5 Rekomendasi Kayu untuk Kusen yang Solid dan Estetik

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 4 Mei 2024 16:00
5 Rekomendasi Kayu untuk Kusen yang Solid dan Estetik
Bahan material rumah jangan pilih yang jelek ya!

Sudah bukan rahasia lagi kalau kusen rumah memanglah membutuhkan bahan utama yaitu kayu yang berkualitas. Pasalnya, jika menggunakan kayu yang kualitasnya jelek, maka kusen akan mudah rusah ketika terkena lembap ataupun berubah bentuk karena faktor suhu yang berubah-ubah.

Sebetulnya bisa saja menggunakan kusen alumunium ataupun cor/beton untuk bahan kusen, namun kayu memiiki keindahan yang berbeda. Apalagi kayu yang digunakan memiliki kualitas bagus, kekuatannya nggak kalaj dari kusen alumunium ataupun cor.

Nah, di dalam artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi kayu untuk kusen yang bisa kamu jadikan referensi. So, langsung saja kita simak artikelnya sampai habis ya Diazens!

1 dari 5 halaman

Rekomendasi Kayu untuk Kusen © Diadona© Shutterstock.com

Kayu Jati

Kayu jati dikenal karena kekuatannya yang luar biasa dan tahan terhadap serangan rayap serta kelembaban. Selain itu, warna kayu jati yang kaya dan polanya yang menarik membuatnya menjadi pilihan populer untuk kusen.

Meskipun harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, investasi dalam kayu jati dapat menjadi pilihan yang bijaksana karena daya tahannya yang luar biasa.

2 dari 5 halaman

Kayu Kamper

Kemudian yang kedua ada kayu Kamper. Kayu kamper merupakan pilihan yang ekonomis namun tetap memiliki kualitas yang baik untuk kusen. Kayu ini tahan terhadap serangan rayap dan kelembaban, membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai kondisi lingkungan.

Yang cukup unik adalah Kayu kamper memiliki warna coklat tua hingga merah kecoklatan dengan serat yang menarik. Kalau untuk harga kayu Kamper ini lebih terjangkau daripada kayu Jati ya.

3 dari 5 halaman

Rekomendasi Kayu untuk Kusen © Diadona© Shutterstock.com

Kayu Merbau

Selanjutnya ada kayu Merbau. Kayu ini sendiri termasuk dalam kategori kayu keras. Bahkan, Kayu merbau juga memiliki kepadatan yang tinggi, yang bisa jadi lebih berat dibandingkan dengan banyak jenis kayu lainnya.

Untuk seratnya, kayu ini memiliki warna coklat tua hingga merah kecoklatan dengan serat yang menarik. Dan yang bisa jadi poin plus dari kayu ini adalah tidak mudah mengalami perubahan ukuran akibat perubahan kelembaban.

4 dari 5 halaman

Kayu Meranti

Rekomendasi kayu untuk kusen yang selanjutnya ada kayu Meranti. Kayu ini sering dipilih karena ketersediaannya yang luas dan harganya yang terjangkau. Meskipun tidak sekuat kayu jati atau merbau, kayu meranti masih cukup tahan terhadap serangan rayap dan kelembaban.

Selain itu, kayu ini juga stabil dan bagus digunakan sebagai material penyusun struktur bangunan, termasuk pembuatan kusen. Bahkan, kayu Meranti ini juga cocok untuk membuat rangka atap bangunan seperti usuk dan reng.

5 dari 5 halaman

Rekomendasi Kayu untuk Kusen © Diadona© Shutterstock.com

Kayu Mahoni

Terakhir untuk rekomendasi kayu untuk kusen ada kayu Mahoni ya Diazens. Kayu mahoni ini jauh lebih terjangkau apabila berbicara soal harga, kualitasnya pun hampir setara dengan kayu jati.

Kemudian yang membuat kayu ini sangat cocok untuk digunakan adalah Mahoni memiliki serat yang sangat halus. Selain itu, kayu mahoni tak mudah menyusut dan berubah bentuk jika digunakan untuk pembuatan kusen.

Jadi itu ya Diazens beberapa rekomendasi kayu untuk kusen yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Pastikan kamu memiih kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan juga konsep yang kamu buat di rumah kamu ya Diazens.

Beri Komentar