7 Cara Ampuh Mengusir Lalat yang Mudah Dilakukan dan Gak Ribet

Reporter : Yoyok
Selasa, 5 Maret 2024 15:20
7 Cara Ampuh Mengusir Lalat yang Mudah Dilakukan dan Gak Ribet
Lalat memang bisa sangat mengganggu dan bikin sebel banyak orang.

Banyak orang yang bertanya-tanya dalam sukma maupun raga, bagaimana cara mengusir lalat aga tidak balik lagi. Seperti kita tahu, lalat bisa sangat mengganggu dan nyebelin. Bayangkan kalau kamu lagi enak-enak makan, lalu disamperin lalat satu atau dua ekor. Lalat ersebut akan beterbangan di sekitarmu sehingga mengganggu kenikmatan sajian yang akan kamu santap.

Serangga satu ini juga membuat banyak orang jijik dan sampai ogah jika mereka hinggap di tangan ataupun makanan yang akan disantap. Seperti kita tahu, lalat merupakan hewan yang bisa hinggap di mana saja, termasuk sampah atau tempat-tempat kotor lainnya. Maka dari itu, lalat bisa dibilang sebagai hewan yang kotor dan menjijikkan.

Tim Diadona telah merangkum berbagai macam cara untuk mengusir lalat. Yuk disimak guys.

1 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat Pakai Rempah-Rempah dan Bunga

Cara Mengusir Lalat © Diadona© unsplash.com/Annie Spratt

Cara pertama untuk mengusir lalat yaitu dengan menggunakan rempah-rempah dan bunga. Rempah-rempah dan bunga memiliki bau yang tidak disukai oleh serangga seperti lalat.

Ada beberapa bunga yang dapat mengusir lalat di antaranya adalah kemangi, marigold, lavender, daun salam, dan catnip. Kamu bisa menanam bunga dan rempah-rempah di kebun atau bagian luar rumah agar tidak ada lalat di sekitarmu.

2 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat dengan Cuka dan Sabun Cuci Piring

Cara Mengusir Lalat © Diadona© shutterstock.com

Kamu bisa memanfaatkan campuran antara cuka dan sabun cuci piring untuk menjebak lalat. Caranya pun sangat mudah, campurkan sedikit beberapa tetes sabun cuci piring dan sedikit cuka apel ke dalam gelas panjang. Tutup gleas panjang tersebut dengan bungkus plastik. Ikat bungkus plastik tersebut dengan karet dan beri lubang di atasnya.

Nanti, lalat akan tertarik dengan bau cuka tersebut lalu masuk ke dalam gelas yang sudah dibungkus plastik tersebut. Sabun cuci piring tersebut akan membuat lalat tenggelam.

3 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat dengan Air dan Cabai Cayenne

Cara Mengusir Lalat © Diadona© unsplash.com/Shane Kong

Cara berikutnya yaitu dengan memanfaatkan cabai cayenne dan air. Campuran dari dari cabai cayenne dan cabai tidak disukai oleh lalat.

Caranya yaitu dengan mencampurkan cabai cayenne dan air lalu disemprotkan di sekitar rumah. Setelah rumahmu disemprot dengan campuran cabai cayenne dan air, dijamin lalat ogah masuk ke dalam rumah.

4 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat dengan Tanaman Venus

Cara Mengusir Lalat © Diadona© unsplash.com/Gabriel

Tanaman venus bisa banget menjadi cara untuk mengusir lalat. Tanaman satu ini merupakan tanaman insektivora atau pemakan serangga. Tanaman tanaman venus di luar rumah, maka mereka yang akan memakan lalat di sekitar.

Ketika lalat hinggap di tanaman venus, kedua sisi tanaman tersebut akan menutup. Selanjutnya, tanaman itu akan mengeluarkan cairan yang dapat mencerna bagian lalat. Tanaman venus mencerna lalat sekitar 5-12 hari, lalu mengeluarkan bagian exoskeleton atau rangka luar yang melindungi serangga.

5 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat Pakai Jebakan Lampu

Cara Mengusir Lalat © Diadona© shutterstock.com

Cara mengusir lalat selanjutnya yang bisa Diazens coba adalah dengan menggunakan jebakan lampu. Jebakan lampu ini adalah sebuah kotak dengan lampu yang berada di bagian belakangnya untuk menarik perhatian lalat.

Lalat akan tertarik dengan cahaya yang dihasilkan oleh jebakan tersebut dan mendekatinya. Saat lalat mendekati lampu tersebut, mereka akan mati karena terkena sengatan listrik.

6 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat Pakai Sticky Traps

Cara Mengusir Lalat © Diadona© unsplash.com/Jin Yeong Kim

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir lalat dengan menggunakan sticky traps. Sticky traps merupakan kertas maupun stik yang lengket dan dapat digantung atau diletakkan di bagian rumah.

Nantinya, lalat akan hinggap lalu menempel dan tidak bisa lepas. Sebaiknya gunakan stik atau kertas dengan warna terang agar lalat tertarik untuk mendekatinya.

7 dari 7 halaman

Cara Mengusir Lalat dengan Membersihkan Secara Rutin

Cara Mengusir Lalat © Diadona© shutterstock.com

Cara selanjutnya yaitu tips yang seharusnya kamu lakukan setiap hari, yaitu bebersih secara rutin. Lalat suka banget dengan lingkungan yang kotor dan banyak sampah. Dengan membiarkan lingkungan kotor sama dengan memancing lalat untuk datang.

Pastikan untuk menjaga kebersihan rumah, terutama area dapur dan tempat pembuangan sampah. Sisihkan waktu untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan tumpahan minuman. Lingkungan yang bersih auto bikin lalat berkunjung ke rumahmu.

Itulah beberapa cara mengusir lalat yang bisa Diazens lakukan. Semoga habis ini gak ada lalat singgah ke rumahmu ya.

Beri Komentar