Membuat Area Balkon Jadi Terlihat Luas, Bisa buat Kumpul-Kumpul nih!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 19 Oktober 2020 13:00
Membuat Area Balkon Jadi Terlihat Luas, Bisa buat Kumpul-Kumpul nih!
Kongkow tipis-tipis bareng keluarga dan sahabat akan makin enak saat di balkon nih!

Balkon menjadi salah satu elemen dekorasi pada hunian bertingkat. Balkon kerap menjadi daya tarik tersendiri pada area depan rumah.

Memiliki manfaat sebagai salah satu tempat bersantai, namun pada umumnya balkon hanya sebagai fungsi tambahan pada hunian. Akibatnya, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan lebih detail mengenai keleluasaan dan kenyamanan area balkon.

 

1 dari 5 halaman

1. Biar Balkon Makin Terlihat Luas

Tak hanya itu, balkon juga berfungsi sebagai tempat area pandang ke sekeliling rumah yang lebih luas. Nah, biar aktivitas bersantai di area balkon makin menyenangkan, Moms bisa membuat area ini menjadi lebih luas.

Melansir Okezone pada Senin (19/10/2020), dalam area balkon tersebut, disarankan agar peletakan furnitur dan perlengkapan lainnya dibuat minim jika dibandingkan dengan tata letak pada teras. Hal ini bertujuan agar balkon terasa luas dan ringkas.

2 dari 5 halaman

2. Balkon Sebagai Perlancar Sirkulasi Udara

Balkon Rumah © Diadona

Balkon dapat pula dijadikan indikator dari sebuah bangunan lantai atas yang letaknya lebih mencuat atau menonjol daripada tata letak teras. Secara tidak langsung, keberadaan balkon dapat difungsikan sebagai pereduksi dampak iklim.

Adapula fungsi balkon sebagai pelancar sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Apalagi, jika balkon dilengkapi dengan jendela dan pintu pada bagian depan yang dapat membuat sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa berlangsung lancar.

3 dari 5 halaman

3. Solusi Rumah Sempit

Perancangan balkon juga tetap mempertimbangkan segala hal, agar balkon dapat tercipta sesuai dengan keinginan. Untuk Moms yang mempunyai masalah rumah sempit atau kurang besar, membangun balkon pada lantai atasnya merupakan ide yang cemerlang.

Letak balkon yang melekat di samping ruang lantai atas membuat balkon menjadi salah satu solusi perluasan ruangan di rumah kamu. Letak balkon yang ada di lantai atas membuat ruangan tambahan ini memiliki jendela pandang yang lebih luas daripada lantai yang ada di bawahnya.

4 dari 5 halaman

4. Daya Pandang

Balkon Rumah © Diadona

Hal ini membuat balkon menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai sambil menikmati pandangan di sekitar rumah. Jika Moms berada di daerah yang memilki pemandangan bagus seperti di perbukitan, pegunungan, atau dekat dengan pantai akan sangat cocok sekali.

5 dari 5 halaman

Biar makin santai, Moms bisa menaruh kursi-kursi atau sofa empuk, serta radio mini untuk menemani menikmati pemandangan sambil meminum teh atau kopi. Pasti deh balkon akan menjadi salah satu tempat favorit bersama keluarga dan teman buat kumpul-kumpul. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar