Mengenal Cat Oplosan, Warnanya Tak Terbatas dan Bisa Custom Sesuai Kebutuhan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 11 Juni 2021 16:30
Mengenal Cat Oplosan, Warnanya Tak Terbatas dan Bisa Custom Sesuai Kebutuhan
Cat oplosan, apa sih itu?

Mom merasa tak puas dengan pilihan cat standar yang ada di pasaran? Ingin mengeksplorasi warna yang anti-mainstream?

Keinginan yang wajar dan sangat mungkin diwujudkan untuk masa kini. Ya, sekarang makin banyak orang yang ingin menampilkan identitas diri melalui desain rumahnya, salah satunya dari pilihan warna.

Mom bisa banget nih mencoba memilih cat warna khusus sesuai dengan apa yang diinginkan dengan teknik pencampuran atau pengoplosan (cat oplosan). Cat warna-warna khusus ini disediakan oleh produsen-produsen cat tertentu.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Warna Cat Tembok KekinianIlustrasi Warna Cat Tembok Kekinian © 2020 https://www.unsplash.com/Kara Eads

Dengan kemajuan teknologi, Moms kini tidak lagi dihadapkan pada pilihan yang terbatas pada warna-warna cat standar. Dengan mudah, Moms bisa memilih warna-warna kesukaan, yang proses pencampurannya dilakukan secara khusus dengan bantuan komputer.

Sebagai contoh, Moms bisa memilih warna merah dari yang paling muda sampai yang paling gelap. Namun, cat jenis ini harganya relatif lebih mahal daripada cat standar, dan hanya bisa diperoleh di toko-toko cat tertentu.

2 dari 3 halaman

Proses pencampuran dilakukan oleh ahli

Ilustrasi Warna Cat Tembok KekinianIlustrasi Warna Cat Tembok Kekinian © 2020 https://www.citymom.nl

Proses ini menggunakan pallete warna, dengan pilihan 6.000 sampai 12.000 jenis warna. Tentukan kode warna yang dipilih. Setelah memilih warna dan menentukan kode warna, petugas mencari rumusan dan persentase bahan pencampur warna.

Setelah rumusan diketahui, petugas mempersiapkan bahan dasar dan membuka tutup kaleng untuk tahap selanjutnya. Kemudian cat dasar diberi warna-warna tertentu sesuai dengan rumusan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah itu kaleng cat ditutup kembali dengan rapat. Kemudian kaleng cat dimasukkan ke dalam mesin pengaduk khusus, agar warna tercampur dengan merata. Kaleng siap diaduk dengan sistem getar, sekitar 10 menit. Setelah itu cat siap dibawa pulang.

3 dari 3 halaman

Dua pengertian oplosan

Ilustrasi Warna Cat Tembok KekinianIlustrasi Warna Cat Tembok Kekinian © 2020 https://www.theinteriordesignacademy.com

Memilih warna sesuai selera dengan lebih banyak pilihan karena tidak semuanya tersedia pada cat stok atau warna standar (umum). Dapat berarti juga cat campuran, karena dicampur air sehingga lebih encer, tentunya akan menurunkan kualitas cat.

Cukup simpel bukan Moms? Jangan lupa untuk mencatat kode cat yang Moms beli, agar tidak salah memilih sewaktu akan membeli ulang.

Pemilihan warna memang sangat penting dalam penggunaan konsep pada sebuah hunian. Walau lebih mahal, namun cat oplosan ini dipercaya mampu emmberikan value lebiih pada pengguna dengan menghadirkan fitur warna yang tak terbatas. Tertarik menggunakan cat oplosan, Moms?

Beri Komentar