Inspirasi Warna Cat yang Bikin Rumah Tampak Mewah, Pilih yang Tepat Biar Nggak Keliatan Norak!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 12 Februari 2024 19:00
Inspirasi Warna Cat yang Bikin Rumah Tampak Mewah, Pilih yang Tepat Biar Nggak Keliatan Norak!
Cuma modal cat tapi bisa bikin rumah keliatan mewah, emang bisa?

Warna cat rumah biasanya memiliki trend tersendiri yang berubah setiap tahun. Disadari atau tidak, beberapa tahun belakangan, trend warna cat rumah yang populer cenderung didominasi oleh warna-warna pastel yang kalem.

Jika kamu ingin menampilkan kesan rumah yang mewah, ada warna-warna khusus yang bisa menonjolkan kesan tersebut. Beberapa warna yang umum digunakan untuk rumah mewah termasuk nuansa netral seperti putih, abu-abu, atau krem, serta warna-warna yang lebih kaya seperti biru tua, hijau zamrud, atau merah anggur. Selain pemilihan warna, ada pula tampilan akhir cat seperti glossy, matte, atau satin yang juga bisa menciptakan efek mewah pada tampilan rumah.

Berikut ada sejumlah rekomendasi warna cat rumah agar terlihat mewah dan elegan.

1 dari 6 halaman

Putih

Cat Rumah Mewah © Diadona

Secara psikologis, warna putih memberi kesan yang bersih, baru, serta cerah. Meski dengan penerangan yang minim, rumah dengan cat putih biasanya tampak lebih lega.

Meski cenderung standar dengan warna minimalis, pemilihan warna putih yang tepat bisa membuat rumah tampak mewah loh~

Abu-Abu

Cat Rumah Mewah © Diadona

Warna abu-abu bisa jadi pilihan kalau kamu ingin memiliki rumah yang terkesan mewah tapi tetap terasa netral. Kesan elegan, tangguh, lembut, sekaligus minimalis, terpancar dari rumah yang menggunakan cat abu-abu.

Selain kesan mewah nan minimalis yang terpancar, warna cat abu-abu juga cenderung mudah dikombinasikan dengan warna cat ataupun warna interior lain.

Hijau Zamrud

Cat Rumah Mewah © Diadona

Secara umum, warna hijau melambangkan kehidupan dan menghadirkan suasana yang segar. Secara khusus, hijau gelap seperti hijau zamrud atau hijau emerald memberikan kesan yang mewah.

Warna hijau semacam ini harus dikombinasikan dengan cat warna terang seperti putih agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu gelap. Bisa juga dikombinasi dengan ukiran atau interior berwarna cerah lainnya. Penting juga memikiran intensitas pencahayaan agar rumah tetap terlihat cantik dan mewah.

2 dari 6 halaman

Krem

Cat Rumah Mewah © Diadona

Warna krem atau beige juga sedang naik daun nih~ Perpaduan antara coklat yang hangat dan putih yang sejuk, menjadikan beige sebagai warna yang menenangkan dan begitu anggun.

Rumah warna beige biasanya terlihat mewah, berkelas, tapi dengan kesan yang ringan dan homey. Nggak harus diaplikasikan pada dinding luar, tapi bisa juga untuk ruang tamu maupun ruang keluarga kok~

Biru Tua

Cat Rumah Mewah © Diadona

Biru tua yang identik dengan dalamnya lautan, seringkali diasosiasikan dengan kesan ketenangan dan kenyamanan. Sama seperti warna hijau yang cenderung membawa kesan gelap, cat biru tua juga sebaiknya dipadukan dengan warna cat terang lainnya sebagai penyeimbang.

Penambahan dekorasi seperti lukisan, foto, jam dinding, dan sebagainya, bisa juga memberi penegasan untuk kesan estetik di dalam ruangan. Bisa juga diaplikasikan untuk warna cat kamar, karena bisa membantu kamu memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Merah Anggur

Cat Rumah Mewah © Diadona

Warna red wine atau merah anggur bisa jadi pilihan cat rumah agar tampak mewah. FYI, warna merah anggur memang berkaitan dengan kesan kekayaan, kemewahan, dan keanggunan.

Untuk memaksimalkan kesan anggun dan elegan, sebaiknya padukan warna merah anggur ini dengan warna netral lain seperti putih atau abu-abu muda. Penggunaan warna ini sebenarnya menunjukkan selera yang unik dengan gaya hidup yang cenderung mewah.

3 dari 6 halaman

Ungu

Cat Rumah Mewah © Diadona

Di masa lalu, warna ungu identik dengan lambang kemewahan dan status sosial yang tinggi. Namun, jika dikaitkan dengan psikologi, warna ungu ternyata bisa memberi kesejukan sekaligus kehangatan, bahkan merangsang kreativitas.

Kamu bisa memilih warna ungu untuk memberi kesan mewah pada hunian tempat tinggalmu. Kesan penuh semangat, keunikan, gairah, bahkan rasa tenang bisa terangkum jadi satu lewat warna ini.

Soft Pink

Cat Rumah Mewah © Diadona

Soft pink memang kerap 'mewakili' perempuan yang hangat dan lembut. Biasanya, warna ini diaplikasikan pada kamar tidur, ruang keluarga, bahkan dapur.

Warna soft pink sebenarnya cocok banget dipadukan dengan warna cat apapun, maupun interior apa saja. Kesan elegan dan cantik membuat rumah dengan warna soft pink terasa lebih melegakan.

Coklat

Cat Rumah Mewah © Diadona

Coklat bisa jadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin punya tampilan rumah mewah, tapi nggak suka warna hijau. Merepresentasikan alam, warna coklat menghadirkan perasaan nyaman dan hangat dengan vibes klasik.

Untuk membuat tampilannya semakin elegan, kamu bisa memadukannya dengan perabot warna abu-abu, perak, ataupun emas. Untuk menghindari kesan yang terlalu gelap, sebaiknya padukan dengan warna terang di sisi lainnya.

4 dari 6 halaman

Tips Memilih Cat Rumah agar Terlihat Mewah

Cat Rumah Mewah © Diadona

Memilih cat rumah agar tampak mewah bisa jadi keputusan yang cukup kompleks. Barikut ada beberapa tips yang bisa diikuti agar warna cat yang dipilih tampak cocok menciptakan tampilan rumah mewah.

1. Pertimbangkan Keselarasan dengan Arsitektur

Pertimbangkan gaya arsitektur rumah dan pilih warna cat yang melengkapi atau meningkatkannya. Misalnya, rumah dengan arsitektur klasik akan terlihat indah dengan warna cat netral atau tradisional, sementara rumah modern mungkin terlihat menonjol dengan warna yang lebih bold dan eksentrik.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Warna lingkungan sekitar rumah, seperti warna tanah, vegetasi, dan elemen alam lainnya, juga harus dipertimbangkan. Pilihlah warna cat yang menyatu dengan lingkungan sekitar agar rumah terlihat harmonis dan elegan.

3. Pikirkan Kontras

Pertimbangkan kontras antara warna dinding, trim, dan aksen. Kontras yang tepat dapat menambah dimensi visual dan menonjolkan elemen arsitektural kediamanmu dengan cara yang mewah.

5 dari 6 halaman

4. Coba Warna-warna Kaya

Warna-warna kaya seperti merah anggur, biru tua, hijau zamrud, atau ungu mewah sering kali memberikan kesan kemewahan dan keanggunan pada rumah. Namun, pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan selera dan cocok dengan gaya rumahmu.

5. Uji Sampel Warna

Sebelum memutuskan warna cat, jangan lupa untuk uji sampel warna di dinding rumah. Warna cat dapat terlihat berbeda tergantung pada cahaya dan konteksnya, jadi pastikan untuk melihatnya di berbagai kondisi pencahayaan sepanjang hari sebelum membuat keputusan akhir.

6. Konsultasikan dengan Ahli

Satu lagi yang nggak kalah penting, yakni konsultasikan dengan ahli dekorasi atau desain interior. Pendapat ahli bisa memberikan saran yang berharga berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka.

Beri Komentar