Pengaplikasian Konsep Mezzanine dalam Hunian, Bagaimana Prinsip dan Manfaatnya?

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 23 April 2021 15:00
Pengaplikasian Konsep Mezzanine dalam Hunian, Bagaimana Prinsip dan Manfaatnya?
Berikut beberapa kelebihan menerapkan konsep mezzanine dalam hunian.

Hunian modern kini sudah tak asing lagi dengan istilah mezzanine. Lantai ini dikenal sebagai salah satu solusi buat ruang ekstra di dalam rumah tanpa harus menambah lantai bangunan. Tak hanya berfungsi sebagai ruang tambahan, mezzanine juga dapat membuat rumah Moms terlihat makin menarik, lho.

Pada dasarnya, mezzanine merupakan ruang terbuka, namun lantai ini bisa juga menawarkan ruang pribadi yang fleksibel dan tentunya lebih nyaman. Tertarik untuk menerapkannya di rumah Moms? Berikut Diadna ulas mengena konsep dan prinsip dasar serta menfaat mezzanine dala bunian.

1 dari 8 halaman

Apa itu mezzanine?

Mezzanine dapat dikatakan seperti sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan. Mezzanine ini merupakan lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap/plafon, dengan luas yang umumnya hanya sepertiga dari luas ruangan itu sendiri.

Mezzanine lebih banyak digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik karena bangunan seperti ini biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi. Nah, menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional Moms.

2 dari 8 halaman

Pengaplikasian Konsep Mezzanine dalam Hunian © Diadona

Mezzanine juga bisa menjadi pilihan jika Moms ingin menambah ruang di rumah yang kecil, namun memiliki atap atau plafon yang tinggi. Mezzanine di hunian modern tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan di rumah kok Moms. Berikut ini beberapa manfaat Mezzanine.

3 dari 8 halaman

Manfaat mezzanine

Mezzanine memungkinkan Moms untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya lebih. Dibandingkan dengan renovasi rumah dan membangun ruang tambahan, menerapkan mezzanine dan memaksimalkan area yang tidak digunakan di rumah akan lebih hemat biaya.

Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang studio kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. Opsi desainnya yang fleksibel memungkinkan Moms untuk menggunakan mezzanine di berbagai keperluan.

4 dari 8 halaman

Prinsip penggunaan mezzanine yang baik

Pengaplikasian Konsep Mezzanine dalam Hunian © Diadona

Memiliki mezzanine di dalam rumah tidak hanya menjadi solusi kebutuhan ruang tambahan, namun juga dapat memberikan kesan berbeda serta keunikan di tempat tinggal. Jika Moms berniat untuk membangun lantai mezzanine di rumah, tetapi masih binggung dengan penggunaan yang mezzanine yang baik dan tepat, berikut inspirasinya.

5 dari 8 halaman

Mezzanine Desain Terbuka

Mezzanine dengan desain terbuka cocok bagi Moms yang memiliki keterbatasan lahan. Moms bisa membangun mezzanine dekat ruang utama, karena lantai ini akan membuat rumah terlihat berbeda dan unik. Pastikan juga akses posisi tangga mezzanine dapat mudah dijangkau, sehingga Moms dapat bebas berinteraksi bersama keluarga.

6 dari 8 halaman

Private Mezzanine

Menghadirkan privasi juga dapat dilakukan dengan menciptakan mezzanine dalam interior yang tertutup. Moms bisa menggunakan kaca yang sifatnya transparan sebagai dinding dan lengkapi dengan tirai untuk mendapatkan mezzanine yang lebih private. Dengan menggunakan kaca dan tirai, Moms dapat melihat ruangan di bawah dengan mudah, namun juga meminimalkan interaksi.

7 dari 8 halaman

Mezzanine Ala Jembatan

Pengaplikasian Konsep Mezzanine dalam Hunian © Diadona

Selain sebagai ruangan tambahan, mezzanine juga bisa dimanfaatkan sebagai jembatan yang menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya. Mezzanine ala jembatan dapat dimanfaatkan sebagai ruang kerja dengan konsep yang terbuka dan akan memudahkan Moms untuk berinteraksi dengan anak-anak yang sedang bermain di lantai bawah.

8 dari 8 halaman

Mezzanine di Sudut Ruangan

Dilansir dari Houzz, jika Moms tidak memiliki ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda, Moms dapat menggunakan sudut di sebuah ruangan untuk membuat mezzanine yang tinggi. Mezzanine yang nyaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur atau ruang membaca.

Bagaimana Moms, tertarik untuk menghadirkan mezzanine konsep apa di rumah?

 

Beri Komentar