8 Inspirasi Desain Taman Kaktus Minimalis yang Bagus, Hiasi Hunian dan Mudah Dirawat!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 2 April 2024 22:49
8 Inspirasi Desain Taman Kaktus Minimalis yang Bagus, Hiasi Hunian dan Mudah Dirawat!
Temukan desain taman kaktus minimalis yang cocok untuk hunianmu di sini!

Taman kaktus minimalis adalah pilihan yang bagus untukmu yang lagi bingung cari jenis taman apa yang harus dibangun di rumah supaya suasana hunian terasa lebih asri. Kenapa begitu? Ini karena taman kaktus termasuk ke dalam jenis taman yang low maintenance atau tidak perlu perawatan sebanyak taman hunian pada umumnya! Hal ini juga karena taman kaktus biasanya termasuk ke dalam taman kering karena habitat asli kaktus yang kering dan panas, seperti gurun.

Hal-hal yang harus diingat saat menanam kaktus adalah menyimpannya di tempat yang memiliki sedikit kandungan air dan terkena sinar matahari langsung. Kamu bisa menyiram taman kaktus minimalis minimal 6 minggu sekali dan jangan biarkan tanaman kaktus terkena hujan karena berpotensi merusak tanaman.

Kelebihan menyimpan tanaman kaktus di dalam rumah adalah salah satu fungsi kaktus yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang dapat membantu menyegarkan kualitas udara di dalam hunian. Selain tampilan hunian yang jadi tambah asri, hunian juga bisa jadi tambah segar! Di bawah ini ada beragam desain taman kaktus minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk taman di rumah. Check it out!

 

1 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Sempit Ala Kafe

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest/Dzitiya maharani

Desain taman kaktus minimalis yang pertama mengadaptasi bentuk taman sempit mepet dinding yang biasanya digunakan oleh berbagai kafe. Kalau kamu hanya punya sedikit lahan tersisa dengan lokasi mepet dinding seperti ini, berarti desain ini paling cocok untukmu!

Gunakan jenis kaktus yang bertumbuh tinggi dan individualis atau tidak berkelompok, contohnya seperti kaktus lilin. Supaya taman kaktus minimalis ala kafe milikmu tidak terlihat monoton, selingi dengan tumbuhan lain selain kaktus, seperti pohon dengan banyak daun atau pohon berbunga supaya tamanmu terlihat semakin cantik!

 

2 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Depan Rumah

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest/Intan Salsabila

Mirip dengan desain sebelumnya, penerapan desain taman kaktus minimalis yang satu ini bisa kamu gunakan untuk bagian depan rumah. Hanya memerlukan lahan kecil memanang kamu sudah bisa bangun taman kecil yang cantik dan mudah dirawat.

Terlihat harmonis dengan warna putih, taman kaktus minimalis ini tidak akan terlihat lusuh jika dibandingkan dengan hunianmu yang bercat putih. Untuk menambah suasana yang hangat dan kalau kamu ingin taman yang lebih aesthetic dan trendy kamu bisa tambahkan lampu sorot mini berwarna hangat atau kuning!

 

3 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Dengan Batu Alam

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest/Annette

Pojok-pojok rumah terasa kosong? Kamu bisa isi lahan pojok yang kosong dengan taman kaktus minimalis! Karena termasuk ke dalam jenis taman yang kering, kamu bisa dengan mudah bangun taman kaktus di pojok rumah.

Kamu hanya butuhkan tanah berpasir yang dicampur dengan kerikil untuk digunakan sebagai dasar dari taman kaktus minimalis ini. Gunakan kaktus lilin yang panjang-panjang supaya terlihat chic dan minimalis. Tambahkan batu alam berbagai warna di atas tanah supaya taman mini ini terlihat bersih karena berada di dalam rumah.



4 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Indoor Taman Kering

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest/Utropia Landscaping

Desain taman kaktus minimalis yang satu ini cocok untuk kamu yang masih memiliki banyak sisa lahan tanah di dalam rumah. Mengubahnya menjadi taman kaktus dapat menciptakan suasana baru yang segar di dalam rumah dan tidak akan menambah pekerjaan dalam membersihkan rumah karena kering!

Gunakan tanaman kaktus dengan jenis yang bervariasi serta batu alam berbagai warna supaya tamanmu terlihat ramai dan tidak membosankan. Jangan lupa untuk beri jarak antara tanaman kaktus karena tanaman kaktus memiliki jangkauan akar yang luas. Hal ini supata taman kaktus milikmu bisa bertahan lama dan tetap hidup dengan cantik.

 

5 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis DIY Portabel

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest

Desain taman kaktus minimalis yang keenam ini merupakan jenis taman yang bisa kamu buat sendiri dengan berbagai ukuran yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu siapkan wadah taman kaktus mini, baik beli baru yang lucu atau manfaatkan yang ada di rumah, dan berbagai jenis kaktus mini yang ingin kamu pajang di rumah.

Menyusun taman kaktus minimalis mini bisa jadi kegiatan yang menyenangkan di saat sedang senggang. Desain ini cocok untuk kamu yang tinggal di rumah tanpa lahan tanah, seperti apartemen. Tidak ada yang seharusnya menghalangi kamu dari memiliki taman kaktus yang lucu di rumah!

 

6 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Minim Lahan

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest

Desain taman kaktus minimalis yang selanjutnya juga masih diperuntukkan untuk kamu yang tidak memiliki sisa lahan tanah yang bisa ditanami dan disulap menjadi taman kaktus. Merawat kaktus di pot tentu saja berbeda dengan membangun taman kaktus, tetapi bagaimana kalau mereka berjumlah lebih dari 5 dan berkelompok jadi 1?

Kamu bisa kumpulkan berbagai jenis pot yang lucu dan tanami dengan berbagai jenis kaktus yang kamu sukai dan tambahkan batu alam sesuai selera. Kemudian, kumpulkan pot-pot tersebut di satu lokasi untuk menciptakan kesan taman berpot yang cantik dan lucu! Kamu juga bisa tambahkan beberapa tanaman selain kaktus, seperti puring atau palem kecil.

 

7 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Aesthetic Indoor

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest/Geethu Mohan Das

Punya lahan sisa di pojok rumah yang aesthetic? Ubah saja jadi taman kaktus minimalis yang terlihat keren! Buat pemisah tanah dengan warna yang senada dengan lantai dan cat dinding serta gunakan batu alam yang senada juga supaya terlihat harmonis dan enak dilihat.

Untuk desain taman kaktus minimalis yang ini, gunakan kaktus dengan bentuk bulat atau yang berbunga, seperti echinocactus grusonii dan melocactus azureus. Tambahkan juga boohon berukuran sedang dengan daun yang tidak terlalu hijau serta tanaman daun lancip seperti palem mini atau siklok yang dapat membantu menciptakan vibes gurun.

 

8 dari 9 halaman

Taman Kaktus Minimalis Sederhana

Taman Kaktus Minimalis © Diadona© Pinterest

Desain taman kaktus minimalis yang terakhir adalah desain yang sederhana dan dapat kamu ikuti dengan mudah tanpa harus memiliki lahan yang besar serta cocok dibangun di bagian hunian manapun, baik indoor maupun outdoor.

Kamu hanya perlu siapkan berbagai jenis kaktus mini yang lucu dan kamu sukai serta tanah pasir berwarna terang. Desain taman kaktus minimalis yang ini memiliki konsep seperti tiruan gurun berukuran mini dengan tambahan pohon palem mini dan batu alami. Lucu bukan?

 

9 dari 9 halaman

Menarik juga ya ternyata! Tidak hanya taman basah berwarna hijau yang bagus untuk menghiasi rumah, taman kaktus minimalis ternyata juga bisa memberikan hembusan suasana baru untuk hunian. Selain itu, kaktus tidak perlu banyak perawatan seperti taman basah pada umumnya. Sudah tertarik atau belum nih untuk bangun taman kaktus di rumahmu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar