Biar Gak Jadi Sarang Rayap, Berikut Tips Mudah Merawat Furnitur dengan Material Kayu

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 8 September 2020 16:30
Biar Gak Jadi Sarang Rayap, Berikut Tips Mudah Merawat Furnitur dengan Material Kayu
Anti Rayap-Rayap club!

Kayu adalah salah satu material pilihan untuk membuat aneka perabot rumah mulai dari meja, kursi, lemari, dan masih banyak lainnya. Bukan tanpa alasan, banyak orang memilih material kayu karena sifatnya yang kokoh dan mudah untuk dibentuk.

Tak hanya itu, material kayu juga memiliki nilai estetika yang lebih saat sudah menjadi barang perabot. Tak jarang, banyak orang dan mungkin Moms menyukai perabot kayu untuk dijadikan elemen dekorasi ruangan di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan. Biar furnitur kayu tetap awet dan tidak jadi sarang rayap, berikut tips untuk merawatnya.

1 dari 5 halaman

Letakkan Pada Suhu Normal

Meletakkan Furnitur Material Kayu Pada Suhu Normal © Diadona

Suhu panas dari sinar matahari yang mengenai permukaan perabot kayu secara terus menerus bisa membuat kayu jadi kering dan menyusut. Hal ini tentu akan menimbulkan keretakan pada lapisan kayu.

Tak hanya itu saja, alangkah lebih baik jika Moms menjauhkan mebel yang berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari secara langsung. Sebaliknya, jika suhu udara terlalu lembab juga dapat menyebabkan berkembangbiaknya jamur atau serangga khususnya rayap.

2 dari 5 halaman

Meminimalisir Kerusakan dengan Alas

Menggunakan Alas untuk Mencegah Kerusakan © Diadona

Biar tidak mudah tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu berubah kusam, Moms bisa menutup bagian atas meja atau furnitur berbahan kayu dengan kain taplak atau table runner. Moms bisa menggantinya jika alas sudah mulai terlihat kusam.

3 dari 5 halaman

Bersihkan Furnitur Kayu Secara Rutin

Rutin Membersihkan Furnitur Kayu © Diadona

Moms sebaiknya membersihkan furniture kayu paling tidak sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya. Lap dengan kain dan biarkan hingga kering.

Peralatan untuk membersihkan furniture kayu ini bisa Moms beli di toko material atau toko furniture. Moms juga bisa melakukan finishing untuk mempertajam kembali warna furnitur bermaterial kayu.

4 dari 5 halaman

Gunakan Kuas atau Sikat Gigi

Membersihkan Furnitur Kayu dengan Kuas © Diadona

Umunya, membersihkan furnitur kayu dengan  kain lap saja sudah cukup. Namun, mungkin ada beberapa debu-debu, kotoran, atau jamur di furnitur kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Untuk mengatasi hal inii, Moms bisa menggunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian tertentu.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Sisa Teh Sebagai Pembersih

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Tak hanya untuk kecantikan saja, teh juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kayu. Untuk hasil warna dan kilau yang maksimal, Moms cukup mencelupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, kemudian aplikasikan  pada furniture. Untuk membersihkannya tunggu hingga mengering.

Nah, sekarang tidak perlu khawatir perabot bermaterial kayu cepat rusak ya Moms. Semoga membantu.

Beri Komentar