Patut Waspada Moms, Ini Jenis Peralatan Dapur yang Rentan Munculnya Bakteri

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 23 Januari 2021 16:45
Patut Waspada Moms, Ini Jenis Peralatan Dapur yang Rentan Munculnya Bakteri
Berikut adalah barang-barang yang berpotensi menimbulkan bakteri.

Memasak adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap orang khususnya ibu rumah tangga. Tentu, Moms akan menghendaki keadaan dapur yang rapi serta bersih karena juga akan memberikan kesan dapur yang tidak berantakan.

Namun, tahu gak sih Moms, dapur bersih itu belum tentu jaminan terhindar dari adanya bakteri, lho! 'Lah, kok bisa ya?'.

1 dari 4 halaman

Sebuah studi menemukan bahwa spons cuci piring dan kain lap adalah barang yang paling disinggahi oleh kuman. Kemudian diikuti oleh bak cuci piring, tempat sikat gigi, bahkan di mangkuk hewan peliharaan.

Melansir dari CBS News pada Sabtu (23/1/2021), sebuahbn studi oleh NFS (National Science Foundation) meminta 20 keluarga sukarelawan untuk membersihkan beberapa benda di dapur seperti blender, pembuka kaleng, nampan, penyimpan sendok, dan garpu, tombol microwave spatula, saringan, serta dispenser.

Ilustrasi Dekorasi DapurIlustrasi Dekorasi Dapur © https://www.instagram.com/maysarah25_81/

2 dari 4 halaman

Nah, analisis NSF tersebut kemudian mencari 4 jenis mkroorganisme yang terkait dengan penyakit yang ditularkan melalui air, beberapa di antaranya yaitu E.coli, salmonella, ragi, jamur, dan listeria.

Menurut NSF, barang tersebut dianggap memiliki risiko kesehatan terkhusus untuk mereka yang paling rentan terhadap penyakit bawaan makanan termasuk perempuan hamil, lansia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sebanyak 25 persen barang yang mengandung bakteri E.coli, termasuk rak daging di dalam kulkas, spatula karet, pembuka kaleng, serta pisau. Bakteri E.coli dapat menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi sehingga bisa menyebabkan diare, infeksi saluran kemih, pneumonia dan komplikasi lain yang dapat merusak sel darah dan ginjal.

3 dari 4 halaman

Tak hanya itu saja lho Moms, bakteri Salmonella juga ditemukan pada 25 persen benda yang telah diuji tersebut, termasuk spatula, blender, serta rak kulkas. Bakteri salmonella ini dapat menyebabkan infeksi salmonellosis, penyakit yang dapat menyebabkan diare, demam, sakit perut, atau komplikasi.

Ilustasi DapurIlustasi Dapur © Pixabay/giovannigargiulo

Selain itu, jamur juga ditemukan pada 100 persen dari semua benda tersebut. Jamur ini dapat masuk ke dalam makanan dan mempercepat pembusukan atau menyebabkan alergi.

4 dari 4 halaman

Ditemukan enam barang yang sangat berpotensi menyebarkan kuman ke makanan, antara lain rak sayuran dan daging dalam kulkas, blender, pembuka kaleng, spatula karet, dan wadah penyimpanan makanan bersegel karet.

Oleh sebab itu, Mom wajib waspada dengan adanya barang-barang tersebut dan sebaiknya dilakukan pembersihan secara tepat hingga kesela-sela. Semoga membantu ya Moms! Jangan lupa untuk memberikan argumen di kolom komentar ya.

Beri Komentar