6 Inspirasi Desain Taman Jepang Minimalis Untuk Hunian Asri dan Rindang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Maret 2024 21:17
6 Inspirasi Desain Taman Jepang Minimalis Untuk Hunian Asri dan Rindang
Taman Jepang minimalis ini makin melengkapi keasrian hunianmu, bisa kamu bangun di depan rumah, samping, hingga bagian dalam rumahmu!

Taman Jepang minimalis adalah salah satu desain taman yang banyak digemari oleh orang-orang karena desainnya yang sederhana dan estetik serta nilai filosofis di balik setiap pembangunan tamannya. Tidak hanya karena itu, banyaknya penggemar budaya Jepang juga sering mengikuti desain taman yang terinspirasi dari negeri matahari terbit ini.

Ada beberapa unsur ciri khas dari desain taman jepang minimalis, yaitu tanaman membulat (bonsai atau pohon dibentuk bulat), batu koral, kolam ikan koi, dan beberapa hiasan khas lainnya. Unsur-unsur ini memiliki arti tersendiri di dalam budaya Jepang. Nah, without further ado, yuk kita cek desain taman Jepang minimalis yang bisa jadi inspirasi untuk hunian kita!

 

1 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Dengan Kolam Ikan Batu

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman Jepang minimalis yang pertama adalah taman bergaya Jepang dengan kolam ikan koi yang dikebangun dari batu alam. Banyak taman di rumah Jepang yang membangun kolam untuk ikan koi karena ikan koi dianggap melambangkan kesempurnaan dan keindahan. Selain itu, ikan koi juga dianggap sebagai salah satu lambang menuju kesuksesan.

Batu alam dengan berbagai ukuran digunakan untuk membangun pondasi kolam yang memberikan kesan natural dan alami serta membentuk kolam yang menyerupai mata air alami. Cocok banget buat kamu yang ingin bangun taman Jepang minimalis sekaligus kolam ikan!

 

2 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Kering Simpel

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest/diyplanting

Taman Jepang minimalis yang selanjutnya adalah taman kering bergaya Jepang. Taman ini disebut taman kering karena pada dasarnya tidak terdiri dari tanah dan tanaman yang basah. Taman dengan jenis ini bisa dengan fleksibel kamu letakkan di bagian hunian manapun.

Taman ini adalah versi kecil dari taman Jepang minimalis Zen yang mengadopsi prinsip zen di dalamnya. Prinsip filosofis zen adalah kesederhanaan, kealamian, dan kecermatan yang tercerminkan melalui komposisi taman, yaitu batu, kerikil, pasir, dan tanaman hias.

 

3 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Sederhana Air Mancur

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest/emmarfk

Taman Jepang minimalis yang ketiga adalah taman minimalis bergaya Jepang dengan air mancur berbahan bambu. Ornamen yang terbuat dari bambu ini adalah salah satu ornamen taman yang banyak sekali digunakan di taman-taman di Jepang.

Suara gemericik air yang konstan memberikan ketenangan yang unik. Tanaman hias yang sederhana juga menemani pandangan mata yang haus. Selain itu, penggunaan batu alam besar yang bersanding dengan air mancur terlihat duduk dengan cantik dalam taman Jepang minimalismu.

 

4 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Khas Bonsai

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest

Taman Jepang minimalis yang satu ini mengumpulkan beragam ukuran bonsai sebagai poin utama daya tariknya. Karena sifat tamannya yang kering, desain taman ini bisa diletakkan di dalam rumah dan berdiri dengan cantik.

Komposisi tamannya sangat sederhana karena mengikuti prinsip filosofis zen, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kamu hanya perlu batu kerikil hias, pasir, batu alam, dan tentunya tanaman bonsai yang kamu sukai. Sstt, cocok banget buat kamu yang hobinya mengoleksi dan merawat berbagai jenis tanaman bonsai!

 

5 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Pondok Modern

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest/jitsam

 

Taman Jepang minimalis yang satu ini terlihat lumayan besar padahal bisa kamu wujudkan dengan simpel, loh! Asalkan ada lahan untuk membangun pondok khas Jepang, tamanmu bisa dengan mudah terwujud. Pondok kecil modern khas Jepang biasnya bermaterial utama kayu dan warnanya bisa disesuaikan dengan seleramu.

Baru kerikil hias dan pasir juga dibutuhkan untuk menghiasi lantai tamanmu sambil disandingkan dengan batu alam sebagai pijakan-pijakan yang terlihat cantik menuju ke pondok. Tidak lupa tanaman hias, mulai dari yang tinggi sampai ke pohon bulat yang imut.

 

6 dari 7 halaman

Taman Jepang Minimalis Estetik Nuansa Hijau

Taman Jepang Minimalis © Diadona© Pinterest/InteriorFornitureDesign

Taman Jepang minimalis yang terakhir adalah taman minimalis yang dipenuhi dengan tanaman berwarna hijau. Tidak semuanya berasal dari pohon yang hijau, loh! Ada juga batu besar yang dipenuhi dengan lumut yang unik dan cantik. Penggunaan lumut sebagai salah satu hiasan di taman bergaya Jepang adalah karena taman lumut merupakan salah satu desain taman dengan prinsip zen yang populer.

Desain yang sangat sederhana namun cantik dan terlihat magis ini tentu dapat dengan mudah kamu ikuti karena komposisinya yang sederhana. Pasir hias putih yang membentuk jalan dalam taman ini terlihat sangat serasi dan cocok dengan warna hijau dari tanaman. Cocok banget untu kamu yang menyukai taman hijau yang asri!

 

Beri Komentar