9 Rumah Bata Minimalis yang Sederhana tapi Didesain Mewah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 19 September 2023 16:11
9 Rumah Bata Minimalis yang Sederhana tapi Didesain Mewah
Rumah bata minimalis menawarkan aya arsitektur dengan menggabungkan unsur kesederhanaan, keindahan dan modern dalam desain rumah

Mencari inspirasi rumah dengan desain anti mainstream? Rumah bata minimalis dapat menjadi solusi yang tepat. Salah satu style rumah yang semakin populer dipakai pemilik rumah maupun kalangan ahli interior masa kini adalah desain rumah bata. Rumah bata minimalis ini mengusung konsep raw atau unfinsihed sehingga terkesan unik pada tampilan rumah. Rumah bata minimalis menjadi sebuah gaya arsitektur dengan menggabungkan unsur kesederhanaan, keindahan dan modern dalam desain rumah. Batu bata atau beton digunakan sebagai elemen utama dalam struktur bangunan. 

Dengan fokus pada kesederhanaan, estetika dan fungsionalitas, rumah bata minimalis menawarkan sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan menarik. Desainnya yang simple dapat memaksimalkan penggunaan energi menjadi lebih efisien. Rumah bata minimalis dapat menyimpan panas dengan baik untuk mengurangi biaya pemanas atau pendingin udara. Batu bata menjadi bahan yang tahan lama dan mudah didaur ulang, sehingga sering dijadikan pilihan karena berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang. Desainnya yang sederhana membuat tampilan rumah ini tampak bersih dan rapi. Meskipun terlihat sederhana, rumah bata minimalis menjadi tampilan yang elegan dan menawan dihasilkan dari kombinasi batu bata alami dengan elemen modern untuk menciptakan daya tarik visual yang unik. 

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, rumah bata minimalis menjadi pilihan menarik bagi kamu yang sedang mencari gaya arsitektur rumah sederhana namun terlihat estetis. Jika kamu tertarik untuk menerapkan desain rumah bata minimalis, berikut ini redaksi Diadona telah menyiapkan beberapa referensi terbaik untukmu. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Berkonsep Modern

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Rumah bata minimalis dapat menawan dengan konsep modern minimalis yang elegan. Rekomendasi model pertama ini memadukan unsur industrial dengan penggunaan bahan kayu dan batu bata merah sebagai bahan dasar bangunan rumah. Untuk menciptakan unsur modern, kamu dapat memakai elemen-elemen modern seperti kaca, beton dan bahan-bahan tradisional layaknya batu bata. Rumah bata minimalis identik dengan atap rumah cenderung datar, desain yang terbuka dan memaksimalkan penggunaan cahaya alami. Rumah bata minimalis akan tampak semakin indah jika dipadukan dengan jendela berukuran besar, lighting berwarna kuning dan teras yang disusun rapi. 

 

 

2 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Bergaya Amerika Klasik

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Kamu menginginkan rumah bata berkonsep hunian barat? Rumah bata minimalis ala amerika klasik dengan memakai batu bata ekspos akan sangat cocok untuk dijadikan inspirasi rumahmu. Rumah bata minimalis bergaya amerika klasik adalah kombinasi menarik antara desain minimalis sederhana dengan gaya arsitektur barat yang tradisional. Ciri khas yang tampak pada desain rumah ini adalah tampilan depan menggunakan batu bata untuk memberikan kesan yang klasik dan tahan lama. Biasanya penggunaan atap bergaya gable yang memiliki sisi dua miring dengan puncak tinggi di tengah banyak digunakan untuk memberikan kesan yang anggun.

Selain itu, rumah bata minimalis berkonsep amerika klasik ini banyak menggunakan jendela simetris berukuran besar untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Untuk membuat tampilan rumah makin segar, kamu bisa menambahkan taman depan rumah minimalis agar makin hidup. 

 

3 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Sederhana

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Meskipun termasuk pada kategori rumah sederhana, namun tampilannya dapat kamu buat semenarik mungkin agar tidak ketinggalan zaman. Rumah bata minimalis sederhana menjadi gaya arsitektur rumah dengan menekankan kesederhanaan, efisien dan kepraktisan pada desainnya. Atap rumah bata minimalis sederhana seringkali berbentuk segitiga siku untuk memberikan kesan modern dan memaksimalkan ruang di lantai atas. Desain rumah ini sering memiliki desain interior yang terbuka dengan ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang dapat terintegrasi dengan lancar. Meskipun tampilannya terlihat sederhana, rumah ini seringkali menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman bagi penghuninya.

 

4 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Tipe Industrial

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Desain rumah ini mengambil inspirasi dari bangunan industri dengan penggunaan eksposur material seperti beton dan besi. Rumah bata industrial biasanya menggabungkan unsur desain minimalis sederhana dengan estetika industri. Penggunaan material kasar seperti beton, baja, dan tentunya batu bata menjadi material utama untuk membangun rumah ini. Material-material tersebut dibiarkan ekspos dalam desain untuk menciptakan tampilan yang kasar dan industrial. Dekorasi dalam rumah bata minimalis industrial biasanya terlihat kaslik dengan memanfaatkan furnitur yang memiliki tampilan industrial seperti besi atau kayu. Terkadang juga dilengkapi dengan perangkat atau teknologi hemat energi untuk mencapai efisiensi yang baik.

 

5 dari 9 halaman

Rumah Bata dengan Model Futuristik

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Menggabungkan desain futuristik dengan material alam berupa batu bata, mengapa tidak? Keduanya akan terlihat unik dan eyecatching dengan mengkombinasikan eksterior yang selaras. Rumah bata minimalis dengan model futuristik menjadi perpaduan yang menarik antara desain minimalis sederhana dengan elemen futuristik yang menciptakan tampilan modern dan inovatif. Ciri khas yang tampak pada desain rumah ini adalah bangunan rumah yang sengaja dibangun menggunakan material batu bata dan bagian atap didesain unik dengan bentuk yang modern layaknya bergaya futuristik masa depan. Meskipun atap dibuat unik dan tidak beraturan namun tetap memiliki fungsi utama untuk melindungi rumah bata. Bagaimana cukup menarik bukan?

 

6 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Kontemporer

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Rumah bata minimalis bergaya kontemporer adalah gaya arsitektur yang memadukan unsur-unsur desain minimalis dengan estetika kontemporer modern. Desain rumah ini akan menciptakan tampilan yang bersih, sederhana dan fungsional dengan sentuhan modern aktual. Atap rumah bata minimalis kontemporer didesain dengan kemiringan yang rendah atau datar untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan estetika kontemporer. Kamu dapat merancang halaman berukuran minimalis dengan memberikan sentuhan tanaman atau sedikit hiasan untuk menciptakan nuansa natural modern. Model rumah ini cocok untuk kamu yang menyukai desain modern dan fungsionalitas dalam rumah, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman dengan tampilan minimalis namun tetap terlihat elegan.

 

7 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Berkonsep Farm House

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Nah, tipe rumah bata minimalis kali ini banyak dipakai pada hunian Amerika dengan nuansa homey atau biasa disebut farm house. Gaya rumah bata minimalis farm house ini menciptakan tampilan yang hangat, nyaman dan mengingatkan pada rumah-rumah pedesaan di perkebunan. Furnitur yang biasa digunakan pada model rumah ini adalah desain rustik dengan memakai kayu kasar, logam dan material berbahan alami. Beberapa model rumah ini memiliki langit-langit tinggi dengan kayu yang terlihat untuk menciptakan tampilan yang lapang dan luas. Pada umumnya rumah batu bata minimalis terlihat seperti tidak bertingkat, namun beberapa diantaranya memanfaatkan loteng sebagai tempat penyimpanan. Sangat terlihat klasik ya Diazen?

 

8 dari 9 halaman

Rumah Bata Minimalis Ekspos dengan Atap Datar

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Rekomendasi selanjutnya adalah membangun rumah bata minimalis dua lantai dengan atap yang datar. Aksen yang diberikan bata ekspos di area eksterior semakin membuat tempat tinggalmu tampak natural menyatu dengan alam. Agar tidak terkesan kaku, kamu dapat mengkreasikan dinding lantai dua menjadi roster sehingga tampilan rumah bata minimalis  tampak bernuansa klasik modern. Dengan memanfaatkan roster tersebut akan membantu memperlancar masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara dalam rumah akan lebih terjaga kualitasnya.

 

9 dari 9 halaman

Desain Unik Pada Atap Rumah Bata Minimalis

Rumah Bata Minimalis © Diadona

Selain memperhatikan tampilan depan rumah, kamu juga dapat mengkreasikan atap rumah bata minimalis agar tampak unik dan menarik. Dengan menggunakan material batu bata, kamu dapat menyulap tampilan atap rumah menjadi lebih eye catching. Penghuni dapat menempatkan material batu bata ekspos pada bagian atap rumah untuk mempercantik tampilan rumah. Sedangkan pada bagian badan rumah dibuat minimalis dengan memanfaatkan penggunaan material besi dan kaca. Desain unik pada atap rumah bata minimalis ini dapat memudahkan agar pencahayaan alami masuk ke dalam ruang interior rumah. 

Nah, itu dia berbagai rekomendasi desain menarik rumah bata minimalis yang dapat kamu tiru dan jadikan inspirasi dalam membangun rumah. Berbagai desain menarik dari rumah bata minimalis memang tidak akan ada habisnya nih Diazen! So, pastikan untuk memilih model rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu ya. 

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar