7 Jenis Tanaman Hias Begonia yang Lagi Hits, Yuk Percantik Rumahmu!

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 27 November 2020 18:45
7 Jenis Tanaman Hias Begonia yang Lagi Hits, Yuk Percantik Rumahmu!
Beragam jenis tanaman hias menjadi primadona saat pandemi Covid-19.

Salah satu jenis tanaman hias yang sedang trending di tahun 2020 adalah Begonia.

Begonia merupakan tanaman hias yang termasuk dalam famili tumbuhan berbunga Begoniaceae. Ada lebih dari 1.800 jenis tanaman hias begonia yang ada di dunia.

1 dari 8 halaman

Ragam Jenis Tanaman Hias Begonia

Menurut peneliti Begonia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hartutiningsih, Indonesia memiliki tanaman Begonia terlengkap di dunia. Padahal menurutnya ada beberapa jenis yang hanya ada di Indonesia dan tidak ditemukan di belahan dunia mana pun.

Jenis Tanaman Hias Begonia
Dari ribuan jenis tanaman hias begonia yang ada, beberapa di antaranya memang menjadi tren perawatan bagi pecinta tanaman hias belakangan ini, berikut tujuh jenis tanaman hias Begonia:

2 dari 8 halaman

1. Charm Begonia (Begonia semperflorens)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Sebagian besar tanaman hias begonia memiliki bercak putih pada daun hijaunya. Tetapi varietas Charm Begonia memiliki bercak kuning cerah pada daun hijaunya dan memberikan efek psikedelik.

Tanaman hias ini termasuk dalam kategori begonia lilin yang memiliki akar serabut. Jenis begonia ini memiliki ukuran yang relatif pendek namun perkembangannya semakin meluas.

Untuk mempertahankan perkembangan warna di dedaunan mereka, tanaman hias Charm Begonia membutuhkan paparan sinar matahari yang teduh.

3 dari 8 halaman

2. Solenia Dusty Rose Begonia (Begonia × tuberhybrida)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Ingin punya tanaman hias bunga merah di halaman rumah? Tanaman hias begonia ini cocok dijadikan pilihan.

Tanaman hias Solenia Dusty Rose Begonia memiliki bunga merah yang mekar di ujung batang dari pertengahan musim semi hingga pertengahan musim gugur. Daunnya segar dan berbentuk hati.

Varietas ini membutuhkan lebih banyak sinar matahari daripada varietas lainnya. Saat tumbuh, tanaman hias begonia jenis ini bisa mencapai tinggi 15-30 cm.

4 dari 8 halaman

3. Richmond Begonia (Begonia semperflorens)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Dedaunan Richmond Begonia berwarna hijau. Tanaman hias begonia jenis ini disebut juga dengan istilah sun begonia, karena warna daunnya bisa berubah-ubah dalam kondisi cahaya yang berbeda.

Bagian bawah daunnya yang berwarna kemerahan menjadi daya tarik tersendiri saat ditanam di pot gantung. Varietas tanaman hias ini termasuk jenis yang memiliki akar serabut dan membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. Pertumbuhan tanaman hias begonia jenis ini juga terbilang besar, bisa mencapai ketinggian 45 sampai 60 cm.

5 dari 8 halaman

4. Ambassador Series Begonia (Begonia semperflorens)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Jenis begonia ini memiliki bunga yang tumbuh besar dalam corak merah, putih, dan merah jambu. Daun begonia tebal, berdaging, dan dilapisi lilin.
Akarnya berserat. Bagi ibu-ibu yang baru menanam tanaman hias sangat cocok mencoba menanam begonia seri duta karena memiliki ketahanan yang baik terhadap kekeringan dan hama.

Jadi tidak terlalu sulit untuk merawatnya, Bunda. Untuk kebutuhan sinar matahari, begonia jenis ini membutuhkan sinar matahari penuh hingga parsial.

6 dari 8 halaman

5. Cocktail Series Begonia (Begonia semperflorens)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Begonia seri koktail hias berdaun gelap dan dapat menahan panas matahari lebih baik daripada begonia berdaun hijau. Mereka dapat ditanam di lokasi dengan sinar matahari sebagian atau penuh.

Seri Koktail Begonia ini dikategorikan sebagai begonia lilin berakar berserat. Tanaman hias ini menawarkan bunga berwarna putih, pink muda, dan merah.

Dalam perkembangannya, begonia jenis ini bisa mencapai ketinggian 15 hingga 20 cm.

7 dari 8 halaman

6. Torch Pink Begonia (Begonia aconitifolia × Begonia coccinea)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Begonia pink obor memiliki bentuk daun yang khas. Varietas ini juga tergolong begonia yang mirip dengan tebu karena batangnya yang panjang mirip batang bambu.

Jenis begonia ini dapat mentolerir sinar matahari lebih banyak daripada begonia lainnya.

Jika diletakkan di dalam ruangan, pastikan untuk meletakkannya di bagian rumah yang cerah, agar tumbuh dengan baik.

8 dari 8 halaman

7. Nonstop Rose Begonia (Begonia x tuberhybrida)

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Tanaman hias begonia lain yang bisa mempercantik halaman rumah adalah begonia mawar nonstop. Mawar begonia nonstop hadir dalam beberapa warna cantik, Bun.

Jika bunda memiliki jenis tanaman hias begonia, maka letakkan tanaman di area yang terlindung dari angin. Sehingga bunda bisa mencegah kuncup jatuh.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 25 hingga 30 cm. Juga membutuhkan paparan sinar matahari di tempat teduh.

Beri Komentar