Pahami, Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Ternyata Gak Asal, lho!

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 12 Desember 2020 06:45
Pahami, Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Ternyata Gak Asal, lho!
Penyiraman secara teratur menjadi kuncinya agar tanaman bisa tumbuh subur dan tampak hijau segar.

Namun, cara menyiramnya juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penyiraman lebih efektif, seperti kapan dan bagaimana cara menyiram.

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman tercintamu adalah di pagi hari, bukan di malam hari, karena hal ini dapat menguatkan tanaman saat menghadapi panas.

1 dari 5 halaman

Tanaman Semusim

Ilustrasi Menyiram Tanaman © Diadona

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman dan sayuran semusim. Jenis tanaman ini umumnya memiliki akar yang lebih pendek sehingga sulit untuk mengakses kelembaban tanah yang lebih dalam. Di sisi lain, menyiram tanaman pada sore hari tidak disarankan karena berkaitan dengan laju penguapan.

2 dari 5 halaman

Tanaman Pot

Ilustrasi Menyiram Tanaman © Diadona

Namun jika tanaman sedang mengalami kekeringan atau tingkat kelembaban kurang, maka segera sirami tanpa memperhatikan waktu. Selain itu, aturannya berbeda untuk tanaman dalam pot. Selama musim panas, tanaman pot perlu disiram dua kali sehari.

Penyiraman pertama dilakukan pada pagi hari untuk melindungi tanaman dari terik matahari. Kedua, penyiraman pada sore hari untuk menggantikan air yang hilang akibat penguapan. Namun, pot succulents dan kaktus membutuhkan lebih sedikit penyiraman.

Begitu pula dengan semak dan pohon yang memiliki akar lebih dalam. Menyiram tanaman dengan jarang, juga diperbolehkan.

3 dari 5 halaman

Tanaman Baru

Ilustrasi Menyiram Tanaman © Diadona

Kemudian untuk tanaman baru yang dipindahkan ke pot atau lahan kebun sebaiknya lebih sering disiram sampai ditanam sempurna.

Penyiraman lebih sering juga bertujuan agar tanah tetap lembab dan membantu menekan akar ke bawah. Periksa kelembaban tanah dengan sekop atau tangan untuk tanaman pot. Jika bagian atas tanah terasa kering, maka perlu dilakukan penyiraman kembali agar tanaman tidak stres.

4 dari 5 halaman

Cara Menyiram

Ilustrasi Menyiram Tanaman © Diadona

Ada juga cara menyiram tanaman. Alih-alih menyiram bagian atas tanaman, siramlah di bawahnya, tepatnya di pangkal tanaman. Penyiraman di atas bisa menyebabkan air yang menempel di daun menguap, sehingga tanah tidak lembab. Selain itu, jika kamu menyiramnya pada sore hari, air pada daunnya bisa mengendap semalaman dan menimbulkan masalah.

Namun, jika daunnya terlihat berdebu, tidak apa-apa untuk sesekali menyiram tanaman dari atas. Untuk tanaman dalam pot, sebaiknya disiram dengan semprotan atau gayung yang diisi air. Namun untuk tanaman yang tumbuh di lahan kebun, sirami dengan selang.

Beri Komentar