Doa Menempati Rumah Baru dalam Bahasa Arab beserta Artinya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 27 Maret 2024 16:00
Doa Menempati Rumah Baru dalam Bahasa Arab beserta Artinya
Berikut ini doa menempati rumah baru.

Doa menempati rumah baru biasa dibaca saat umat Muslim baru pertama kali pindah dan menempati rumah barunya. Tidak hanya sekadar beralih tempat tinggal, tetapi ini juga merupakan awal dari babak baru dalam perjalanan hidup.

Doa ini pun merupakan ungkapan rasa syukur dan harapan untuk masa depan yang lebih baik supaya rumah betah di rumah yang ditempati dan terasa nyaman untuk ditinggali sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Doa Menempati Rumah Baru

Doa Menempati Rumah Baru © Diadona© pinterest.com

Dilansir dari laman cnnindonesia.com (11/3), berdasarkan NU (Nahdlatul Ulama) berikut ini adalah doa saat menempati rumah baru.

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin 'Imran, wa najjz Yunusa min bathnil ḫut, wa sayyaral fulka li man sya-a, antal 'alimu bi 'adadi qathril biḫari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi 'aja'ibil makhluqat. As'alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya Mujiba man da'ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla' manzili hadza khairan wa barakah. Washalli 'ala nabiyyika wa rasulika sayyidina Muḫammadin wa alihi wa shaḫbih wa sallim.

2 dari 4 halaman

Arti Doa Menempati Rumah Baru

Artinya: " Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin 'Imran serta menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar yang menjalankan perahu pada siapa saja yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut serta satuan-satuan kerikil."

" Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk. Aku memohon pada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan pada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa pada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau Maha Mencukupi."

" Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan dan penuhilah tempatku ini dengan kebaikan serta keberkahan. Sholawat salam semoga tercurah pada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan pada para keluarga serta sahabatnya."

3 dari 4 halaman

Amalan Menempati Rumah Baru

Doa Menempati Rumah Baru © Diadona© pinterest.com

Tak cuma membaca doa menempati rumah baru di atas, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat Muslim saat menempati hunian barunya. Antara lain berikut ini:

1. Baca Surah Al-Fatihah 3 Kali

Saat pertama kali masuk ke rumah baru, penghuni rumah dianjurkan membaca surah Al-Fatihah sebanyak 3 kali.

2. Baca Surah Al-Mu'minun Ayat 28-29

فَإِذَا ٱسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى ٱلْفُلْكِ فَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Fa izastawaita anta wa mam ma'aka 'alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillahillazi najjana minal-qaumiz-zalimin.

Artinya: " Apabila kamu serta orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah 'Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim'."

ا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin.

Artinya: " Dan berdoalah, 'Ya Tuhanku, tempatkanlah aku di tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat'."

4 dari 4 halaman

3. Baca Doa Menempati Rumah Baru

Yang terakhir, penghuni rumah yang baru pindah tersebut membaca doa menempati rumah baru yang telah dijelaskan di atas.

Rumah Mungil Minimalis © Diadona© pinterest.com

Itulah doa yang dibaca saat menempati rumah baru bagi umat Muslim. Dengan membaca doa ini diharapkan para penghuni akan betah tinggal di rumah barunya tersebut dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya.

Beri Komentar