Kelebihan dan Kekuranagn Memakai Atap Kaca, Kenali Sebelum Menggunakan Moms

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 16 Maret 2021 15:00
Kelebihan dan Kekuranagn Memakai Atap Kaca, Kenali Sebelum Menggunakan Moms
Material kaca mampu membuat rumah terlihat lebih minimalis dan modern.

Umunya material kaca diaplikasikan sebagai dinding, pintu, jendela, tepian kolam renang, meja, dan partisi. Tak hanya itru, ternyata material kaca juga bisa digunakan sebagai atgap rumah. Atap kaca ini juga disebut sebagai skylight.

Dengan atap kaca tentu akan menghadirkan rumah tampil memukau. Kendati demikian, sebaiknya Moms perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Melansir dari Dekoruma pada Selasa 16/3/2021), berikut ini adalah info selengkapnya.

1 dari 4 halaman

KELEBIHAN

Atap Kaca © Diadona

Cahaya Alami untuk Interior

Atap kaca berfungsi sebagai jalur cahaya alami untuk masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, Moms bisa menghemat energi di waktu siang hari. Selain itu, keberadaan cahaya alami di dalam rumah dapat menjadikan interior makin fungsional dan estetik.

2 dari 4 halaman

Menambah Jalur Sirkulasi Udara

Pada dasarnya atap kaca terdiri dari dua jenis, yaitu yang permanen dan bisa dibuka-tutup. Atap kaca yang bisa dibuka-tutup dapat digunakan juga sebagai jalur sirkulasi udara. Jenis yang satu ini pada umumnya berukuran kecil hingga sedang.

Menciptakan Kesan yang Lebih Lapang

Sifat kaca yang transparan bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Atap kaca termasuk salah satu bentuk aplikasinya. Apabila Moms memiliki ruangan mungil dan tidak mungkin membuat jendela, buatlah atap kaca sebagai alternatifnya.

3 dari 4 halaman

KEKURANGAN

Atap Kaca © Diadona

Konstruksi Atap Kaca Rumit

Membangun atap menggunakan kaca membutuhkan konstruksi yang rumit dan proses pemasangan yang lama. Perhitungan luas permukaan dan ketebalan kaca pun perlu dihitung setepat mungkin. Pasalnya, kesalahan dalam pemasangan dapat mengakibatkan atap kaca mudah roboh dan mencelakakan penghuninya.

Ruangan Bisa Terasa Panas

Kaca merupakan material penghantar panas yang baik. Dengan demikian, kalau menggunakan atap kaca di rumah, pada siang hari ruangan bisa terasa sangat panas akibat suhu udara tinggi dan sinar matahari yang terik.

4 dari 4 halaman

Perawatannya Rumit

Dibandingkan atap bermaterial genteng dan beton, perawatan atap kaca jauh lebih rumit. Pada musim kemarau, kaca lebih mudah tertutupi debu. Sedangkan, pada saat musim hujan, kaca akan penuh dengan bekas air yang mengering.

Privasi Berkurang

Material kaca memiliki sifat transparan. Hal ini tentu dapat mengurangi privasi penghuni rumah beratap kaca, terutama untuk rumah yang lokasinya di pusat kota dan berada di sekitar gedung tinggi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan material kaca sebagaui atap rumah. Semoga membantu ya!

Beri Komentar