24 Desain Warung Kopi di Depan Rumah, Sederhana dan Menarik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 25 Oktober 2023 20:24
24 Desain Warung Kopi di Depan Rumah, Sederhana dan Menarik
Wujudkan warung kopi idamanmu dengan berbekal lahan minimalis di depan rumah.

Desain warung kopi depan rumah menjadi inspirasi yang menarik untuk memanfaatkan space lahan di depan rumah sebagai tempat usaha. Menilik kembali dalam beberapa tahun ini, bisnis warung kopi mulai merebak di berbagai kalangan dan cukup diminati. Hal tersebut karena berkembangnya budaya minum kopi yang menjadi trend di kalangan milenial maupun gen Z. 

Membuat usaha warung kopi sendiri tentu menjadi ide bagus melihat banyaknya peminat. Memanfaatkan space lahan rumah sebagai warung kopi tentu dapat menghemat anggaran yang dikeluarkan dibanding membeli atau menyewa ruko. Dan tentunya, dapat membuat lahan menjadi lebih fungsional. Namun, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah desain warung kopi yang pas. 

Apalagi saat ini, warung kopi bukan hanya sekedar menjual kopi atau makanan saja, tetapi kebutuhan konten juga. Tak jarang, mengabadikan momen ketika berada di warung kopi yang menghadirkan estetika menarik dan instagramable di social media. Berikut ini, beberapa desain warung kopi di depan rumah yang bisa coba kamu terapkan untuk usaha: 

 

1 dari 6 halaman

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Bar Kayu

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Bar Kayu © Diadona

Merancang warung kopi di depan rumah tentu membutuhkan kreativitas agar dapat mengikuti perkembangan saat ini. Bukan hanya dari segi minuman saja yang perlu dikembangkan, tetapi juga desain warung kopi yang kekinian dapat menarik minat pelanggan untuk datang. 

Jika kamu sedang merencanakan konsep warung yang outdoor, kamu dapat menggunakan desain warung kopi ala mini bar dengan material kayu yang satu ini. Selain tampilan cozy dan nyaman, juga menciptakan suasana ramah dan akrab antara pelanggan dengan barista yang saling berhadapan. 

Desain Warung Kopi Depan Rumah Ala Vintage

Desain Warung Kopi Depan Rumah Ala Vintage © Diadona

Membuat warung kopi yang instagramable tentunya terdapat banyak model desain kekinian yang dapat diterapkan. Tapi terkhusus desain warung kopi yang satu ini meskipun terlihat jadul, justru tidak lekang waktu, loh! Nyatanya banyak muda mudi yang menyukai desain vintage yang dinilai estetik untuk kebutuhan media sosial. 

Tidak butuh desain yang neko-neko, kamu hanya perlu memilih warna cat yang netral atau terlihat usang dan barang-barang lawas seperti tempat duduk jadul, papan nama jadul tatanan yang terkesan tidak rapi.

Desain Warung Kopi Depan Rumah Minimalis

Desain Warung Kopi Depan Rumah Minimalis © Diadona

Konsep interior, warna dinding, desain meja dan kursi, pencahayaan, dan musik; semua faktor ini memberi kafe kamu kepribadian yang akan menentukan cara orang memandang dan menghabiskan waktu di sana.

Rumah sempit di sebelah gang tak jadi soal. Meskipun mungil dan minimalis, namun warung kopi depan rumah ini bakalan jadi spot nongkrong yang asik abis!

Warung Kopi Kecil di Depan Rumah

Warung Kopi Kecil di Depan Rumah © Diadona

Nah kalau desain warung kopi di depan rumah ini cocok banget bila produk kopi kamu terkenal berkualitas baik, sehingga tak ada tempat dine in pun tak jadi soal. Namun pastikan tampilan warung kopimu yang mungil tetap punya konsep sesuai dengan keinginanmu.

Warung Kopi di Depan Rumah di Pinggir Jalan

Warung Kopi di Depan Rumah di Pinggir Jalan © Diadona

Bila rumahmu memiliki halaman cukup luas, desain warung kopi berikut ini adalah pilihan yang pas. Bagian halaman bisa menjadi tempat dine in, sementara itu warung kopi berada sedekat mungkin dengan jalan agar mudah terlihat dan memudahkan mereka yang ingin take away.

Desain Warung Kopi di Depan Rumah Lawas

Desain Warung Kopi di Depan Rumah LAwas © Diadona

Apakah kamu ingin pelanggan kamu makan cepat atau dibawa pulang dan keluar dengan cepat, atau apakah kamu lebih suka kalau mereka menghabiskan banyak waktu di warung kopi milkmu?

Nah, pilihan desain warung kopi di depan rumah ternyata sangat mempengaruhi waktu pergantian meja lho! Jadi benar-benar perhatikan desain warung kopi, pemilihan warna, furniture, musik, lampu, dan lainnya.

Warung kopi di depan rumah ini nampaknya berasal dari bangunan lawas, yang mostly di kampung yang mengalami perombakan secara sederhana dengan mempertahankan bentuk aslinya. Nah kalau desainnya seperti ini, bikin kamu berlama-lama di sana dan memesan lebih banyak menu,nggak?

 

2 dari 6 halaman

Desain Warung Kopi di Depan Rumah Putih

Desain Warung Kopi di Depan Rumah Putih © Diadona

Warung kopi kekinian dengan warna putih ini cukup menjadi tempat favorit instagenic yang estetik. Desain warung kopi depan rumah satu ini dapat menjadi rekomendasi desain yang ciamik untuk kamu adopsi sebagai warung kopi di depan rumah. 

Menciptakan warung kopi dengan nuansa putih ini memberikan tampilan bersih, minimalis dan elegan. Jadi tidak heran desain warung kopi seperti ini cukup diminati terutama bagi para pecinta tempat-tempat yang estetik. 

Nah, itu dia beberapa desain warung kopi depan rumah yang bisa kamu coba tiru untuk usaha warung kopi yang akan dirintis. Tentunya bisa ditempat di lahan yang terbatas sekalipun jadi cus deh buruan tentukan desain pilihan yang sesuai agar warung kopi kamu terlihat menarik dan instagenic.

Desain Warung Kopi di Depan Rumah Berkonsep Japannese

Desain Warung Kopi di Depan Rumah Berkonsep Japannese © Diadona

Warung kopi depan rumah dengan konsep japanese menjadi sentuhan yang menarik untuk tampilan warung kopi kamu. Tentunya pada desain ala japanese ini memiliki elemen yang menonjol pada tampilan eksteriornya, salah satunya pada bentuk atap dan juga pemilihan keramik waran putih untuk dinding luar.

Desain japanese ini juga sangat identik dengan material kayu dan penggunaan warna putih atau warna terang pada cat dindingnya. Perpaduan inilah yang menambah tampilan warung kopi semakin terlihat ciamik dan estetik serta menciptakan nuansa yang menenangkan. 

 

3 dari 6 halaman

Desain Warung Kopi di Depan Rumah dengan Booth

Desain Warung Kopi di Depan Rumah dengan Booth © Diadona

 

Selanjutnya, desain warung kopi depan rumah yang cocok untuk area outdoor dan juga dapat digunakan di halaman depan rumah yang terbatas. Warung kopi dengan menggunakan booth terbuka seperti ini memiliki penampilan yang terlihat menarik dan unik. 

Tentunya dengan menggunakan model warung kopi yang simpel seperti ini kamu tidak perlu membangun atau merenovasi bagian rumah untuk dibuat sebagai tempat dapur kopi, lebih hemat pengeluaran bukan? Kamu juga dapat menambahkan dekorasi tambahan seperti logo usaha hingga lampu hias yang menarik.

Desain Warung Kopi di Depan Rumah dengan Pohon Besar

Desain Warung Kopi di Depan Rumah dengan Pohon Besar © Diadona

Pohon besar bikin seram? Eits, dengan desain warung kopi depan rumah yang pas, pohon tersebut justru bikin warung nampak sejuk dan homey. Untu menunjang tampilan depan warung, gunakan interior yang ngasih suasana gloomy dan sendu. 

Desain Warung Kopi Jadul di Depan Rumah

Desain Warung Kopi Jadul di Depan Rumah © Diadona

Warung kopi di depan rumah berikut ini mirip banget bentuknya dengan warung kelontong yang dimiliki oleh Mak Nyak di sinetrol si Doel Anak Sekolahan, bukan? Kesan antik nampak kuat, didukung dengan tanaman yang seolah dibiarkan.

Nggak perlu effort beli kursi cafe yang cantik, pakai saja furniture lawas.

Desain Warung Kopi dengan Banyak Tanaman

Desain Warung Kopi dengan Banyak Tanaman © Diadona

Warung kopi harus bisa menampung mereka yang ingin berinteraksi dan mereka yang hanya ingin sendiri. Nah, warung kopi miliknya harus bisa mengakomodir keseimbangan antara keduanya.

Yakni ada pilihan tempat duduk untuk mereka yang beramai-ramai, dan juga beberapa spot tersembunyi bagi mereka yang ingin berdiam diri.

Desain Warung Kopi Homey di Depan Rumah

Desain Warung Kopi Homey di Depan Rumah © Diadona

Dalam menentukan desain warung kopi, homeyness tuh sangat penting lho! Seperti namanya, ini mencangkup perasaan seperti di rumah sendiri. Hal ini dilakukan melalui elemen seperti dekorasi, estetika, kenyamanan, nuansa dan sentuhan ruang.  

4 dari 6 halaman

Desain Warung Kopi Depan Rumah Bernuansa Tropis

Desain Warung Kopi Depan Rumah Bernuansa Tropis © Diadona

Ingin memiliki warung kopi yang menyatu dengan sentuhan alam? Desain warung kopi depan rumah yang satu ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Memiliki lahan yang tidak luas bukan menjadi hambatan untuk membuat warung kopi di depan rumah. Tampilan mungil dengan tempat duduk ala mini bar ini bisa jadi solusi yang bagus. 

Selain itu, mengkombinasikan model warung kopi mungil dengan nuansa tropis ini dapat memberikan nuansa yang adem dan menenangkan dalam menikmati kopi di suasana berbagai tanaman yang rindang.

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Tanaman

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Tanaman © Diadona

Berbeda pemilihan jenis tanaman, berbeda pula tampilan yang dihasilkan, bukan? Yan terpenting adalah jaga agar tanaman dekorasi tetap bersih dan terawat.

Warung Kopi Takeaway di Depan Rumah

Warung Kopi Takeaway di Depan Rumah © Diadona

Untuk warung kopi depan rumah yang hanya khusus melayani pesanan take away, kamu bisa merenovasi bagian depan rumah seperti pada desain di atas. Gunakan kaca pembatas yang menghubungkan kamu dan pembeli, trus ada pojok untuk memesan dan menerima produk. 

Warung Kopi Jadul di Depan Rumah

Warung Kopi Jadul di Depan Rumah © Diadona

Tidak setiap renovasi harus dimodernisasi. Kalau kamu punya bangunan di kawasan lama berusia puluhan tahun tapi masih kokoh, gunakan desain tersebut sekalian. Tambahkan dengan barang-barang klasik yang menunjang desain warung kopi di depan rumah kamu tersebut.

Desain Warung Kopi Estetik di Depan Rumah

Desain Warung Kopi Estetik di dEpan Rumah © Diadona

Seperti halanya restoran, warung kopi sangat bergantung pada kepuasan pelanggan. Kepuasan ini nggak hanya bergantung pada makanan, tapi juga ruang dan lingkungan yang disediakan.

Nah, warung kopi di atas serasa seperti pulang ke rumah, kan? Walau dengan bangunan yang terpisah.

5 dari 6 halaman

Warung Kopi Sederhana di Depan Rumah

Warung Kopi Sederhana di Depan Rumah © Diadona

Selain milih desain warung kopi di depan rumah, perhatikan juga ya jenis pencahayaan yang diberikan. Lampu yang terang banget di suatu cafe bakalan bikin pelanggan kewalahan, trus perhatian mereka jadi teralhikan dari makanan. Selain itu juga bikin mereka nggak nyaman.

Nah untuk kesan rustic dan ekslusif biasanya dipilih lampu redup yang hangat. 

Warung Kopi Kecil di Depan Rumah

Warung Kopi Kecil di Depan Rumah Perumahan © Diadona

Warung kopi depan rumah berikut ini nampaknya berada di depan rumah sebuah perumahan dan banyak orang lalu lalang. Coba bayangkan mampir sebentar sebelum pulang, sambil duduk berdiam melihat jalanan.

Nah, suasana seperti itukah yang ingin kamu ciptakan?

Desain Warung Kopi di Bekas Garasi Rumah

Desain Warung Kopi di Bekas Garasi Rumah © Diadona

Pernahkah kamu terpikirkan untuk memanfaatkan garasi rumah sebagai tempat warung kopi? Nah, kamu bisa nih mulai menerapkannya di garasi rumah kamu, loh! Jauh dari desain umumnya yang rapi dan memiliki finishing rapi, kamu dapat menerapkan desain industrialis pada warung kopi kamu. 

Dengan tampilan tembok bata ekspos, tembok semen yang berantakan dan garis-garis kayu pada atap memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Warung kopi industrialis menciptakan visual karakter unik di garasi rumah.

6 dari 6 halaman

Warung Kopi di Halaman Rumah

Warung Kopi di Halaman Rumah © Diadona

Sempat tempat bisa sangat mahal, mengapa tak manfaatkan saja halaman rumah yang kebetulan punya lokasi menguntungkan? Tak perlu ruang yang besar untuk bagian kasir dan pemesanan makanan, bagian dapur pun juga bisa banget dikondisikan. Nah, yang paling penting adalah membuat ruang nongkong yang asyik walau di depan rumah doang. 

Desain Warung Kopi di Halaman Rumah yang Luas

Desain Warung Kopi di Halaman Rumah yang Luas © Diadona

Dengan menu yang sederhana, dapur warung kopi cukup berada di ruang kecil saja. Sementara itu maksimalkan jumlah tamu dengan penyediaan bangku yang oke, suasana mendukung, dan harga ramah di kantong.

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Beanbag

Desain Warung Kopi Depan Rumah dengan Beanbag © Diadona

Salah satu cara menentukan desain warung kopi depan rumah yakni dengan melihat dulu siapa yang akan jadi target marketmu? Bila kebanyakan dari mereka adalah bapak-bapak, maka kursi kayu yang nyaman ala di rumah adalah pilihan yang tepat.

Sementara itu, bean bag bisa menjadi kursi yang nyaman dan aesthetic untuk anak muda yang ingin nongkrong berlama-lama.

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar