8 Kelebihan Kayu Jati untuk Material Bangunan dan Furniture

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Desember 2023 09:52
8 Kelebihan Kayu Jati untuk Material Bangunan dan Furniture
Ada beberapa kelebihan kayu Jati yang jadi alasan mengapa kayu ini dipilih sebagai material utama dalam pembangunan desain dan furniture!

Kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan kayu jati ini membuatnya sangat diminati oleh berbagai ahli arsitektur rumah karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun harganya terbilang mahal dibandingkan kayu jenis kayu yang lainnya, namun kayu jati tetap menjadi pilihan utama karena kualitas tinggi yang dimilikinya. Kayu jati banyak dibuat untuk berbagai furnitur rumah seperti meja, kursi, lemari bahkan fasad rumah.

Selain berkualitas, kelebihan kayu jati adalah tahan atau awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Tak heran apabila banyak penghuni rumah yang menjadikannya sebagai pilihan utama untuk melengkapi furniture di rumah.

Meskipun terkenal akan kualitasnya yang bagus, kayu jati ternyata membutuhkan belasan hingga puluhan tahun sebelum bisa digunakan. Pohon jati yang lebih tua memiliki serat kayu lebih kuat dengan kepadatan yang tinggi. Sehingga kualitas kayu dihasilkan akan lebih baik. Kualitas terbaik dari kayu jati biasanya berasal dari pohon yang telah mencapai kedewasaan. 

Kayu jati yang digunakan untuk konstruksi bangunan biasanya membutuhkan ketebalan tertentu agar memiliki kekuatan yang memadai. Oleh karena itu, pohon jati harus tumbuh dalam waktu yang cukup lama sebelum dipanen.

Sebelum membeli furnitur dari kayu jati, ada baiknya kamu harus mengenali ciri-ciri kayu jati yang berkualitas tinggi. Namun, tak perlu khawatir karena artikel berikut ini akan menyajikan beberapa kelebihan kayu jati untuk kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Kekuatan dan Kepadatan Tinggi

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Kelebihan kayu jati yang pertama adalah memiliki kekuatan dan kepadatan yang tinggi. Hal ini menjadikan kayu jati sebagai pilihan yang ideal untuk dijadikan konstruksi bangunan dengan daya dukung yang signifikan seperti tiang atau penyangga rumah, lapisan lantai hingga atap rumah.

Kekuatan dan kepadatan pada pohon jati menjadikannya sangat resisten terhadap tekanan dan beban berat. Oleh karena itu, kayu jati seringkali digunakan sebagai konstruksi bangunan yang mampu menanggung beban struktural signifikan. 

 

2 dari 8 halaman

Awet dalam Jangka Waktu yang Lama

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

 

Kayu jati dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang memiliki daya tahan tinggi dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan kayu jati satu ini membantu untuk mencegah kerusakan dan pembusukan yang terjadi pada kayu yang kurang tahan terhadap elemen lingkungan.

Dengan kekuatan dan kepadatan yang tinggi, kayu jati mampu menahan beban dan tekanan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya deformasi atau kerusakan struktural pada material kayu seiring berjalannya waktu salah satunya pada lapisan tangga rumah.

 

3 dari 8 halaman

Ketahanan Terhadap Serangga Hama atau Jamur

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Kayu jati memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan serangga hama atau jamur. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan dari kayu jati dan menjadi alasan mengapa kayu jati banyak dipilih dalam berbagai furnitur rumah.

Kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang memberikan perlindungan terhadap berbagai serangan serangga. Minyak tersebut tidak hanya membuat kayu jati tahan terhadap serangga, namun juga membantu mencegah pertumbuhan jamur yang dapat merusak lapisan atau serat pada kayu jati. 

 

4 dari 8 halaman

Ketahanan Terhadap Cuaca Ekstrem

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Kelebihan kayu jati selanjutnya adalah dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem termasuk sinar UV, hujan, dan panas. Kayu jati memiliki daya tahan terhadap sinar UV matahari, sehingga banyak digunakan sebagai bahan utama furnitur di luar ruangan seperti pada dek, pagar, hingga furnitur taman yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Kayu jati juga memiliki kandungan zat kimia alami yang membantu untuk melindungi lapisan atau serat kayu dari kerusakan akibat hujan. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan jamur pada kayu akibat terus-menerus terkena air. 

 

5 dari 8 halaman

Memiliki Tampilan yang Indah

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Kayu jati dikenal memiliki tampilan yang indah dengan menawarkan estetika yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi salah satu pilihan yang populer dalam pembuatan dekorasi atau furnitur rumah.

Kayu jati memberikan kelebihan berupa warna alami yang cenderung coklat tua, sehingga memberikan sentuhan alami dan elegan pada produk kayu jati. Tidak semua kayu dapat dikombinasikan dengan bahan lain, namun kayu jati dapat dipadukan dengan logam atau kaca. Sehingga menciptakan desain yang kontras dan mampu meningkatkan daya tarik estetika produk kayu jati. 

 

6 dari 8 halaman

Dapat Digunakan untuk Berbagai Furnitur

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Menjadi bahan unggulan dalam pembuatan berbagai jenis furnitur, hal ini menjadi salah satu kelebihan dari kayu jati. Fleksibilitas, daya tahan dan keindahannya membuat kayu menjadi pilihan yang cukup populer digunakan pada desain interior maupun eksterior rumah.

Meja makan dari kayu jati dapat memberikan sentuhan elegan dan hangat pada ruang makan yang dapat menjadi investasi jangka panjang. Selain itu kursi dan sofa dari kayu jati dapat memberikan kenyamanan, desainnya yang sederhana memungkinkan kayu jati mudah untuk dipadukan dengan berbagai gaya dekorasi rumah mulai dari tradisional hingga kontemporer.

7 dari 8 halaman

Daya Tahan Terhadap Retak

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Dengan kualitas serat yang tinggi, membuat kayu jati memiliki kemampuan untuk menyerap dan melepaskan air dengan baik. Kandungan air yang rendah di dalam kayu jati membantu untuk mengurangi resiko adanya retak karena perubahan volume akibat perubahan kelembaban.

Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan dari kayu jati. Jika kayu jati diperoleh dari hutan yang dikelola dengan baik, maka akan memberikan hasil kayu dengan kualitas terbaik. Sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan atau retak pada lapisan kayu jati. 

 

8 dari 8 halaman

Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Kelebihan Kayu Jati © Diadona

Kelebihan kayu jati yang terakhir adalah memiliki nilai jual tinggi karena memiliki kualitas dan daya tahan yang tinggi. Tampilan yang indah dan warna alami yang dihasilkan memberikan sebuah furnitur tampak lebih estetis dan artistik.

Pola serat kayu yang indah dan estetika tinggi membuat kayu jati sangat dicari untuk produk furnitur atau dekorasi interior rumah. Kayu jati juga memberikan kemudahan untuk diolah seperti dipahat atau diukir dengan baik. Hal ini lah yang membuat kayu jati memiliki daya jual tinggi dalam industri kerajinan kayu maupun produk furnitur rumah. 

 

Itulah beberapa kelebihan kayu jati yang dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli furnitur atau kerajinan dari material kayu jati. Meskipun membutuhkan belasan tahun untuk digunakan, namun kayu jati memberikan kualitas yang tinggi sehingga awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar