13 Fasad Rumah Industrial, Kombinasi Desain Sederhana dan Elegan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 13 Februari 2024 02:34
13 Fasad Rumah Industrial, Kombinasi Desain Sederhana dan Elegan
Temukan inspirasi fasad rumah industrial yang sesuai dengan karaktermu,

Fasad rumah industrial berarti tampilan depan rumah termasuk pintu, pagar, jendela, hingga ornamen dengan desain industrial. Desain industrial emang lagi ngetrend banget akhir-akhir ini karena menampilkan estetika yang unik, desain rumah yang fungsional serta fleksibilitas dengan selera masing-masing individu pemiliknya.

Seperti apa sih ciri rumah industrial dan inspirasi, geser ke bawah untuk ngeliat beragam desain fasad rumah industrial berikut :

 

1 dari 5 halaman

Fasad Rumah Industrial Satu Lantai Sederhana

Fasad Rumah Industrial Satu Lantai sederhana © Diadona

Desain industrial menawarkan sesuatu yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Pada tampilan fasadnya, rumah industrial menonjolkan elemen-elemen seperti dinding ekspose dengan warna natural, ngasih kesan keras dan 'raw' pada rumah.

Fasad Rumah Industrial Sederhana

Fasad Rumah Industrial Sederhana © Diadona

Rumah indutrial menggunakan material-material seperti beton, besi dan kayu dalam tampilan fasad maupun interiornya. Material ini kemudian tak dilapisi jadi dibiarkan terekspose apa adanya. Namun, inilah yang justru ngasih kesan kekuatan dan ketahanan bangunan sekaligus ngasih estetika bangunan 'raw'.

Fasad Rumah Industrial Bata

Fasad Rumah Industrial Bata © Diadona

Selain beton ekspose seperti fasad rumah di atas, dinding bata juga masuk dalam daftar tampilan rumah industrial. Dinding bata kemudian dipadukan dengan warna-warna netral pada pintu dan jendela hitam. Hal ini memberikan kesan yang serba serasi dengan eksposur material kasar

2 dari 5 halaman

Fasad Rumah Industrial Kecil

Fasad Rumah Industrial Kecil © Diadona

Salah satu karakteristik dari fasad rumah industrial adalah sering kali memiliki banyak jendela besar atau bahkan dinding kaca yang memungkinkan masuknya cahaya alami sebanyak mungkin. Ini membantu menciptakan suasana terang dan terbuka di dalam rumah.

Walau demikian, tetap perhatikan keamanan dan privasi penghuni ya!

Fasad Rumah Industrial Bentuk Memanjang © Diadona

Desain rumah industrial sangat mudah disesuaikan dengan preferensi individu. Misalnya bisa kamu ingin tampilan rumah industrial yang berkesan timeless, sederhana tapi elegan, tampilan fasad pada gambar di atas mungkin akan menjadi inspirasimu.

Bangunan berbentuk persegi panjang tanpa banyak detail siku. Desainnya seamless, memungkinkan terbentuknya ruang terbuka sebanyak mungkin di dalam rumah.

3 dari 5 halaman

Fasad Rumah Industrial 2 Lantai

Fasad Rumah Industrial 2 Lantai © Diadona

Fasad rumah industrial sering kali menonjolkan struktur bangunan yang kasar, seperti dinding bata ekspos, balok-balk kayu, atau rooster 'mentah'. Pastikan untuk mempertahankan dan menonjolkan elemen-elemen ini dalam desain rumah kamu, seperti pada desain di atas.

Fasad Rumah Industrial Lantai 2 © Diadona

Meskipun rumah industrial cenderung punya estetika yang kasar dan 'mentah', tapi kamu masih bisa menambahkan sentuhan dekorasi yang personal untuk menciptakan suasana yang unik dan menarik. Pada desain fasad rumah di atas misalnya, keberadaan tanaman gantung menciptakan tampilan yang segar pada bangunan yang macho.

Fasad Rumah Industrial 2 Lantai © Diadona

Rumah industrial memang sedang ngetrend, makanya nggak heran kalau banyak rumah lama yang direnovasi dengan desain ini. Tapi tak perlu membongkar seluruhnya. Tetap pertahankan elemen desain yang menunjang tampilan industrial, dan sesuaikan bangunan baru dengan struktur bangunan lama biar nggak menguras banyak biaya.

Fasad Rumah Industrial Lantai 2 Sederhana

Fasad Rumah Industrial Lantai 2 Sederhana © Diadona

Salah satu ciri khas dari fasad rumah industrial adalah penggunaan desain yang terbuka. Misalnya dengan memilih rooster untuk dinding balkon lantai 2 rumah industrial ini.

Dinding rooster ngasih tampilan 'mentah', tangguh, tapi juga aliran cahaya dan udara yang bagus sambil tetap memberikan perlindungan keamanan dan privasi penghuninya.

4 dari 5 halaman

Fasad Rumah Industrial Dua Lantai Modern

Fasad Rumah Industrial Modern © Diadona

Fasad rumah di atas ini kayaknya merupakan gabungan antara desain industrail dan skandinavian, di mana desainnya sederhana dan ergonomis namun juga tampilan yang kokoh dan fungsional.

Fasad Rumah Industrial dengan GlassBox

Fasad Rumah Industrial dengan GlassBox © Diadona

Yup, umumnya glassbox memang digunakan sebagai jalur pencahayaan alami. Namun dalam fasad rumah industrial berikut, glabox juga menambah dimensi visual rumah dan ngasih kontras yang menarik dengan dinding ekspos rumah.

Fasad Rumah Industrial dengan Rooster

Fasad Rumah Industrial dengan Rooster © Diadona

Selain glasboox, roster juga ngasih dimensi visual fasad rumah industrial. Roster juga menambah elemen tekstur dan juga detail pada tampilan rumah, namun sambil mengatur jumalh cahaya dan udara yang masuk dalam rumah.

Fasad Rumah Industrial Berbentuk Kotak

Fasad Rumah Industrial Berbentuk Kotak © Diadona

Dalam memilih fasad rumah industrial, pastikan kamu sambil berkonsultasi dengan ahlinya ya! Mereka nggak cuman bisa membuat desain sesuai dengan selara dan kebutuhanmu, namun juga membantu kamu memilih material yang kuat dan punya ketahanan tinggi.

Secara umum, fasad rumah industrial menonjolkan elemen-elemen seperti dinding ekspose dengan warna natural, ngasih kesan keras dan 'belum jadi' pada rumah.

 

 

5 dari 5 halaman

Beri Komentar