Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Fungsi Keset Kaki Berdasarkan Ruang

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 21 Januari 2021 16:37
Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Fungsi Keset Kaki Berdasarkan Ruang
Suka diabaikan, ternyata keset memiliki fungsi penting lho.

Kehadiran keset yang umumnya diletakkan di depan pintu sering kali disepelekan ya Moms. Tak banyak yang tahu, ternyata keset memiliki banyak fungsi demi keamanan penghuni rumah.

Moms tentu sudah sering melihat dong dengan tulisan yang biasanya selalu ada pada keset? Yap, tulisan 'Welcome' atau 'Selamat Datang' jadi sambutan hangat untuk siapapun terkhusus para tamu.

Melansir dari Rumahku.com pada Kamis (21/1/2021), berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari keset sesuai dengan ruangannya.

1 dari 4 halaman

1. Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Keset Kaki © Diadona

Jenis bahan keset sangat menentukan di mana seharusnya benda berukuran kecil ini diletakkan. Moms harus pintar-pintar dalam memilih bahan agar anggota keluarga selalu aman.

Misalnya untuk ruangan tamu dan kamar tidur, Moms dapat memilih keset dengan bagian atasnya yang terbuat dari katun. Sehingga saat dipijaki akan terasa lembut dan halus. Untuk bagian bawah keset ada baiknya terbuat dari lateks yang berfungsi untuk membuat keset menjadi antislip.

2 dari 4 halaman

2. Kamar Mandi

Fungsi utama keset kaki ditempatkan di depan pintu kamar mandi adalah agar Moms tidak terpeleset saat keluar dari kamar mandi karena bagian kaki yang biasanya basah dengan siraman air. Jadi, gunakanlah keset kaki yang memiliki daya serap air yang baik dan antisl ya Moms.

Jika keset kaki sudah terasa lembab, maka Moms dapat mengeringkannya di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihannya. Moms juga harus secara teratur mengganti dan mencuci keset kaki tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Teras Rumah

Keset Kaki © Diadona

Fungsi utama keset kaki diletakkan di area teras rumah adalah untuk membersihkan kaki yang terkena kotoran dan tanah sebelum memasuki rumah. Oleh sebab itu, keset kaki yang paling sesuai untuk ditempatkan di teras adalah keset berbentuk anyaman besi ataupun plastik PVC agar kaki dapat dibersihkan dengan baik. Karpet dengan bahan ini juga tentu lebih tahan kotor dibandingkan dengan keset yang ditempatkan di dalam ruangan.

4 dari 4 halaman

4. Dapur

Keset kaki yang diletakkan di area dapur ada baiknya ditempatkan di bawah wastafel. Hal ini bertujuan agar air yang menetes ke bawah wastafel dapat diserap oleh keset dan tidak membuat becek dapur. Untuk itu, Moms dapat menggunakan keset kaki yang memiliki kain dengan daya serap yang baik.

Moms, sekarag sudah tahu ya fungsi penting keset yang diletakkan dalam setiap ruangan yanmg berbeda. Semoga membantu. Jangan lupa untuk emnyampaikan argumen Moms di kolom komentar.

Beri Komentar