Pentingnya Merancang Sirkulasi Udara yang Baik untuk Rumah Tetap Sehat

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 6 Mei 2021 16:00
Pentingnya Merancang Sirkulasi Udara yang Baik untuk Rumah Tetap Sehat
Pergerakan dan kualitas udara dalam hunian adalah hal terpenting yang harus diperhatikan, Moms!

Dahulu ventilasi dianggap satu hal yang kurang diperhatikan lantaran konstruksi banguan tempo dulu yang sudah bisa mengalirkan pergantian udara. Seiring perkembangan zaman, rumah modern muncul sehingga banyak sekali bangunan yang memiliki desain ventilasi sebagai pergantia sirkulasi udara.

Dengan desain ventilasi yang baik, Moms sebagai penghuni rumah pun sudah menciptakan kesehatan untuk keluarga serta membangun rumah yang sehat. Tanpa sebuah sistem ventilasi rumah akan menjadi lembab, bau, serta mengandung banyak polutan lainnya.

Tak hanya itu saja Moms, bahkan yang oaling berbahaya adalah rumah menjadi terkontaminasi oleh banyak polutan dan kontaminan yang tentu akan berakibat sangat buruk untk kesehatan.

1 dari 5 halaman

Jenis sistem ventilasi rumah yang sehat

Melansir dari Isibangunan.com pada Kamis (6/5/2021), kini sudah banyak sekali dikenal jenis sistem ventilasi, seperti natural  ventilation, exhaust-only, mecanical ventilation, supply-only mechanical ventilation: balanced ventilation; dan juga balanced ventlation with recovery.

Masing-masing jenis sistem ventilasi rumah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sistem ventilasi rumah modern harusnya dirancang secara mekanis, dalam artian dengan pendekatan berupa alat dan sebuah sistem yang bisa jadi cukup rumit.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Ruangan Sehat © Diadona

Pada desain ventilasi rumah-rumah modern, jendela yang terbuka belum tentu memiliki pertukaran udara yang baik. Rumah-rumah modern saat ini tidak dapat lagi mengandalkan sebuah aliran udara melalui lubang kecil atau retakan pada dinding.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan sistem ventilasi natural dengan berbagai kelebihan. Walaupun sebenarnya sistem ventilasi ini kurang maksimal untuk penggunaannya, namun jika dirancang secara baik sistem ventilasi ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk desain rumah yang Moms kehendaki.

Strategi kerjanya adalah harus ada perbedaan suhu antara suhu luar ruangan dengan dalam ruangan, agar tercipta sebuah proses sirkulasi udara akibat dari perbedaan tekanan suhu dan mendorong sistem kerja ventilasi.

3 dari 5 halaman

Lalu, enaknya pakai sistem natural atau mekanis ya?

Alex Wilson, pendiri BuildingGrenn. Inc, dalam  6 ways to ventilate your home, mengatakan: “ bahwa saat ini semua rumah harus memiliki sistem ventilasi mekanis. Dengan keadaan rumah yang terisolasi dan ketat, ventilasi menjadi semakin penting. Tetapi bahkan di sebuah rumah yang “ bocor”, orang tidak dapat mengandalkan kebocoran tersebut untuk bisa membawa udara segar ke dalam ruangan.”

Alex juga sangat menyarankan dan merekomendasikan sistem ventilasi seimbang atau balance. Karena ventilasi tersebut sangat cocok untuk semua iklim.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Ruangan Sehat © Diadona

Apa itu ventilasi mekanis?

Ventilasi mekanis adalah jenis ventilasi yang penggunaannya mengandalkan tenaga bantuan seperti listrik. Ada berbagai macam jenis ventilsi mekanis yang bisa Anda temukan serta Anda gunakan sebagai dekorasi rumah Anda. Tentunya, antara jenis natural dan mekanis pastinya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Seberapa penting kehadiran ventilasi dalam hunian?

Seperti yang sudah Moms ketahui sebelumnya, fungsi utama ventilasi udara adalah untuk membantu agar sirkulasi udara optimal. Karena, setiap rumah hunian haruslah memiliki ventilasi agar suhu di luar dan dalam ruangan dapat teratur.

5 dari 5 halaman

Pergerakan udara dari dalam ruangan ke luar ruangan dan sebaliknya adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan. Bahaya yang dapat ditimbulkan dari ruangan yang tidak memiliki ventilasi pun sangat mematikan! Maka dari itu, setiap rumah wajib sekali untuk memiliki ventilasi. Itulah kenapa pemasangan ventilasi biasanya terdapat di berbagai sudut sebuah hunian.

Semoga artiel ini membantu ya moms!

Beri Komentar