Moms Wajib hati-Hati, Ini lho Penyebab Ular Mudah Masuk ke dalam Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 14 Oktober 2021 17:13
Moms Wajib hati-Hati, Ini lho Penyebab Ular Mudah Masuk ke dalam Rumah
Jangan biarkan ular masuk ke dalam rmah Moms, cegah dengan beberapa cara ini.

Saat ada ular di rumah tentu membuat siapa pun kaget, takut, dan bertanya-tanya mengapa hewan merayap ini bisa masuk ke dalam rumah? Hal ini karena ular dapat masuk ke rumah melalui celah atau ruang kecil, loteng, hingga kloset. Bahkan ular bisa bertelur dan menetap di dalam ruangan di rumah, lho.

Penyebab lain ular masuk ke rumah dipengaruhi beberapa hal. Dikutiip dari Call Northwest via Kompas.com, Kamis (14/10/2021) berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan ular masuk ke dalam rumah.

1 dari 5 halaman

1. Waktu musim panas

Ilustrasi UlarIlustrasi Ular © 2020 https://www.diadona.id

Ular lebih sering ditemui dan keluar dari wilayah ketika suhu rata-rata 36-32 derajat Celsius, biasanya selama musim semi dan sepanjang musim panas. Ular paling aktif pada pagi dan sore hari karena suhu musim panas sering kali terlalu panas untuk mereka keluar pada siang hari.

2 dari 5 halaman

Aktivitas ular akan meningkat kembali pada akhir musim panas dan awal musim gugur sebelum mereka masuk ke hibernasi atau istirahat. Namun, ular tidak benar-benar tidur dalam keadaan hibernasi, melainkan tubuh mereka menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih rendah.

Kemudian, pada hari-hari musim dingin yang hangat, ular yang tengah hibernasi terkadang keluar untuk berjemur di bawah sinar matahari. Kemunculan ini sering kali mengejutkan orang-orang yang tidak mengenali tanda-tanda ini.

3 dari 5 halaman

2. Sisa makanan

Ilustrasi Sisa MakananIlustrasi Sisa Makanan © Sehatq.com

Keberadaan ular sebenarnya bermanfaat untuk mengendalikan populasi hewan pengerat seperti tikus. Hewan reptil ini mampu memakan tiga hingga empat tikus sekaligus. Tak kaget lagi, kalau ular sering ditemukan di area tikus sering bermunculan.

Untuk itu, ketahui penyebab dan area mana tikus dan hewan pengerat lainnya muncul di rumah. Biasanya, tikus sering muncul di dapur lantaran terdapat sisa makanan di dapur, baik di meja maupun di tempat sampah. Jadi sangat penting agar Moms membersihkan sisa makan segera dari dapur serta tempat sampah, lalu buang ke tong sampah di luar rumah.

Dengan menyingkirkan masalah hama itu terlebih dahulu, ular akan bergerak mencari sumber makanan lain.

4 dari 5 halaman

3. Adanya celah di rumah

Ular lebih suka pada tempat gelap, lembap, dan tersembunyi. Menghilangkan tempat persembunyian ini dapat membantu mencegah ular masuk ke rumah. Periksa dengan cermat bagian luar rumah dan perbaiki setiap retakan atau lubang, talang, pipa, serta ventilasi yang rusak.

Tak hanya itu, perbaiki dan ganti bagian yang rusak pada jendela dan pintu. Ular juga akan bersembunyi di tumpukan kayu dan tumpukan. Jika memungkinkan, simpan kayu bakar dalam kotak kayu yang tertutup rapat

5 dari 5 halaman

4. Rumput taman yang tinggi

Ilustrasi Rumput Taman yang TinggiIlustrasi Rumput Taman yang Tinggi © 99.co

Adanya taman atau halaman di rumah juga dapat menarik ular bersembunyi, yang akhirnya masuk ke rumah. Demi mencegahnya, jaga supaya rumput dipotong pendek untuk menghilangkan tempat persembunyian ular.

Tak hanya itu, pertimbangkan memasang pagar anti ular yang terbuat dari jaring baja, terpal plastik, atau jaring penangkap. Pastikan pagar rata dengan tanah dan miring ke luar serta setinggi 91-121 sentimeter.

Moms juga bisa menggunakan material yang menyulitkan ular untuk merayap seperti daun holly, pine cone, kulit telur, juga kerikil. Selain itu, menanam tanaman pengusir ular seperti marigold, serai, dan wormwood atau tumbuhan yang memiliki rasa pahit.

Semoga membant ya Moms!

Beri Komentar