20 Cara Menghemat Listrik di Rumah untuk Token dan Pascabayar, Sepele tapi Efektif

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 14 Oktober 2020 16:54
20 Cara Menghemat Listrik di Rumah untuk Token dan Pascabayar, Sepele tapi Efektif
Cara menghemat listrik dilakukan dengan merubahan banyak kebiasaa sepele. Tapi yakin bisa konsisten?

Cara menghemat listrik yang paling baik yaitu dengan pintar menggunakannya. Bukan cuman ngomongin berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk bayar listrik ini, tapi tentang pemanfaatan sumber daya alam dengan bijaksana. Iya kan?

Di rumah kita, kita mengandalkan listrik untuk beragam kebutuhan. Mulai dari penerangan, mengatur suhu, pemakaian perangkat, dan banyak banget. Saat menggunakan lebih banyak listrik, itu berarti akan ada peningkatan tegihan litrik kita.

Coba deh simak cara menghemat listrik berikut ini untuk menghemat uang dan meningkatkan pemakaian yang lebih efisien.

1 dari 3 halaman

Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Listrik © Diadona

Ngomongin cara menghemat listrik di rumah, sebenarnya ada banyak cara berbeda yang bisa kamu terapkan. Pertama, bisa dengan mpenyesuaian perilaku sederhana sampai perbaikan rumah secara ekstensif.

Dikutip dari Evergy Sage, simak yuk cara menghemat listrik apa saja yang bisa kita terapkan:

Matikan Lampu yang Nggak Perlu

Kalau cara menghembat listrik kayak gini nih, semua orang tau. Tapi, konsisten nggak, hayo?

Misalnya dengan segera mematikan lampu ketika udah ngak digunakan, nggak terlambat mematikan lampu halaman saat hari udah siang, dan lainnya. Lebih baik lagi kalau kamu beralih ke lampu LED.

Menggunakan Sinar Matahari

Manfaatkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan rumah kamu di siang hari dengan cara maksimal. Ini baik untuk kesehatan kamu karena bisa menghindari lembab di ruangan, baik juga sebagai cara menghemat listrik.

Saran nih, maksimalkan pembuatan jendela yang menghadap selatan. Dikutip dari Bchydro, ini bisa menerangi hingga 200 sampai 100 kali luasnya ketimbang arah lain. Mau mencoba?

Gunakan Lampu Tugas

Misalnya ketika kamu sedang belajar di meja belajar, gunakan lampu kecil yang berada di sana alih-alih menyalakan lampu plafon.

Jangan Mandi Lama-Lama

Kalau rumah kamu menggunakan pemanas air listrik, maka cara menghemat listrik yang nggak kalah penting adalah dengan mandi singkat. Air panas itu mahal, gaes.

Matikan Air saat Cuci Tangan dan menggosok Gigi

Mengurangi penggunaan air saat mandi? Matikan keran saat kamu sedang mencuci tangan kamu selama 20 detik atau saat kamu menggosok gigi. Trus nyalakan lagi saat diperlukan. Hemat air = hemat listrik.

Mencabut Kabel Elektronik yang Nggak Digunakan

Charger ponsel kamu masih nyolok walaupun nggak digunakan? Eits, daya siaga bisa mencapai 10 persen dari rata-rata penggunaan listrik rumah tangga lho.

Memang sih ketika kabel sudah terpasang, kamu jadi nggak repot dan lebih nyaman. Tapi akibatnya tagihan listrik kamu juga ikutan naik.

Hindari Mesin Pengering

Mesin pengering memudahkan banget saat munsim hujan biar baju nggak bau apek. Tapi bila matahari sedang bersinar, kayaknya kamu harus kurang-kurangin menggunakannya.

Tinggalkan PC

Kalau kamu masih menggunakan komputer di rumah, kayaknya kamu harus berpikir untuk menggantinya dengan laptop deh. Lebih hemat lisyrik lho!

Matikan AC saat Tak Sedang di Rumah

Kebiasaan ini nih yang paling sering dilupakan. Coba deh matikan AC paling nggak selama lima jam sehari pas kamu lagi di luar rumah trus lihat perbedaan biaya tagihannya. Cara menghemat listrik yang ini tuh lumayan kerasa di kantong lho!

Gunakan Air Panas saat Menanak Nasi dengan Rize Cooker

Pernah dengan cara menghemat listrik ini? Alih-alih menggunakan air dingin saat awal mula memasak, gunakan air yang sudah panas sehingga nasi lebih cepat matang. Lebih cepat rice cookermu mati berarti lebih hemat daya listrik, kan?

Ganti TV LCD

TV LCD mengkonsumsi daya yang lebih tinggi ketimbang tv LED. Jadi kalau kamu masih menggunakan TV jenis tersebut, coba deh pikirkan untuk menggantinya ke LED untuk cara menghemat listrik yang lebih baik.

Hindari Matahari Sore Hari

Matahari sore yang masuk ke rumah bisa meningkatkan suhu ruangan, membuat kamu gerah dan menyalakan AC di suhu yang lebih rendah. Boros listrik kan? Nah, gunakan penutup jendela bila sore datang.

Gunakan Tirai

Tirai bisa menahan panas matahari yang masuk ke ruangan, tapi tetap memungkinkan terangnya untuk masuk menggantikan lampu rumah.

2 dari 3 halaman

Cara Menghemat Listrik © Diadona

Perbanyak Tanaman di Rumah

Tanaman hijau di rumah bikin udara jadi lebih sejuk. Akhinya, kamu jadi lebih sedikit menggunakan AC deh!

Maksimalkan Kapasitas Mesin Cuci

Coba mulai dengan mengurangi frekeunsi mencuci dengan memaksimalkan kapasitas mesin cuci. Nggak cuman hemat listrik, ini juga hemat air dan tenaga kamu.

Menggunakan Kulkas secara Efisien

Jaga lemari es kamu dalam suhu yang ideal, yakni 2-3 derajat celcius untuk chiller dan freezer bersuhu -18 derajat celcius. Kurangi juga frekuensi membuka tutup kulkas dan jangan sampai memasukkan makanan dalam kondisi masih panas ya karena ini bakalan bikin kulkas kamu bekerja lebih keras.

Mengganti Bohlam

Bola lampu pijar yang masih tradisional sudah harusnya diganti dengan CLF atau LED yang menggunakan daya 25 sampai 80 persen lebih hemat. Meskipun harganya lebih mahal, tapi bila bisa menurunkan pemakaian listrik kamu dan umur bohlam lebih lama, jatuhnya tetap lebih hemat lho!

Beli Peralatan Hemat Energi

Rata-rata, peralatan menyumbang sekitar 13% dari total penggunaan energi rumah tangga. Maka sebagai cara menghemat listrik, pikirkna juga tentang konsumsi data peralatan ketika digunakan. Meskipun mungkin harga pembeliannya lebih tinggi, tapi biaya pengoperasiannya sering kali lebih hemat 9-25 persen ketika digunakan.

Sesuaikan Daya Listrik

Daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah karena diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Itu berartti ada perbedaan harga dengan yang harus dibayarkan oleh pemilik 1300 VA, 220 VA dan seterusnya.

Hitung berapa kebutuhan listrik di rumah dan sesuaikan dayanya.

3 dari 3 halaman

Cara Menghemat Energi Listrik Token

Cara Menghemat Listrik © Diadona

Saat ini udah banyak rumah yang menggunakan listrik token atau prabayar ketimbang model pascabayar. Keuntungannya banhyak banget, mulai dari pemakaian listrik yang jadi lebih terkontrol, penyesuaian pemakaian dengan anggaran, terbebas dari denda dan pencabutan karena nggak bisa bayar listrik, dan masih banyak lagi.

Dan di balik setiap keuntungannya, nggak ada perbedaan tarif di antar kedua jenis pembayaran listrik tersebut lho.

Lalu ada nggak sih cara menghemat litrik token secara khusus? Kurang lebih kamu bisa mengunakan tips di atas untuk penghematan plus bisa juga nih dengan kontrol pemakaian listrik

Gini, misalnya menjatah token seniali Rp. 200 ribu selama sebulan, maka kamu bisa melakukan kontrol dengan menekan pemakaian listrik lebih lagi ketika token akan habis sebelum waktunya.

Cara menghemat listrik sebenarnya gampang banget kok cuman emang sering lupa dan khilaf. Sering dibiasain ya!

Beri Komentar