10 Aroma yang Tidak Disukai Kecoa, Simak juga Cara Menggunakannya biar Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 14 Maret 2024 21:34
10 Aroma yang Tidak Disukai Kecoa, Simak juga Cara Menggunakannya biar Efektif
Ampuh usir kecoa kalau ini Diazens~

Kita semua pasi setuju kalau kecoak adalah hewan yang sangat mengganggu. Selain baunya yang nggak sedap, hewan ini juga membawa kuman dan virus yang nggak baik buat kesehatan.

Oleh karena itu, mari kita buat aroma yang tidak disukai kecoa. Selain membuat kecoa nggak datang, aroma-aroma ini juga membuat rumah terasa lebih homey.

So, nggak perlu lama-lama, mari kita buat aroma yang tidak disukai kecoa. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai habis ya.

1 dari 7 halaman

Aroma yang Tidak Disukai Kecoa © Diadona© Freepik.com

Mengapa Aroma Penting untuk Mengusir Kecoa?

Tahu nggak sih Diazens? Kecoa memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Mereka dapat mendeteksi bau-bauan dari jarak yang cukup jauh.

Oleh karena itu, memanfaatkan aroma yang tidak disukai kecoa bisa menjadi strategi yang efektif untuk menghalangi hewan tersebut masuk ke dalam rumah atau ruangan.

Berikut ini adalah beberapa aroma alami yang tidak disukai kecoa ya Diazens. Bahannya mudah didapat kok.

2 dari 7 halaman

Ilustrasi Lavender © Diadona©pixabay

Lavender

Pertama ada aroma Lavender. Bagi kita manusia, Lavender adalah aroma yang menyegarkan lagi menenangkan. Tapi wangi atau aorma ini tidak disukai kecoa loh.

Kecoa cenderung menghindari area yang diisi dengan aroma lavender. Kamu bisa menggunakan minyak lavender atau produk beraroma lavender untuk membantu mengusir kecoa dari ruangan di rumah kamu.

Sereh

Aroma kedua yang bisa kamu manfaatkan adalah aroma Sereh. Sereh sendiri memang memiliki aroma citrus yang kuta yang tidak disukai kecoa sehingga bisa kamu gunakan sebagai pengusir kecoa alami.

Caranya mudah banget, kamu bisa membuat larutan air dengansereh kemudian menyemprotkannya di area atau ruangan yang menjadi langganan kecoa datang dan berkumpul.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi daun mint © Diadona© Home Guides

Mint

Selanjutnya ada aroma mint yang juga tidak disukai kecoa. Baunya yang tajam ini ternyata bisa mengacaukan indra dari kecoa.

Caranya juga mudah banget kok kalau manu menggunakan mint ini. Kamu bisa menggunakan minyak sesensial seperti peppermint ataupun menanam tanaman mint di dekat ruangan yang rawan kecoa.

Jeruk

Aroma citrus yang juga tidak disukai kecoa adalah aroma jeruk. Baik itu jeruk biasa, jeruk lemon dan jeruk-jeruk yang lainnya.

Kamu bisa menggunakan kulit jerus yang sudah dikupas ataupun pewangi beraroma jeruk untuk mengusir kecoa dari ruangan rumah kamu ya Diazens. Atau bisa juga menggunakan perasan jeruk yang disemprotkan ke sisi-sisi ruangan yang rentan kecoa.

4 dari 7 halaman

bawang putih © Diadonarawpixel.com

Bawang Putih

Selain wewangian yang beraroma citrus, kecoba juga tidak tahan dengan bau yang tajam seperti bawang putih. Campuran bawang bombay, bawang putih, dan merica juga bisa mengusir kecoa.

Cara paling mudah menggunakan bahan ini adalah ambil beberapa siung bawang putih, lalu hancurkan dan tabur di daerah yang sering didatangi kecoa.

Timun

Lanjut ya Diazens, timun yang sering kita temui di dapur sebagai bahan makanan segar, ternyata memiliki aroma yang tidak disukai oleh kecoa. Baunya yang segar dan tajam mampu membuat kecoa merasa tidak nyaman.

Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu memotong timun menjadi irisan tipis dan meletakkannya di tempat-tempat yang sering dilalui kecoa, seperti sudut dapur atau rak-rak penyimpanan makanan.

5 dari 7 halaman

3 Manfaat Daun Salam untuk Kolesterol Tinggi, Wajib Tahu nih! © Diadona© MEN

Daun Salam

Kemudian selanjutnya ada daun salam yang juga merupakan aroma yang tidak disukai kecoa. Aroma dari daun salam dapat mengganggu sistem saraf kecoa dan membuatnya enggan mendekati area yang diharuminya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup letakkan daun salam kering di tempat-tempat yang sering dilalui kecoa. Atau, kamu bisa merebus daun salam bersama air, lalu menyemprotkan air rebusan tersebut di sekitar ruangan yang ada di rumah kamu.

Bunga Catnip

Bunga catnip, atau Nepeta cataria, dikenal sebagai pemicu euforia pada kucing. Tetapi ternyata aroma yang dihasilkannya juga dapat mengusir kecoa. Kecoa tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh tanaman ini dan akan menghindarinya.

Caranya, kamu bisa menanam bunga catnip di halaman rumah atau menggunakan minyak essential catnip yang bisa diencerkan dan disemprotkan di sekitar rumah. Diajmin kecoa bakal nggak muncul lagi.

6 dari 7 halaman

Ilustrasi Bunga Krisan © Diadona© 2020 https://www.diadona.id

Bunga Krisan

Kemudian ada juga bunga krisan yang juga memiliki aroma yang tidak disukai oleh kecoa. Aroma dari bunga ini mengandung piretrin, sebuah senyawa alami yang dapat mengusir serangga seperti kecoa.

Aroma bunga krisan ini juga bisa digunakan dalam bentuk ekstrak atau minyak untuk menyemprotkan di sekitar rumah. Kalau manu menanam sekaligus mempercantik ruangan juga bisa banget.

Kayu Manis

Terakhir, ada kayu manis sebagai aroma yang tidak disukai kecoa. Nggak hanya digunakan sebagai bumbu masakan atau minuman, tetapi juga dapat menjadi pengusir alami untuk kecoa. Aroma manis dan hangat yang dihasilkan oleh kayu manis akan membuat kecoa merasa tidak nyaman.

7 dari 7 halaman

Aroma yang Tidak Disukai Kecoa © Diadona© Freepik.com

Jaga Kebersihan untuk Mencegah kecoa

Yang nggak kalah penting juga selain menggunakan aroma yang tidak disukai kecoa adalah menjaga kebersihan. Bahkan ini adalah bagian terpenting jika kamu ingin rumah kamu bebas kecoa.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

  • Bersihkan Sisa Makanan: Pastikan tidak ada sisa makanan yang tercecer di dapur atau area lainnya. Kecoak tertarik pada sumber makanan, jadi pastikan untuk membersihkan dengan baik setelah makan.
  • Tutup Rapat Makanan: Simpan makanan dalam wadah yang rapat dan tutup. Jangan biarkan makanan terbuka di meja atau dapur.
  • Jaga Kebersihan Tempat Sampah: Pastikan tempat sampah selalu tertutup rapat dan segera buang sampah jika sudah penuh.

Jadi itu ya Diazens sedikit ulasan tentang aroma yang tidak disukai kecoa. So, sudah pervaya diri ngusir kecoa dari rumah belum?

Beri Komentar