Nonton Mulu Bikin Boros, Buat aja Bioskop Mini di Rumah dengan Cara Simple Ini Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 9 September 2020 09:00
Nonton Mulu Bikin Boros, Buat aja Bioskop Mini di Rumah dengan Cara Simple Ini Moms!
Mending nonton di rumah aja!

Kalau boleh tahu, berapa kali Moms nonton di bioskop dalam sebulan? Kalau tiap bulan ada film yang rilis, pasti suka nonton dong? Bolak-balik nonton mulu bikin boros juga ya? Apalagi kalau Moms punya anak yang memasuki masa remaja, bawaannya mereka pengen buat nonton diluar mulu bareng teman.

Mending bikin aja bioskop mini di rumah Moms. Selain hemat, menonton sendiri di rumah juga lebih leluasa bareng keluarga. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat sendiri ruang bioskop mini di rumah.

1 dari 7 halaman

Backdrop dan Proyektor

Ruang Bioskop di Rumah © Diadona

Tentukan ruangan yang akan digunakan sebagai bioskop pribadi di rumah. Pindahkan seluruh peralatan elektronik yang biasa digunakan untuk menonton film.

Jika Moms tidak memiliki televisi layar datar ukuran besar, maka Moms bisa menggunakan backdrop dan proyektor untuk menampilkan film dengan ukuran yang lebih besar, bahkan bisa seperti bioskop asli jika ruangan yang dimiliki cukup luas.

2 dari 7 halaman

Peredam Suara Minimalis

Ilustrasi Bioskop © Diadona

Ruangan khusus untuk menonton umunya memiliki fitur akustik yang baik dan dibuat lengkap dengan dinding peredam. Hal ini bertujuan untuk membuat suara dalam film terkesan dramatis, apalagi saat menonton film laga dan horor.

Enggak perlu khawatir, Moms tetap bisa menemukan peredam minimalis yang bisa dipasang instan di bioskop mini pada rumah seperti

  1. Door sweep atau bantalan karet berbentuk seperti sapu ini diperuntukkan untuk menutup celah di bawah pintu.
  2. Gunakan rak dan tempatkan menempel dengan dinding bioskop mini tersebut. Sebagai catatan, rak tersebut harus terisi penuh dengan koleksi kaset film.
  3. Gorden jendela dengan bahan tebal juga efektif meredam bunyi, jadi suara film akan lebih menggema dalam ruangan.

3 dari 7 halaman

Alat Elektronik

Alat Elektronik © Diadona

Siapkan televisi layar datar dengan ukuran lebar, VCD/DVD player, dan speaker atau sound system. Semakin bagus kualitas dari barang-barang elektronik tersebut, maka sensasi menonton sebuah film pun akan semakin hebat.

Moms sebaiknya memilih jarak yang tepat agar dapat menikmati film dengan nyaman serta tidak menimbulkan sakit pada mata. Semakin besar layar, semakin jauh pula jarak antara perangkat elektronik dengan posisi duduk.

4 dari 7 halaman

Pencahayaan Tepat

Ilustrasi Ruangan dengan Pencahayaan Desain Tropis © Diadona

Ruangan bioskop mini tidak membutuhkan pencahayaan yang terlalu terang karena film lebih cocok ditonton pada ruangan yang redup.

Beberapa cara untuk mengatur pencahayaan di ruangan seperti dengan menggunakan frame lampu di langit-langit dan pencahayaan downlight. Namun, ada cara yang lebih instan dengan mematikan lampu di ruangan tersebut dan jadilah ruangan yang tepat untuk menonton film.

5 dari 7 halaman

Pendingin Ruangan

Ruang Bioskop di Rumah © Diadona

Ruangan bioskop memang didesain kedap dan tertutup. Agar tidak terasa panas dan pengap, lengkapi bioskop mini dengan pendingin ruangan berupa AC.

Tak hanay untuk keyamanan, AC juga dapat mendinginkan perangkat elektronik yang digunakan. Bila tak ada AC, Moms juga bisa menggunakan kipas angin.

6 dari 7 halaman

Tempat Duduk Empuk

Temap Duduk © Diadona

Untuk membuat semakin nyaman ruang bisokop, maka Moms jga harus memilihtempat duduk yang empuk. Bisa menggunakan sofa, ranjang sofa, kursi malas, atau karpet.

Sesuaikan juga luas ruangan dengan tempat duduk yang akan dipilih. Jika ruangan terbilang cukup besar, pilihlah sofa panjang dengan bahan yang nyaman juga empuk. Konsep duduk lesehan dengan memanfaatkan karpet empuk yang lembut juga bisa dipilih jika ruangan terblang sempit.

7 dari 7 halaman

Elemen Dekorasi

Lukisan Bingkai Besar © Diadona

Biar makin kece, Moms bisa melengkapi ruangan bioskop mini di rumah dengan berbagai macam poster film-film nasional atau internasional favorit.

Tambahkan juga elemen dekorasi lainnya seperti meja camilan, penopang kaki, pot bunga, ataupun berbagai dekorasi dinding lainnya. Dijamin deh, ruangan bioskop pribadi di rumah akan semakin terasa layaknya ruang bioskop di mall-mall besar. Bagaimana, mudah bukan Moms?

Beri Komentar