Cara Membuat Sabun Cuci Piring dan Sabun Cair dari Bahan Organik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 2 Oktober 2020 22:55
Cara Membuat Sabun Cuci Piring dan Sabun Cair dari Bahan Organik
Cara membuat sabun ini layak kamu kuasai kalau kamu ngaku cinta bumi.

Cara membuat sabun sendiri adalah ide yang bagus banget untuk kamu yang aware dengan kandungan bahan kimia dan ingin beralih ke bahan-bahan alami. Apakah bikinnya ribet? Nggak dong! Kamu bisa membuatnya dari bahan yang mungkin mudah kamu temui, dan yang terpenting adalah ekonomis serta aman untuk kulit dan lingkungan.

Sebenarnya sabun dari bahan alami udah banyak tersedia di pasaran. Mereka memiliki klaim terbuat dari bahan natural Tapi sayangnya produk tersebut harganya nggak ramah di kantong. Kalau kamu harus mencuci dalam jumlah yang banyak setiap harinya, sabun cuci tersebut bisa jadi pemborosan yang besar.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk kenali gimana cara membuat sabun dan bahan-bahan apa aja yang diperlukan.

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Sabun © Diadona

Salah satu sabun yang sering dicari alternatifnya adalah sabun cuci piring. Seperti ini nih cara membuat sabun cucinya.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Lerak

Lerak adalah buah berbentuk seperti kacang walnut dan tumbuh di pohon dengan tinggi sekitar 10 meter. Pohon dan buah lerak banyak sekali tumbuh di Indonedsia karena kecocokan tanah dan iklimnya.

Buah lerak udah lama banget digunakan untuk mencuci batik. Manfaat lerak sebagai bahan pencuci didapat dari kandungan saponin dalam bijinya. Dikutip dari Zerowaste, saponan pada lerak inilahg yang akan menghasilkan busa dan menghilangkan minyak-minyak noda. Nggak cuman untuk mencuci piring, sabun dari lerak juga bisa untuk membersihkan lantai, ruangan, rambut, dan juga wajah.

Cara membuat sabun dari bii lerak dilakukan dengan merebusnya sampia mendidih. Tunggu sampai dingin, lalu saring. Gunakan dengan menyemprotkan cairan ke spon yang digunakan untuk mencuci piring.

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Baking Soda dan Cuka

Baking soda mengandung bikarbonat yang merupakan bahan abrasif ringan nan lembit, cocok banget untuk membersihkan peralatan dan menghilangkan bau di rumah. Sedangkan asam merupakann alternatif nggak beracun yang banyak digunakan untuk pembersih, terutama pemutih.

Dalam cara membuat sabun cuci, larutkan beberapa sendok cuka ke dalam air trus tambahkan baking soda. Aduk secara merata.

Cara Membuat Sabun dari Garam dan Baking Soda

Cara Membuat Sabun © Diadona

Kandungan bikarbonat pada baking soda yang bersifat basa bisa jadi lawan yang tangguh untuk minyak dan noda membandel. Apalagi kalau kolaborasi dengan garam, keduanya bisa mengakat kotoran pada piring secara maksimal.

Cara membuat sabun cuci piring dengan baking soda dan garam dilakukan dengan melarutkan keduanya denga air hangat dan diaduk sampai larutan jadi kental. Selanjutnya, oleskan cairan ke piring dan diamkan selama satu menit.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh punya rasa asam yang biasanya digunakan dalam pembuatan beberapa makanan. Siapa sangka kalau buah ini juga bisa dimanfaatkan dalam cara membuat sabun cuci.

Penggunaannya, kupas belimbing wuluh trus gosokkan pada noda yang menempel.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Jeruk Nipis atau Lemon dan Cuka

Jeruk nipis dikenal dengan bahan aktifnya sebagai anti bakteri. Fungsi inilah yang bisa kita gunakan sebagai cara membuat sabun cuci piring.

Langkah pembuatannya gampang banget kok, yakni campurkan perasan jeruk nipis dengan cuka trus aduk sampai rata. Gunakan seperti sabun cuci piring pada umumnya.

 

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Sabun Cair

Cara Membuat Sabun © Diadona

Kalau kamu perhatikan di rak minimarket, bentuk sabun untuk mandi dan kulit terbagi menjadi sabun batang dan sabun cair. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya, tergantung pemakainya. Tapi khusus untuk sabun cuci tangan terlebih di era pandemi sekaang ini, kudu wajib banget nih pake sabun cair.

Why? Karena sabun batang malah bisa jadi sarang kuman lho.

Tapi karena ada perbedaan harga yang lumayan di kedua jenis sabun itu, maka cara membuat sabun cair dari sabun batang lagi banyak banget dicari. Kamu tertarik mencobanya juga nggak nih?

Pertama, parut 400 gram sabun batang. Kamu bisa menggunakan sabun batang yang baru atau bisa mengumpulkannya dari sabun batang sisa. Trus panaskan potongan sabun dalam panci, tambahkan kira-kira 8 sampai 9 gelas air sampai sabun tersebut meleleh.

Kalau kamu ingin cara membuat sabun cair untuk tangan, tambahkan air. Kalau kamu pengen sabun cair yang melembabkan tangan, tambahkan satu sendok gliserin nabati. Nah, selesai deh!

Cara membuat sabun secara alami bisa menggantikan penggunaan bahan kimia di rumah kamu, pun juga murah dan mudah. Sedangkan sabun cair juga bisa untuk sarana penghematan karena memanfaatkan sabun batang sisa. Selain hemat, kamu juga punya peran menjaga alam lho!

Beri Komentar