau tanaman gantung. Biasanya pohon buah juga jadi pilihan utama untuk mengisi taman tropis minimalis di depan rumah.

9 dari 9 halaman

Ada banyak ya desain taman tropis minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi! Jangan lupa untuk selalu lakukan perawatan secara berkala supaya tanaman yang mati atau mulai layu tidak memengaruhi penampilan tamanmu! Desain mana yang paling kamu suka, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul 

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Taman Kaktus Minimalis yang Bagus, Hiasi Hunian dan Mudah Dirawat! 8 Desain Rumah Memanjang ke Samping yang Mewah dan Futuristik 8 Desain Tampak Depan Rumah Bata Merah yang Eksotik, Perpaduan Modern dan Tradisional yang Unik 8 Inspirasi Kombinasi Cat Kamar 2 Warna Lembut yang Aesthetic, Cantik dan Keren! Kapan Kasur Harus Diganti? Kenali Tanda-Tandanya!

Beri Komentar