5 Tips Merawat Meja Kopi Agar Tetap Awet, Warna Tetap Terjaga hingga Tak Mudah Tergores

Reporter : Ayu
Kamis, 7 Oktober 2021 17:51
5 Tips Merawat Meja Kopi Agar Tetap Awet, Warna Tetap Terjaga hingga Tak Mudah Tergores
Meja kopi umumnya diletakkan di depan sofa ruang tamu hingga ruang duduk dengan berbagai aksesori dan benda dekoratif lainnya.

Meja kopi memiliki berbagai macam desain dan ukuran yang unik. Hal ini tentu membuatnya menjadi salah satu furniture kekinian yang hampir se4lalu ada di dalam rumah.

Berbagai meja kopi unik biasanya diletakkan di depan sofa ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang duduk, dengan berbagai aksesori dan benda dekoratif lainnya. Namun, sebelum menghadirkan meja kopi di rumah, alangkah bainya jika Moms tahu pentuing akan perawatannya. Berikut beberapa tips dalam merawat meja kopi mengutip dari Bp-guide.id, Kamis (7/10/2021). Simak yuk!

1 dari 5 halaman

1. Pakai alas guna meminimalkan kerusakan

Tips Merawat Meja KopiTips Merawat Meja Kopi © Bp-guide.id

Meja kopi rentan akan tergores dan warna kayu yang kusam akibat noda yang menempel. Oleh karena itu, alas meja kopi unik untuk bagian bawahnya berguna agar tidak membuat meja rusak.

Jika perlu, Moms dapat mengikuti gaya-gaya restoran masa kini dengan cara membungkus sekalian peralatan makan yang diletakkan pada meja kopi dengan plastik.

2 dari 5 halaman

2. Keringkan noda air dengan segera

Tips Merawat Meja KopiTips Merawat Meja Kopi © Bp-guide.id

Selain mengandalkan lapisan plastik tebal sebagai alas pada meja kopi, Moms perlu berhati-hati dengan berbagai jenis nodanya, misalnya air yang harus segera Moms keringkan dengan. Tak hanya menggunakan vacuum cleaner mini, Moms juga bisa menggunakan lap untuk mengeringkan noda air yang dapat membahayakan kebersihan taplak meja.

3 dari 5 halaman

3. Bersihkan secara berkala

Tips Merawat Meja KopiTips Merawat Meja Kopi © Bp-guide.id

Supaya meja kopi terjaga kebersihan dan tingkat higienisnya, Moms perlu membersihkannya secara berkala. Setidaknya tiap 1 bulan dibersihkan.

Moms dapat menggunakan pledge atau cairan pelapis furnitur yang dapat bisa diperoleh pada toko-toko bahan bangunan. Gunakan juga lap kering setelah Moms menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furnitur. Dijamin, meja kopi akan awet bertahun-tahun.

4 dari 5 halaman

4. Pindahkan dengan benar dan hati-hati

Tips Merawat Meja KopiTips Merawat Meja Kopi © Bp-guide.id

Kesalahan saat memindahkan meja kopi adalah dengan cara menggeser, menyeret, atau menarik bagian lengan atau sandarannya. Semua ini berisiko membuat kaki sambungan meja kopi menjadi patah atau rusak, yang berujung pada menurunnya penampilan meja kopi unik secara drastis.

Moms harus berhati-hati saat memindahkan meja kopi. Lakukan dengan cara mengangkat bagian atas atau bagian utamanya dengan penuh dan jangan sampai ada bagian yang terlepas dari pegangan.

5 dari 5 halaman

5. Letakkan di tempat kering atau bersuhu normal

Tips Merawat Meja KopiTips Merawat Meja Kopi © Bp-guide.id

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat kayu yang digunakan sebagai material meja kopi menjadi mudah kering, menyusut, retak, atau terkelupas. Sehingga mengundang berbagai jamur dan serangga untuk merusak kayu pembentuk meja kopi.

Meletakkan meja kopi pada tempat bersuhu dingin juga akan membuat kaki meja menjadi lembap, sehingga meja kopi tidak kokoh lagi dan rusak. Karena itu, Moms perlu meletakkan meja kopi pada tempat yang kering atau bersuhu normal.

Itulah tadi beberapa tips perawatan meja kopi agar bisa awet dan bertahan hingga bertahun-tahun. Semoga menginspirasi ya Moms!

Beri Komentar